HUT kiri HUT kanan

Java Jazz Festival 2022 usung kesadaran kelola sampah

Elshinta
Minggu, 29 Mei 2022 - 11:58 WIB |
Java Jazz Festival 2022 usung kesadaran kelola sampah
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Perhelatan Java Jazz Festival (JJF) yang berlangsung pada 27-29 Mei 2022 ini tak sekadar menghadirkan keseruan menikmati musik jazz, tapi juga menghadirkan keseruan mengelola sampah dengan mengusung tagline `Less Waste More Jazz`.

Direktur Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar mengatakan, Indonesia menghasilkan sampai lebih dari 60 juta ton per tahunnya.

Sementara dalam acara-acara besar kerap kali mengundang pengunjung dan memiliki potensi besar menghasilkan sampah. Bila sampah tak terkelola dengan baik maka berdampak serius pada lingkungan.

"Oleh karena itu, langkah menyuarakan upaya minim sampah dalam masyarakat penting dilakukan secara konsisten. Misalnya, mendorong belanja tanpa kemasan dan diganti dengan tempat belanja, menghabiskan makanan, serta mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai," katanya.

Tak berhenti di situ, perubahan perilaku upaya minim sampah dalam masyarakat juga harus didorong, salah satunya melalui acara Java Jazz Festival. Ia menyebut, agenda ini merupakan acara besar dengan skala internasional yang mendatangkan kalangan artis, publik figur dan masyarakat dari berbagai penjuru. Mereka, lanjut Novrizal memiliki peran penting sebagai trendsetter perubahan perilaku minim sampah di masyarakat luas.

"Saya mengimbau baik pengisi acara, artis maupun publik fugur yang datang ke Java Jazz ikut berperan sebagai trendsetter pada masyarakat, utamanya mereka bisa menunjukkan upaya-upaya minim sampah," papar Novrizal.

Tak hanya itu, Novrizal juga mengingatkan agar masyarakat tak hanya melakukan upaya minim sampah. Akan tetapi, juga membuang sampahnya pada tempat sampah terpilah yang telah disediakan.

Dalam kesempatan ini, KLHK memastikan keseruan dalam pengelolaan sampah lewat wadah sampah tematik yang tak sekadar mewadahi sampah. Akan tetapi, menarik perhatian pengunjung untuk melakukan pemilahan sampah pada tempatnya.

Terdapat berbagai macam wadah sampah tematik, yaitu untuk sampah organik, sampah recycle, sampah residu dan sampah spesifik, serta sampah puntung rokok (creative fun disposal-ashtray).

Khusus untuk wadah sampah puntung rokok pada JJF ini lanjutnya, merupakan salah satu terobosan terbaru mengingat banyaknya jumlah puntung rokok yang dihasilkan.

"Mudah-mudahan ini memberikan pemahaman sekaligus sentuhan baru kepada pengunjung-pengunjung baru, terutama untuk sampah puntung rokok," imbuhnya.

Gandeng berbagai mitra

KLHK juga menggandeng beberapa pihak perusahaan untuk memastikan 'Less Waste More Jazz' ini, seperti Blibli dan PT Sinar Sosro dan Greeners.co.

Chief Operating Officer (COO) Blibli, Lisa Widodo menyambut gembira agenda BNI Java Jazz Festival 2022 tahun ini. "Pada festival musik yang sudah ditunggu-tunggu penikmat jazz Indonesia ini, Blibli terlibat dalam dukungannya sebagai omnichannel terintegrasi sebagai exclusive ticketing dan merchandise partner," kata Lisa.

Berdasarkan data Greeners.co, BNI Java Jazz Festival tahun 2020 menghasilkan sampah plastik 1,1 ton dan 3,1 ton untuk jenis sampah daur ulang. "Oleh karena itu, melalui program Blibli Cinta Bumi bersama Greeners kami mengajak para pelanggan dan penikmat musik ini untuk menerapkan gaya hidup eco-conscious serta mendukung #lesswastemovement," ungkapnya.

Blibli juga telah menyediakan 20 titik collection box Blibli Cinta Bumi untuk memilah sampah plastik dan kardus di area konser. Seluruh sampah yang terkumpul selanjutnya akan diolah kembali melalui program pemberdayaan komunitas.

Sementara itu, GM Marcomm & PR PT Sinar Sosro Devyana Tarigan menyatakan selain memastikan dukungannya semua kebutuhan minuman selama JJF, tersedia pula lounge Teh botol Sosro dengan keseruan karaoke bersama bintang tamu.

Tak hanya itu, tersedia pula hadiah merchandise berupa gitar dan kaos bertandatangan artis JJF serta food truck dan tenant-tenant makanan yang menarik.

PT Sinar Sosro mengusung misi good environment yang merupakan perwujudan dari the good beverage company. Melalui good environment ini, PT Sinar Sosro telah terbiasa dengan gerakan atau aksi pengumpulan sampah kemasan untuk didaur ulang, baik secara internal maupun eksternal.

Misi good environment tersebut juga senada dengan 'Less Waste More Jazz’. Oleh karena itu PT Sinar Sosro menunjukkan dukungan nyata dalam perhelatan JJF. Devy menyatakan kolaborasi bersama Greeners ini merupakan kali kedua dalam JJF.

“Manakala PT Sinar Sosro ikut mensponsori atau mensupport event-event seperti saat ini di JJF, kemasan minuman yang dikonsumsi oleh konsumen akan kita kumpulkan untuk disetor Greeners sebagai partner pengumpul sampah," tuturnya.

Devy menjelaskan, pihaknya menyiapkan tempat sampah dengan jumlah yang memadai. Penempatannya pun terjangkau oleh konsumen atau pengunjung. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen mengumpulkan sampahnya. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Kikan dan Ervin gabung lagi di band Cokelat setelah 12 tahun
Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:22 WIB

Kikan dan Ervin gabung lagi di band Cokelat setelah 12 tahun

Namara Surtikanti atau Kikan bersama Ervin Syam Ilyas kembali bergabung bersama Cokelat setelah 12 t...
The Boyz sebut EP `Be Aware` jadi hadiah untuk para penggemar
Kamis, 18 Agustus 2022 - 09:11 WIB

The Boyz sebut EP `Be Aware` jadi hadiah untuk para penggemar

Grup K-pop The Boyz pada Selasa (16/8) mengeluarkan album mini (EP) ketujuh berjudul “Be Aware”,...
BTS bakal luncurkan proyek foto, dimulai dari Jungkook
Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:01 WIB

BTS bakal luncurkan proyek foto, dimulai dari Jungkook

Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) akan merilis serangkaian foto melalui proyek terbarunya mu...
Girlkind resmi bubar setelah 4 tahun debut
Minggu, 14 Agustus 2022 - 19:01 WIB

Girlkind resmi bubar setelah 4 tahun debut

 Agensi Girlkind telah resmi mengumumkan bahwa grup tersebut akan bubar setelah 4 tahun debut di du...
Kemendikbud Ristek-RKI gelar Lake Toba Traditional
Jumat, 12 Agustus 2022 - 14:06 WIB

Kemendikbud Ristek-RKI gelar Lake Toba Traditional

Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0 merupakan bagian dari program Festival Musik Tradis...
Abu Dhabi hadirkan festival musik Korea bulan depan
Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:28 WIB

Abu Dhabi hadirkan festival musik Korea bulan depan

Festival musik Korea di Abu Dhabi yang dinamakan “Hyperound K-Fest 2022” akan diadakan pada 10 S...
Album fisik BLACKPINK akan dibuat dari bahan ramah lingkungan
Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:04 WIB

Album fisik BLACKPINK akan dibuat dari bahan ramah lingkungan

Album studio kedua girl grup K-pop BLACKPINK yang dijadwalkan rilis pada 16 September akan dibuat ...
Menyulap sasando jadi instrumen elektrik agar anak muda lebih tertarik
Rabu, 10 Agustus 2022 - 20:41 WIB

Menyulap sasando jadi instrumen elektrik agar anak muda lebih tertarik

Di tangan konten kreator asal Kupang, Nusa Tenggara Timur, Natalino Mella, alat musik tradisional Ro...
Ini cara Iwa K hingga Kunto Aji hargai perbedaan dan cintai Indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:57 WIB

Ini cara Iwa K hingga Kunto Aji hargai perbedaan dan cintai Indonesia

Sejumlah musisi Indonesia yaitu penyanyi rap Iwa K, Tuan Tigabelas, Kill The DJ, dan penyanyi solo...
BLACKPINK akan manggung di Jakarta pada Maret 2023
Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:08 WIB

BLACKPINK akan manggung di Jakarta pada Maret 2023

Grup idola K-pop BLACKPINK telah mengumumkan daftar tanggal dan kota untuk tur dunia mereka yang aka...

InfodariAnda (IdA)