Presiden paparkan tiga fondasi pendongkrak daya saing Indonesia

Elshinta
Jumat, 05 Agustus 2022 - 22:43 WIB |
Presiden paparkan tiga fondasi pendongkrak daya saing Indonesia
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri peresmian pembukaan Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD (Silatnas PPAD) tahun 2022 di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Elshinta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan tiga hal yang bisa menjadi fondasi pendongkrak daya saing Indonesia yakni infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi, yang disampaikan saat menghadiri Silatnas PPAD 2022 di Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat.

Presiden menyatakan bahwa pemerintah telah berusaha memperkuat ketiga fondasi tersebut, karena peta persaingan global tidak lagi tentang negara besar atau kaya mengalahkan negara kecil atau miskin.

"Ke depan bukan negara besar mengalahkan negara kecil, bukan negara kaya mengalahkan negara miskin, bukan. Pertarungannya, kompetisinya adalah negara cepat akan mengalahkan negara yang lambat dan untuk cepat itu dibutuhkan fondasi-fondasi inilah yang sedang kita kerjakan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Presiden menyampaikan aspek infrastruktur dampaknya tidak terasa instan melainkan lima sampai 10 tahun mendatang yang terlihat jelas dalam peta persaingan dengan negara-negara lain.

"Dalam tujuh tahun ini kita sudah bertambah 2.042 km jalan tol, 5.500 km jalan non tol, bandara baru 15, pelabuhan baru 18, bendungan baru 38, irigasi baru 1,1 juta hektare. Inilah fondasi kita untuk berkompetisi dengan negara-negara lain. Mungkin tidka bisa kita rasakan instan sekarang dan efeknya akan ke APBN," ujarnya.

Dalam aspek hilirisasi dan industrialisasi, Presiden menyatakan bahwa kedua hal itu tidak berani dilakukan Indonesia untuk kurun waktu yang cukup panjang.

Presiden mengingatkan bahwa semenjak era VOC masih beroperasi di Hindia Belanda, ekspor selalu dilakukan dalam bentuk bahan mentah dan kerap melupakan untuk mempersiapkan fondasi industrialisasinya.

"Saya beri contoh nikel kita ekspor bertahun-tahun, nilainya 1,1 billion USD tahun 2014, kira-kira Rp15 triliun ekspor bahan mentah. Begitu kita stop 2017, ekspor di 2021 mencapai Rp300 triliun lebih. Dari Rp15 triliun melompat Rp300 triliun, itu baru satu komoditi," ujarnya.

Presiden mengakui keputusan itu menimbulkan gugatan oleh Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) tapi Indonesai tidak gentar karenanya.

"Sampai sekarang gugatan belum selesai karena kita mengajukan alasan-alasan yang masuk akal, barang-barang kita sendiri, nikel-nikel kita sendiri," katanya.

Presiden menyatakan langkah Uni Eropa itu tidak lepas bahwa karena industri baja mereka tidak mendapatkan pasokan bahan baku, sehingga industri tersebut justru beralih ke Indonesia.

Dari industrialisasi tersebut Indonesia mendapatkan keuntungan berupa lompatan pajak sekira 20 kali lipat.

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah tidak gentar dengan gugatan ke WTO dan melanjutkan penghentian ekspor mentah untuk timah, bauksit, dan tembaga.

"Tembaga stop, bauksit stop, ini yang akan berkontribusi untuk perekonomian kita dan membuka lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya," ujar Presiden.

Berkenaan dengan fondasi digitalisasi, Presiden secara khusus mengarahkan agar pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) harus memiliki keberanian untuk masuk ke platform.

"Ada 65,4 juta UMKM dan itu memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi kita 61 persen. Jangan lupakan yang kecil-kecil ini, sebab itu kita terus mendorong mereka masuk ke ekosistem digital ini, yang akan menjadi fondasi kuat ekonomi Indonesia," katanya.

Presiden mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi itu harus dilakukan demi mengimbangi dengan produksi domestik bruto (PDB/GDP) Indonesia yang diproyeksikan mencapai peringkat ketujuh dunia pada 2030 dan keempat pada 2045.

"Akhirnya apa? Kalau pertumbuhan ekonomi dan GDP kita baik berkiraakn kita tiga kali lipat yang sekarang dari 1,1 sampai 1,2 triliun USD menjadi di atas 3, akhirnya APBN akan menggelembung lebih besar. Akhirnya apa? Porsi anggaran untuk gaji dan pensiunan juga akan lebih besar," ujarnya.

Silatnas PPAD 2022 turut dihadiri Wakil Presiden RI keenam Try Sutrisno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Ketua UMUM PPAD Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo.

Hadir pula Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Menteri PUPR: Istana Negara di IKN belum siap `groundbreaking`
Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:10 WIB

Menteri PUPR: Istana Negara di IKN belum siap `groundbreaking`

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembangunan I...
F-Gerindra: Pidato Kenegaraan Ketua MPR sesuai hasil rapat gabungan
Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:23 WIB

F-Gerindra: Pidato Kenegaraan Ketua MPR sesuai hasil rapat gabungan

Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Sugiono mengatakan Pidato Kenegaraan Ketua MPR RI Bambang Soesat...
Pameran Tirtha Agra Rupa teruskan spirit adiluhung estetika pita maha
Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:59 WIB

Pameran Tirtha Agra Rupa teruskan spirit adiluhung estetika pita maha

Pameran Seni Tirtha Agra Rupa yang digelar Yayasan Puri Kauhan Ubud ditujukan untuk meneruskan dan...
Pidato `Dua Sayap Burung` indikasikan Puan Maju di Pilpres 2024
Rabu, 17 Agustus 2022 - 23:11 WIB

Pidato `Dua Sayap Burung` indikasikan Puan Maju di Pilpres 2024

Pengamat politik A Khairul Umam berpendapat poin pidato politik Ketua DPR RI Puan Maharani yang meng...
Warga kampung nelayan Bandarlampung bersukacita rayakan HUT ke-77 RI
Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:11 WIB

Warga kampung nelayan Bandarlampung bersukacita rayakan HUT ke-77 RI

Sejumlah warga yang bermukim di kampung nelayan Gudang Lelang Kota Bandarlampung bersukacita merayak...
Detik-detik Proklamasi diperingati di titik nol ibu kota negara baru
Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:59 WIB

Detik-detik Proklamasi diperingati di titik nol ibu kota negara baru

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 diperingati dalam sebuah upacara yang be...
Pengamat: PPP berpotensi kehilangan suara akibat persoalan ketumnya
Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:35 WIB

Pengamat: PPP berpotensi kehilangan suara akibat persoalan ketumnya

Pengamat Politik Ray Rangkuti menyebut Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berpeluang kehilangan bany...
Sahabat Ganjar rayakan HUT RI-77 serentak di 11 kota 
Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:05 WIB

Sahabat Ganjar rayakan HUT RI-77 serentak di 11 kota 

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, itulah yang menjadi Tema besar Hut RI ke 77 yang jatuh pada R...
Lanal Ranai kibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut Natuna Utara
Rabu, 17 Agustus 2022 - 19:35 WIB

Lanal Ranai kibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut Natuna Utara

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah ...
Kolaborasi terompet dan hadrat meriahkan HUT ke-77 RI di Ambon
Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:47 WIB

Kolaborasi terompet dan hadrat meriahkan HUT ke-77 RI di Ambon

Upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) di Provinsi Maluku yang dipusatkan di Lapangan ...

InfodariAnda (IdA)