Menhub bertemu dengan pimpinan ICAO dan Boeing
Elshinta
Kamis, 19 Mei 2022 - 06:01 WIB |
Menhub bertemu dengan pimpinan ICAO dan Boeing
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat bertemu dengan Presiden International Civil Aviation Organization (ICAO) Salvatore Sciacchitano di Singapura, Rabu (18/5/2022). ANTARA/HO-Kemenhub.

Elshinta.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu dengan Presiden International Civil Aviation Organization (ICAO) Salvatore Sciacchitano dan CEO Boeing Michael A. Arthur dalam rangkaian kegiatan Changi Aviation Summit 2022 di Singapura pada Rabu (18/5).

Menhub menyampaikan bahwa Indonesia mendapat tawaran dari International Civil Aviation Organization (ICAO) untuk menjadi anggota tetap dewan ICAO.

“Saya merasa bangga mendapat tawaran menjadi anggota tetap ICAO. Ini merupakan kejutan, karena tidak direncanakan sebelumnya. Menurut saya ini adalah pengakuan bahwa kemajuan sektor penerbangan kita diakui dunia internasional,” kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Budi Karya mengungkapkan Indonesia terus berkomitmen memajukan industri penerbangan nasional baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan.

Menurut dia, tawaran ini merupakan hal yang membanggakan, mengingat ICAO adalah organisasi yang sangat konservatif atau hati-hati terhadap aspek-aspek tersebut.

“Menurut saya ICAO melihat adanya kemajuan itu. Bayangkan ada ratusan ribu penerbangan nasional yang kita layani. Itu tidak sederhana tetapi kita mampu mengontrol itu,” ujarnya.

Selain itu, tawaran ini tentunya menjadi hal yang menggembirakan juga bagi seluruh stakeholder penerbangan baik operator bandara, maskapai penerbangan, regulator, dan unsur terkait lainnya.

Menhub menjelaskan tawaran ini akan ditindaklanjuti melalui proses ratifikasi oleh ICAO untuk meminta masukan kepada negara-negara anggota dewan ICAO.

“Kita tunggu hasil ratifikasinya. Mudah-mudahan ini dapat membawa kabar baik bagi kemajuan industri penerbangan nasional maupun secara regional di kawasan Asia Tenggara,” katanya.

Indonesia pernah menjadi anggota Dewan ICAO Kategori III dari tahun 1962 sampai dengan tahun 2001. Kategori III merupakan perwakilan negara-negara yang memiliki wilayah geografis yang luas.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, dirinya bersama Presiden ICAO juga membahas rencana penyelenggaraan pertemuan tingkat tinggi sektor penerbangan di Indonesia, yang akan menjadi rangkaian kegiatan Presidensi Indonesia di KTT G20.

“Kita akan mengkampanyekan kebangkitan industri penerbangan nasional dan juga dunia dengan mengundang para pelaku industri penerbangan di berbagai negara,” katanya.

Sementara itu, saat bertemu dengan CEO Boeing Michael A. Arthur, Menhub mengungkapkan potensi kebutuhan pesawat di Indonesia untuk melayani penerbangan domestik yang jumlah pergerakannya kian meningkat pada tahun ini, khususnya pada saat masa mudik tahun ini.

“Untuk itu saya minta pihak Boeing untuk berkomunikasi dengan sejumlah maskapai nasional terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan pesawat tersebut,” kata Menhub Budi.

Ia mengatakan, pemenuhan kebutuhan pesawat terutama ditujukan untuk rute-rute daerah yang kecil yang selama ini mengalami kendala tidak adanya penerbangan.

“Kita ingin ke depannya tidak ada lagi daerah-daerah yang tidak dilayani penerbangan,” katanya.

Pertemuan dengan CEO Boeing dimanfaatkan Menhub untuk memberikan informasi bahwa pemerintah Indonesia telah melakukan upaya-upaya untuk membangkitkan kembali industri penerbangan baik nasional maupun global yang terdampak Pandemi Covid-19.

Selain itu, Menhub juga membahas tentang peluang kerja sama penyediaan alat simulator penerbangan untuk melengkapi fasilitas di sekolah vokasi penerbangan yang dikelola Kemenhub.

Turut mendampingi Menhub dalam pertemuan tersebut, Dubes RI untuk Singapura Suryopratomo.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Dubes RI akan dalami kasus WNI meninggal di tahanan Malaysia
Kamis, 30 Juni 2022 - 20:41 WIB
Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono akan mendalami kasus belasan WNI yang meninggal dunia di tahana...
Ferdinand Marcos Jr dilantik sebagai presiden Filipina
Kamis, 30 Juni 2022 - 15:47 WIB
Ferdinand Marcos Jr, putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos, dilantik sebagai presiden F...
149 WNI meninggal, pemerintah diminta beri perhatian ekstra
Rabu, 29 Juni 2022 - 17:58 WIB
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta pemerintah harus memberikan perhatian ekstra untuk mengungka...
Malaysia keluarkan 335 `surat tilang` larangan merokok
Senin, 27 Juni 2022 - 06:45 WIB
Kementerian Kesehatan (MOH) Malaysia mengeluarkan sebanyak 335 \"surat tilang\" (compound notice) ke...
Kemlu RI: Pembebasan majikan Adelina di Malaysia lukai rasa keadilan
Sabtu, 25 Juni 2022 - 21:45 WIB
Kementerian Luar Negeri RI mengatakan putusan Mahkamah Persekutuan Malaysia yang menguatkan putusan ...
Krisis Sri Lanka, WNI harus antre berjam-jam dapatkan BBM, gas
Jumat, 24 Juni 2022 - 18:52 WIB
Di Sri Lanka,  masyarakat  termasuk staf KBRI harus antre selama  5 hingga 9 jam untuk mendapatka...
KBRI Kolombo susun rencana darurat bantu WNI di Sri Lanka
Jumat, 24 Juni 2022 - 17:45 WIB
KBRI Kolombo telah menyusun rencana darurat (contingency) guna membantu warga negara Indonesia (WNI...
Junta Myanmar pindahkan sidang Suu Kyi ke penjara
Rabu, 22 Juni 2022 - 17:14 WIB
Tanda ada penjelasan, penguasa militer Myanmar memerintahkan semua proses hukum terhadap pemimpin te...
Malaysia pertama kali laporkan nol kematian akibat COVID-19
Senin, 20 Juni 2022 - 15:06 WIB
Untuk pertama kali sejak 18 Desember 2020 Malaysia melaporkan nol kematian akibat COVID-19 pada Ming...
6 ABK WNI kembali ke tanah air setelah tertahan di perairan Vietnam
Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:05 WIB
Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan Perwakilan RI di Vietnam berhasil memfasilitasi pemulangan...
InfodariAnda (IdA)