Jogja Cross Culture 2022 siap ramaikan Malioboro kembali
Elshinta
Minggu, 15 Mei 2022 - 17:48 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Jogja Cross Culture 2022 siap ramaikan Malioboro kembali
Foto: Izan Raharjo/Radio Elshinta

Elshinta.com - Kawasan Malioboro Yogyakarta selama dua tahun terakhir vakum dari berbagai kegiatan akibat pandemi COVID-19. Bulan Mei ini Malioboro kembali meriah karena gelaran Jogja Cross Culture (JCC) kembali dihelat. Masyarakat dipersilahkan untuk berbondong-bondong menyaksikan berbagai pertunjukan menarik tersebut.

Pandemi COVID-19 yang merebak dua tahun belakangan ini melumpuhkan nyaris semua sisi kehidupan kita. Hampir semua kegiatan dibatasi, termasuk acara-acara kebudayaan yang banyak diselenggarakan di Kota Yogyakarta. 

Jogja Cross Culture (JCC), peristiwa lintas budaya yang pertama kali diadakan di tahun 2019, terpaksa harus diselenggarakan di dalam ruangan dengan protokol kesehatan ketat selama dua tahun terakhir.

Kesempatan baru muncul di tahun 2022 ini, ketika protokol kesehatan sedikit dilonggarkan. Maka perlahan-lahan Yogya bangkit lagi dari kondisi yang penuh keterbatasan dengan kondisi yang lebih leluasa, dengan adaptasi kebiasaan baru. Mulai terbukanya ruang-ruang publik di Kota Yogyakarta maka kembali mengeksplor sisi artistiknya, khususnya di area Jalan Malioboro yang lekat dengan wajah budaya Kota Yogyakarta. 

"Di JCC tahun ini, kami mengangkat konsep budaya urban dengan segala dinamika khas Malioboro yang sangat inspiratif. Banyak seniman besar lahir dan tumbuh dari Malioboro, banyak karya hebat yang menempatkan Malioboro sebagai sumber inspirasinya. Oleh
karenanya JCC juga akan mengangkat karya-karya hebat tentang Malioboro dari para musisi menjadi bentuk sajian utamanya," ujar Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi kepada Kontributor Elshinta, Izan Raharjo.

JCC 2022 mengangkat tema Sulih, Pulih, Luwih. Sulih adalah ketika berpindah dan beradaptasi dalam keadaan baru yang lebih baik. Berusaha untuk pulih dan sembuh dari situasi yang lama. Sembari  pulih, juga berusaha supaya terus berkembang menjadi lebih baik lagi, atau dalam Bahasa Jawa disebut Luwih.

Menyesuaikan dengan kondisi saat ini, Jogja Cross Culture 2022 diselenggarakan secara hybrid: luring dan daring. Kegiatan daring diadakan pada tanggal 14 Mei 2022, berupa streaming video pertunjukan dari para seniman dalam dan luar Kota Yogyakarta. Kegiatan luring akan diadakan pada tanggal 15 Mei 2022 pukul 19.30 WIB.

Semua kegiatan dilakukan di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Teras Malioboro 2. JCC 2022 kembali menghadirkan pentas kolaborasi 14 koreografer muda dengan para seniman dari seluruh 14 kemantren yang ada di Kota Yogyakarta. Kolaborasi ini juga melibatkan Bagus Masazupa dan Danang Rajiev Setyadi untuk mengaransemen musik.

Proses kreatifnya telah berjalan sejak akhir bulan Maret 2022. Pentas kolaborasi ini diadakan secara luring dan masyarakat dipersilakan untuk menyaksikan langsung di Jalan Malioboro pada tanggal 15 Mei 2022. Kegiatan secara daring dapat disaksikan lewat kanal YouTube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Pemkot Jogja dan Jogja Cross Culture pada tanggal 14 Mei 2022.

Selain itu, akan ada sejumlah program yang diadakan JCC tahun ini. Pertama adalah Workshop Physical Theater oleh Tony Yap, seorang seniman kontemporer asal Melbourne, Australia; yang diadakan pada tanggal 10 Mei 2022. Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta juga akan mengadakan artist talk pada tanggal tersebut, yang berisi bincang-bincang dengan para seniman yang akan tampil di JCC 2022.

Sejumlah seniman yang akan tampil di JCC 2022 adalah: Tony Yap (Australia), Agung Gunawan, Sagitama, Erson Padapiran, Sabina Tisa, Cristina Duque (Ekuador), I Ketut Rina (Bali), Deden Bulenk dengan Bongkeng Arts Space (Bandung), dan Boedhi Pramono.

Beberapa seniman di atas akan melibatkan komunitas pedagang yang ada di Jalan Malioboro. Jogja Cross Culture juga menggandeng sejumlah kelompok dan kolektif seni seperti Icipili Mitirimin dan Nurani Sya’ban, Sanggar Seni Kinanti Sekar, Drummer Guyub YK (DGYK), dan Sarkem Percussion.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Westlife cari jadwal konser tambahan di luar Jakarta
Jumat, 01 Juli 2022 - 12:46 WIB
Manajemen grup vokal Westlife mengumumkan sedang mencari tanggal yang masih memungkinkan untuk menga...
J-Hope BTS rilis lagu `More` pekan ini
Selasa, 28 Juni 2022 - 10:22 WIB
Agensi Big Hit Music mengumumkan rapper dari grup K-Pop BTS, J-Hope, akan merilis sebuah lagu berj...
J-Hope BTS rilis lagu `More`  pekan ini
Selasa, 28 Juni 2022 - 07:01 WIB
Agensi Big Hit Music mengumumkan rapper dari grup K-Pop BTS, J-Hope, akan merilis sebuah lagu berj...
Jim Brickman gandeng Rossa pada konser di Jakarta mendatang
Senin, 27 Juni 2022 - 11:19 WIB
Rossa dipastikan akan tampil duet dengan Jim Brickman dalam konser bertajuk `Jim Brickman Live in Ja...
Taylor Swift rilis single terbaru berjudul `Carolina`
Minggu, 26 Juni 2022 - 17:36 WIB
Taylor Swift merilis lagu terbarunya yang berjudul `Carolina` yang diangkat dari kisah novel karya D...
Charlie Puth dan Jungkook BTS puncaki tangga lagu iTunes di 93 negara
Minggu, 26 Juni 2022 - 08:15 WIB
Dalam waktu yang singkat, lagu kolaborasi musisi Charlie Puth dan Jungkook dari BTS yang bertajuk `L...
Rich Brian dan Niki Zefanya batal tampil pada puncak HUT DKI di JIS
Jumat, 24 Juni 2022 - 10:22 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta batal menghadirkan penyanyi Indonesia yang berkarir di Amerika Serik...
VIVIZ siap rilis mini album kedua bulan depan
Kamis, 23 Juni 2022 - 09:34 WIB
Agensi Big Planet Made mengumumkan bahwa grup K-Pop VIVIZ akan merilis mini album kedua bertajuk `Su...
Kep1er tampilkan atmosfer lebih segar di album mini kedua
Selasa, 21 Juni 2022 - 09:56 WIB
Grup K-pop Kep1er pada Senin (19/6) waktu setempat meluncurkan mini album (EP) keduanya berjudul “...
Album `Proof` dari BTS debut di peringkat satu Billboard 200
Senin, 20 Juni 2022 - 09:58 WIB
Album baru BTS yang bertajuk `Proof` sukses menduduki posisi pertama tangga (chart) album utama Bil...
InfodariAnda (IdA)