HUT kiri HUT kanan

Bertumpu pada teknologi untuk bangkit dari pandemi

Elshinta
Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:35 WIB |
Bertumpu pada teknologi untuk bangkit dari pandemi
Penggunaan gadget meningkat di Indonesia berkat percepatan transformasi digital. (ANTARA/HO/Pexels)

Elshinta.com - Pandemi virus corona sudah berlangsung selama dua tahun, sudah sejak itu pula Indonesia berusaha bangkit dengan memanfaatkan teknologi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam wawancara khusus beberapa waktu lalu mengatakan bahwa salah satu dampak pandemi adalah dunia dapat melihat bagaimana pemanfaatan teknologi digital untuk membantu di aspek kesehatan.

Contoh paling nyata pemanfaatan teknologi dalam merespons pandemi adalah aplikasi PeduliLindungi yang dikelola pemerintah. PeduliLindungi bermula sebagai alat untuk melacak sebaran COVID-19 di masyarakat.

Pada perkembangannya, platform tersebut berkembang ibarat layanan terpadu satu atap (one stop service) untuk menanggulangi pandemi. Selain pelacakan, PeduliLindungi juga berfungsi sebagai alat pendataan vaksinasi dan penyebaran informasi terkini soal regulasi perjalanan selama masa pandemi.

"Saya kira untuk Indonesia, ya Indonesia, negara-negara G20, para pemimpin itu sudah mengetahui bahwa melalui pemanfaatan teknologi digital, Indonesia termasuk berhasil untuk menjaga dan mengendalikan COVID-19," kata Johnny.

Jika ditarik lagi, pemanfaatan teknologi digital di Indonesia sebenarnya tidak terjadi karena pandemi, namun, krisis kesehatan ini memicu adopsi teknologi lebih cepat. Jauh sebelum pandemi, pemerintah melalui Kementerian Kominfo berupaya membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi supaya akses internet meluas sehingga lebih banyak lagi wilayah dan masyarakat yang bisa menggunakan teknologi digital.

"Pada saat kita sedang melakukan penggelaran infrastruktur TIK, muncul COVID19. Ini kan waktu bersamaan sehingga kita lakukan akselerasi," kata Johnny.

Salah satu contoh percepatan pembangunan yang dilakukan Kominfo ada membangun infrastruktur TIK bagi 3.200an pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), yang sebelumnya tidak ada akses internet, dalam tiga bulan pada 2020.

Jika dilakukan menurut jadwal awal, menurut Johnny, perlu waktu sekitar tujuh tahun untuk menyelesaikan akses internet bagi ribuan titik layanan kesehatan di Indonesia.

Kominfo menggunakan teknologi satelit untuk mengaliri titik-titik tersebut dengan internet.

Dampak keberadaan internet di layanan kesehatan salah satunya adalah pendataan untuk program vaksinasi COVID-19.

"Tiga bulan ini membantu Indonesia menyelesaikan pandemi COVID-19 melalui pemanfaatan teknologi digital sehingga vaksinasi, pendataan rumah sakit, pendataan obat-obatan, sebaran COVID-19 di kabupaten, desa, kecamatan, sampai tingkat Puskesmas bisa dimonitor dengan baik melalui aplikasi surveilans yang kita kenal dengan PeduliLindungi," kata Johnny.

Digitalisasi layanan kesehatan
Pandemi memang mendorong segala layanan publik untuk dapat beralih pada teknologi digital termasuk layanan kesehatan. Layanan kesehatan dari jarak jauh, diyakini bisa menjadi solusi untuk mempermudah akses layanan kesehatan di kota tingkat dua dan tiga di Indonesia.

"Pada prinsipnya, transformasi digital di bidang kesehatan ini merupakan kebutuhan masyarakat secara global dan Indonesia sangat beruntung memiliki ekosistem teknologi yang kuat, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai upaya dalam mendukung dan mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk di daerah," kata Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia, dr. Moh. Adib Khumaidi saat acara Digitalisasi Nusantara Expo and Summit 2022.

Aktivitas masyarakat sejak dua tahun belakangan terbatas akibat pandemi. Teknologi kesehatan dipandang bisa menjadi solusi agar masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan secara dalam jaringan, misalnya konsultasi dari jarak jauh.

Selain menawarkan konsultasi dengan dokter dari jarak jauh, layanan kesehatan digital yang terintegrasi dengan apotek juga membantu akses layanan kesehatan kota tingkat dua dan tiga.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia, Apt. Drs Nurul Falah Eddy Pariang mengatakan sinergi apotek dengan layanan kesehatan digital bisa memberikan akses kepada layanan kesehatan yang berkualitas.

Perluasan pemanfaatan layanan kesehatan digital hingga ke daerah juga menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah dalam percepatan proses transformasi digital di layanan kesehatan Indonesia.

Manfaat ekonomi
Penggunaan teknologi digital selama masa pandemi terbukti tidak hanya membantu layanan kesehatan, tapi, juga ekonomi digital. Berbagai survei menunjukkan bahwa bisnis, terutama usaha mikro, kecil dan menengah, mampu bertahan ketika diterpa pandemi ketika mereka terhubung ke ekosistem digital.

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menunjukkan 80 persen UMKM yang terhubung ke ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik selama pandemi.

Akibat adopsi teknologi digital, ekonomi digital di Indonesia tumbuh semakin besar, nilainya diperkirakan mencapai 70 miliar dolar Amerika Serikat pada 2021, hampir separuh (40 persen) dari ekonomi digital di Asia Tenggara.

Pada 2025, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan senilai 146 miliar dolar Amerika Serikat. Nilainya diprediksi naik menjadi 315 dolar AS pada 2030.

"Jadi, pertumbuhan ekonomi digital kita begitu besarnya, sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur TIK yang digelar secara merata di seluruh Indonesia dan juga talenta digital," kata Johnny.

Seperti asam dengan garam, infrastruktur TIK, pemanfaatan teknologi, ekonomi digital dan talenta digital tidak bisa dipisahkan. Mereka adalah satu kesatuan supaya Indonesia bisa memetik manfaat positif dari teknologi.

Dalam waktu yang bersamaan, Kementerian Kominfo membangun infrastruktur TIK supaya lebih merata dan menyiapkan talenta digital Indonesia agar bisa menggunakan teknologi.

Pembangunan infrastruktur TIK sudah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan, contohnya pada 2019, Indonesia menyelesaikan pembangunan tiga paket Palapa Ring, jaringan tulang punggung infrastruktur TIK berupa penggelaran kabel serat optik.

Pada lapisan kedua atau middle mile, Indonesia membangun fiber link, microwave link dan satelit untuk menghubungkan wilayah yang tidak terjangkau kabel serat optik, baik di darat maupun laut.

Pemerintah setidaknya sedang menyiapkan dua satelit multifungsi masing-masing berkapasitas 150GB, yaitu SATRIA-1 dan satu satelit cadangan. Teknologi ini akan digunakan untuk mengaliri fasilitas publik dengan internet.

Pembangunan seluruh infrastruktur ini bertujuan agar seluruh masyarakat yang tinggal di berbagai wilayah di Indonesia bisa terhubung ke jaringan 4G. Jaringan tersebut saat ini menjadi yang utama pada telekomunikasi Indonesia, namun, tidak menutup adopsi teknologi terbaru.

Sambil meratakan jaringan 4G, Indonesia secara bertahap juga mengadopsi jaringan terbaru yaitu 5G, yang saat ini penggunaannya masih terbatas.

Pada tingkat hilir, Kementerian menitikberatkan pembangunan pada kesiapan masyarakat menggunakan teknologi digital. Dalam hal ini, Kominfo mengadakan pelatihan mulai dari tingkat dasar dengan kegiatan literasi digital, menengah dengan beasiswa pelatihan untuk lulusan sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, dan tingkat lanjutan untuk para pengambil kebijakan.

"Supaya hilirisasi teknologi digital bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan ekonomi digital kita juga tumbuh pesat," kata Johnny.

Penggunaan teknologi digital untuk bangkit dari pandemi adalah turunan dari pembahasan tiga isu prioritas yang diusung Presidensi G20 Indonesia, yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan ekonomi, serta transisi energi berkelanjutan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Facebook tetap blokir Trump meski jadi capres
Kamis, 18 Agustus 2022 - 14:10 WIB

Facebook tetap blokir Trump meski jadi capres

Meta, perusahaan induk Facebook, tetap memblokir akun milik Donald Trump meski pun dia berencana men...
Honda ajak pengunjung GIIAS rasakan fitur keselamatan Honda Sensing
Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:15 WIB

Honda ajak pengunjung GIIAS rasakan fitur keselamatan Honda Sensing

Honda menawarkan kepada pengunjung pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 u...
Motor listrik besutan Indonesia mejeng di GIIAS 2022
Minggu, 14 Agustus 2022 - 08:45 WIB

Motor listrik besutan Indonesia mejeng di GIIAS 2022

Gairah industri otomotif di Indonesia saat ini sedang menunjukkan hasil yang positif, hal itu terlih...
Silver tak lagi jadi tren warna kaca film
Minggu, 14 Agustus 2022 - 08:31 WIB

Silver tak lagi jadi tren warna kaca film

Aksen warna silver, sparta dan juga titanium tak lagi menjadi tren kaca film, demikian Presiden Di...
Pakar ungkap kelebihan dan kekurangan beli rumah lelang
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 11:11 WIB

Pakar ungkap kelebihan dan kekurangan beli rumah lelang

Property Expert Pinhome Vina Yenastri mengungkapkan kelebihan dan kekurangan membeli rumah lelang, s...
AI berpotensi cegah penipuan dalam sistem perbankan digital
Jumat, 12 Agustus 2022 - 19:35 WIB

AI berpotensi cegah penipuan dalam sistem perbankan digital

Pandemi menjadikan layanan digital terus berkembang termasuk di sektor perbankan, apalagi menginga...
Ilustrator buku anak Prancis `Little Nicolas` meninggal dunia
Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:52 WIB

Ilustrator buku anak Prancis `Little Nicolas` meninggal dunia

Jean-Jacques Sempe, yang membuat ilustrasi buku seri anak Prancis `Little Nicolas`, telah meninggal ...
Batik Semar hadirkan warisan budaya dalam metaverse
Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:21 WIB

Batik Semar hadirkan warisan budaya dalam metaverse

PT Batik Semar berkolaborasi dengan perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual...
Memahami NFT dan potensi bagi penggunanya
Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Memahami NFT dan potensi bagi penggunanya

Pada awal tahun ini, Non-Fungible Token (NFT) menyita atensi publik di Indonesia setelah viralnya...
Menkominfo sebut PayPal resmi terdaftar PSE, Epic Games belum
Jumat, 05 Agustus 2022 - 23:07 WIB

Menkominfo sebut PayPal resmi terdaftar PSE, Epic Games belum

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate mengatakan layanan keuangan digita...

InfodariAnda (IdA)