Ingin menggunakan Absensi Mobile untuk perusahaan? Ini dia fitur yang wajib ada

Elshinta
Senin, 30 Mei 2022 - 20:01 WIB | Penulis : | Editor : Administrator
Ingin menggunakan Absensi Mobile untuk perusahaan? Ini dia fitur yang wajib ada
Aplikasi membantu memudahkan Anda untuk manajemen waktu. freepik

Elshinta.com - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kedisiplinan karyawan pada perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan melihat kehadiran atau absensi selama ia bekerja.

Dengan melihat absensi kehadiran karyawan, perusahaan dapat melihat apakah karyawan bersemangat dan disiplin dalam bekerja atau tidak.

Saat ini, sangat banyak metode absensi yang bisa digunakan oleh perusahaan. Mulai dari absensi dengan cara manual, absensi yang menggunakan mesin ceklok, hingga absensi yang menggunakan sidik jari atau fingerprint.

Masing-masing metode absensi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya saja penggunaan absensi manual yang memiliki kelemahan yaitu sangat mudah untuk dimanipulasi dan mengakibatkan data absensi karyawan menjadi tidak akurat. Tak hanya itu, data absensi juga tidak bisa didapatkan secara langsung atau real-time.

Maka dari itu, penggunaan sistem absensi online jauh lebih membantu perusahaan dalam hal yang berkaitan dengan absensi karyawan jika dibandingkan dengan absensi manual. Terutama dalam segi biaya yang dibutuhkan tergolong sedikit, bahkan tidak memerlukan biaya perawatan.

Lalu fitur apa saja yang wajib ada pada sistem aplikasi absensi mobile bagi pegawai yang baik? Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Absensi Mobile

Penggunaan aplikasi absensi mobile memungkinkan setiap karyawannya mencatat jadwal kerjanya melalui aplikasi sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pemantauan. Karyawan yang memiliki mobilitas yang tinggi juga dapat dipantau lewat laporan yang real-time.

Aplikasi absensi mobile ini memberikan banyak kemudahan untuk kantor dalam hal penilaian karyawan, dimana  cukup menggunakan teknologi, semua karyawan bisa dipantau bagaimana ketertiban absensinya.

Sebenarnya apa sih fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi absensi mobile? Apa yang membuat aplikasi ini banyak digunakan untuk membantu kantor mengelola SDM-nya? Mari kita bahas bersama di ulasan kali ini!

  1. Fitur Absensi dengan Time Tracker

Fitur absensi mobile dilengkapi dengan time tracker sehingga waktu absensi karyawan akan tercatat dengan baik di aplikasi ini untuk kemudian hasil dari absensi ini akan terinput dengan baik di bagian manajemen aplikasi absensi mobile.

Memangnya apa manfaat dari time tracker ini? Tentu saja dengan adanya time tracker ini akan terlacak bagaimana ketertiban dan ketepatan waktu absensi mu dalam kurun waktu tertentu. Jika kamu datang di waktu awal, maupun di waktu yang mepet dengan jam masuk ataupun terlambat, akan terbaca dengan jelas di aplikasi absensi mobile ini.

Jangan lupa bahwa ketepatan waktu dan ketertiban karyawan adalah salah satu kriteria penilaian karyawan, jadi jika kamu selalu tepat waktu dalam absensi masuk pastinya HRD bisa menilainya dengan baik, pun untuk karyawan yang memiliki time management yang buruk seperti sering terlambat juga akan terlihat dengan baik sehingga tidak akan bisa untuk melakukan kecurangan.

Tentu saja ini juga akan memberikan keadilan untuk karyawan, karena umumnya dalam manajemen tempat kerja ada reward dan punishment untuk karyawannya, sehingga reward dan punishment bisa diberikan kepada karyawan yang tepat.

  1. Aplikasi Absensi untuk Keseharian, Lembur dan Perjalanan Dinas

Menggunakan aplikasi absensi mobile bisa digunakan untuk kebutuhan absensi apa saja karena sangat fleksibel. Aplikasi absensi mobile ini bisa diatur untuk absensi harian, absensi lembur maupun absensi perjalanan dinas. Hanya saja untuk menggunakan satu perangkat seperti smartphone, karyawan bisa mengisi absen dengan mudah, cepat dan untuk banyak keperluan.

  1. Aplikasi Membantu Memudahkan Anda untuk Manajemen Waktu

Selain karyawan yang dimudahkan karena bisa mengisi absen dengan mudah, cepat dan untuk banyak keperluan, HRD pun juga terbantu karena melalui aplikasi ini karena membuat kinerja karyawan tercatat dengan baik.

Misalnya karyawan yang sedang lembur, maka jam mulai lembur sampai selesai lembur akan terinput dengan akurat karena adanya fitur time tracker sehingga untuk masalah pembayaran lembur bisa tepat.

Contoh lainnya yaitu karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas, tidak perlu repot untuk melakukan absensi dulu ke kantor, namun menggunakan aplikasi absensi mobile, ia bisa mengisi absensi dengan baik. Jadi pihak HRD akan lebih dimudahkan karena bisa memantau karyawan dengan baik.

  1. Pengajuan Izin dan Cuti

Menggunakan absensi konvensional, mengajukan cuti dan izin masih menggunakan cara kuno. Menggunakan aplikasi absensi mobile, terdapat juga fitur pengajuan izin dan cuti yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Dari aplikasi ini, HRD akan tahu bahwa kamu mengajukan cuti untuk kemudian disetujui atau ditolak. Pengajuan cuti tidak perlu dengan bertatap muka ataupun menuliskan cuti di selembar kertas. Apalagi di saat WFH, kamu bisa dengan mudah mengajukan cuti hanya dari rumah menggunakan aplikasi absensi mobile ini. Cukup mudah, bukan?

Fitur yang cukup memudahkan karyawan lainya adalah fitur izin online yang membantu karyawan jika sedang ada halangan. Tidak perlu izin menggunakan aplikasi perpesanan pribadi, aplikasi absensi mobile dilengkapi dengan fitur izin yang membantu karyawan izin dengan mudah secara online. Jadi izin bisa dilakukan dari rumah saja menggunakan aplikasi ini!

  1. Slip Gaji

Menggunakan aplikasi absensi mobile juga membuat karyawan bisa lebih mudah untuk mengakses slip gaji digital, loh.

Slip gaji yang diberikan menggunakan aplikasi absensi ini memudahkan HRD untuk menyampaikan rincian gaji untuk karyawan ketika WFH maupun WFO.

Tidak lagi perlu kertas untuk mencetak, juga tidak perlu lagi mendistribusikan slip gaji satu persatu karena menggunakan aplikasi absensi mobile ini slip gaji bisa diberikan dengan mudah.

HRD juga tidak perlu menggunakan aplikasi perpesanan lain untuk memberikan slip gaji satu per satu kepada karyawannya, selain harus menuliskan alamat atau kontak juga akan menghabiskan waktu karena dengan adanya aplikasi absensi mobile ini, slip gaji bisa didistribusikan dengan mudah dan cepat.

Pemberian slip gaji dalam bentuk digital kepada karyawan ini juga memberikan keuntungan karena mereka bisa melihat rincian gajinya tanpa khawatir hilang, bahkan slip gaji bisa disimpan dan diakses kapan pun.

Slip gaji adalah salah satu syarat jika ingin mengajukan pinjaman bank maupun kredit, dengan slip gaji digital ini, karyawan bisa mengakses slip gaji 3 sampai 6 bulan lalu  dengan mudah, Anda pun juga tidak perlu mencari-cari lagi jika slip gaji hilang atau tercecer.

  1. Tracking Lokasi

Tracking lokasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk memantau karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas.

Dengan aplikasi absensi mobile, karyawan bisa memberikan update lokasi yang jelas dan akurat kepada kantor sehingga mereka bisa melihat perjalanan dinas karyawan.

Melakukan tracking lokasi untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas menggunakan aplikasi absensi mobile memberikan kemudahan kepada pihak HRD dalam memantau karyawan tersebut secara otomatis dan real-time.

Jika menggunakan media absensi konvensional, HRD tidak bisa memantau perjalanan dan lokasi karyawan dengan baik. Jadi aplikasi absensi mobile cukup efektif untuk mengecek lokasi karyawan ketika sedang di perjalanan dinas.

  1. Teknologi GPS

Aplikasi absensi mobile juga dilengkapi dengan GPS, dimana GPS ini digunakan untuk menetapkan lokasi absensi dan juga tracking lokasi untuk karyawan yang melakukan perjalanan dinas.

Lokasi absensi adalah wilayah yang hanya bisa digunakan untuk melakukan absen secara online, misalnya penetapan lokasi di kantor jadi karyawan hanya bisa mengisi absen di kantor.

Hal ini digunakan untuk mengurangi kecurangan absen. Tanpa adanya GPS untuk penetapan absensi ini, karyawan bisa melakukan kecurangan dengan mengisi absen di mana saja.

Oleh karena itu, melalui absensi online membuat Anda harus menggunakan fitur GPS di lokasi yang sudah dan akan dimonitor oleh HRD secara real-time.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi absensi mobile ini dapat memudahkan urusan administrasi absen dan pemantauan karyawan yang ada di perusahaan.

Dengan adanya perkembangan teknologi absensi ini, absensi bisa dilakukan lebih efisien dan mudah, tidak banyak membuang energi dan yang paling penting bisa menghubungkan jarak yang jauh.

Tak lupa, aplikasi absensi mobile ini juga dapat memberikan kemudahan untuk perusahaan maupun bagi karyawannya.

Salah satu aplikasi absensi yang membantu memenuhi kebutuhan absensi karyawan adalah Talenta by Mekari dengan fitur yang mendukung untuk absensi yang efisien dan mudah.

Yuk mulai berlangganan Talenta by Mekari untuk pengalaman absensi online yang menyenangkan dan efisien!

Talenta adalah salah satu merk HRIS (Human Resources Information System), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS memiliki tujuan untuk mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan juga performance appraisal.

Sehingga hadirnya Talenta by Mekari dapat memberikan solusi bagi Anda dengan menghadirkan aplikasi HRD yang dapat diakses secara online dan dapat membantu mengotomatisasi proses seperti pembayaran gaji dan absensi dalam suatu dashboard yang mudah digunakan.

Talenta by Mekari juga menggunakan business model managed subscription, jadi Anda harus berlangganan secara tahunan ke Talenta untuk menggunakan software ini dan tidak bisa bayar sekali di muka lalu memakainya selamanya.

Selain itu, semua data yang ada di dalam aplikasi Talenta by Mekari juga akan terjamin keamanannya, karena kami memiliki kualitas keamanan standar dengan sertifikasi ISO 27001 yang setara dengan bank.

Talenta juga menggunakan teknologi enkripsi sehingga data-data yang tersimpan tidak akan dapat dilihat oleh pihak yang tidak berwenang.

Fitur Talenta by Mekari:

Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang dapat membantu HR dalam mengelola sumber daya manusia suatu perusahaan.

  1. Software Attendance Management
    Berfungsi untuk mengelola cuti, absen, jadwal shift kerja, perhitungan lembur dan timesheet karyawan.
  2. Aplikasi Absensi Mobile
    Memiliki kegunaan untuk mengelola kehadiran karyawan tanpa perlu menggunakan mesin fingerprint yang cenderung memakan biaya lebih besar.
  3. Aplikasi HRIS

Digunakan untuk mengelola database karyawan, proses rekrutmen hingga manajemen aset.

  1. Software Payroll
    Merupakan fasilitas untuk melakukan penggajian kepada karyawan secara lebih efisien dengan perhitungan yang akurat dan cepat.
  2. Aplikasi Slip Gaji:
    Untuk mengelola slip gaji karyawan dengan lebih aman dan mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Dengan fitur-fitur ini, HR dapat mengelola rekrutmen karyawan dengan lebih mudah, mulai dari job listing, penjadwalan interview, hingga onboarding hanya dalam satu aplikasi yang terintegrasi dan berbasis online.

Tertarik mencoba Talenta secara gratis? Kunjungi Talenta.co sekarang juga!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Batik Semar hadirkan warisan budaya dalam metaverse
Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:21 WIB

Batik Semar hadirkan warisan budaya dalam metaverse

PT Batik Semar berkolaborasi dengan perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual...
Memahami NFT dan potensi bagi penggunanya
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Memahami NFT dan potensi bagi penggunanya

Pada awal tahun ini, Non-Fungible Token (NFT) menyita atensi publik di Indonesia setelah viralnya...
Menkominfo sebut PayPal resmi terdaftar PSE, Epic Games belum
Jumat, 05 Agustus 2022 - 23:07 WIB

Menkominfo sebut PayPal resmi terdaftar PSE, Epic Games belum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate mengatakan layanan keuangan digita...
Mengintip gerbang metaverse lewat Metaverse Cafe
Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:31 WIB

Mengintip gerbang metaverse lewat Metaverse Cafe

Metaverse dalam beberapa waktu terakhir mungkin semakin akrab dan berdengung di telinga masyarakat t...
Kemendag: Sudah saatnya waralaba Indonesia ekspansi ke luar negeri
Jumat, 05 Agustus 2022 - 17:31 WIB

Kemendag: Sudah saatnya waralaba Indonesia ekspansi ke luar negeri

Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Syailendra mengatakan bahwa kini sudah saat...
Kominfo blokir 15 PSE `game online` yang muat unsur judi
Selasa, 02 Agustus 2022 - 23:59 WIB

Kominfo blokir 15 PSE `game online` yang muat unsur judi

Berdasarkan hasil verifikasi terbaru, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir 15 ...
Jurus jitu jaga kebersihan rumah
Selasa, 02 Agustus 2022 - 12:58 WIB

Jurus jitu jaga kebersihan rumah

Rumah menjadi tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu, baik untuk beristirahat maupun m...
Kominfo tegaskan tidak bisa lihat data pengguna setelah PSE daftar
Minggu, 31 Juli 2022 - 17:31 WIB

Kominfo tegaskan tidak bisa lihat data pengguna setelah PSE daftar

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan mereka tidak serta-merta bisa melihat data penggun...
Google dkk diberi waktu sebulan selesaikan pendaftaran PSE
Minggu, 31 Juli 2022 - 17:15 WIB

Google dkk diberi waktu sebulan selesaikan pendaftaran PSE

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan tenggat waktu sebulan bagi Google dan platform lai...
EHang 216 uji coba terbang di PEVS Jakarta
Minggu, 31 Juli 2022 - 16:15 WIB

EHang 216 uji coba terbang di PEVS Jakarta

Kendaraan udara otonom EHang 216 pada Minggu melakukan uji coba terbang (demo flight) dengan menempu...

InfodariAnda (IdA)