Jalan khusus batu bara sepanjang 140 km segera dibangun di Jambi

Elshinta
Kamis, 01 September 2022 - 13:47 WIB | Editor : Calista Aziza | Sumber : Antara
Jalan khusus batu bara sepanjang 140 km segera dibangun di Jambi
Gubernur Jambi Al Haris bersama pihak PT PT Putra Bulian Properti (PBP) saat meresmikan dan meletakkan batu pertama untuk pembangunan jalan khusus batu bara di Jambi yang dibangun pihak investor senilai Rp1,2 triliun.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Elshinta.com - Jalan khusus angkutan batu bara dan kendaraan berat lainnya dari Kabupaten Sarolangun-Batang Hari hingga Kabupaten Muaro Jambi sepanjang 140 km segera dibangun di Jambi yang telah dimulai dengan pembebasan lahan.

"Dengan disampaikan progres yang sedang kami jalankan untuk pembangunan kontruksi jalan sepanjang 140 km mulai dari Sarolangun menuju Batang Hari dan berakhir di Muaro Jambi yang lengkapi dengan fasilitasnya dibangun secara bertahap," kata Direktur Utama PT PBP, Wilson Jacobes, di Jambi Kamis.

Untuk kegiatan pembangunan pelabuhan PBP juga telah menyediakan lahan untuk kegiatan pembangunan pelabuhan dengan menyediakan lahan seluas lebih kurang 200 hektare dan sudah dibebaskan dan perusahaan sebagai informasi lainnya saat ini sudah memiliki perizinan resmi di Kabupaten Muaro Jambi.

Wilson Jacobes sebagai putra daerah Jambi yang membangun jalan khusus batu bara mengatakan, bahwa dirinya ingin membantu pertumbuhan pembangunan dan ekonomi Provinsi Jambi serta kesejahteraan masyarakat dan akan menyiapkan pelabuhan seluas 200 hektare dan juga rest area seluas 200 hektare untuk ketersediaan parkir mobil truk sebanyak 12.000 unit mobil.

Kemudian lagi agar mobil truk berjalan lancar dan tidak ada macet disediakan juga rest area yang lengkap dengan fasilitas tempat supir beristirahat, mandi, restoran, dan SPBU dan tempat Mushola dan lainnya yang akan disiapkan agar semua biar jalan lancar tidak akan macet karena ada tempat tampung kendaraan nantinya.

Selain itu juga kerusakan jalan umum provinsi karena dilalui kendaraan dengan volume angkutan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada akan bisa dicegah dan biaya angkutan batu bara dan CPO dari daerah Sarolangun menuju pelabuhan ekspor di Muaro Jambi akan lebih murah dan terukur waktunya termasuk kelancaran distribusi barang industri lainnya, kata Wilson Jacobes.

Persetujuan prinsip lokasi pembangunan jalan khusus angkutan batu bara Nomor S 201/DPM - PTSP - 5/VIII/208 Tanggal 30 Agustus 2018 Surat Rekomendasi Perizinan Pemanfaatan Ruang Daerah Kabupaten Muaro Jambi Nomor: 695/075/RPPR/TKPRD - MJ/DPUPR/2018 Tanggal 26 Nopember 2018, izin Lokasi PT Putra Bulian Properti seperti yang terdaftar di Lembaga Pengelola dan Penyelenggara OSS dengan NIB: 8120112152639 dengan luas lahan 390 hektare dengan lokasi untuk Kabupaten Muaro Jambi dan berlaku efektif sejak 23 November 2018.

Sedangkan untuk perizinan di Kabupaten Batanghari dan Sarolangun sedang dalam proses pengurusan dan untuk Pembentukan Tim Teknis Izin Jalan Khusus Dalam Provinsi Jambi sesuai dengan tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor: 775/KEP.GUB/DPM - PTSP - 5.1/2018 tanggal 6 September 2018 dan kami menunggu informasi dan tindak lanjut berikutnya.

Sementara itu peresmian pembangunan jalan khusus batu bara dilakukan langsung Gubernur Jambi Al Haris dengan melakukan peletakan batu pertama atau ground breaking pembangunan jalan khusus batubara (hauling road) yang dilakukan oleh PT Putra Bulian Propeti.

"Proyek jalan khusus yang akan dibangun ini adalah proyek strategis nasional karena mempunyai dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi," katanya.

"Proyek ini harus dapat diwujudkan agar distribusi barang dan jasa khusus pada daerah penghasil batubara, perkebunan kelapa sawit, dan CPO menuju ke pelabuhan ekspor dapat menjadi lancar dan manfaat lainnya dengan adanya proyek jalan khusus akan dapat kita rasakan bersama antara lain tingkat kecelakaan yang selam terjadi akibat kepadatan lalu lintas kendaraan truk angkutan batu bara dan CPO dapat kita dikurangi," kata Al Haris.

Sehubungan dengan itu Gubernur Jambi Al Haris meminta kepada semua dinas baik di provinsi dan dinas di kabupaten yang terkait mendukung rencana proyek khusus kepada pengusaha tambang batu bara, perkebunan, pabrik pengolahan kelapa sawit, CPO, masyarakat di provinsi dan kabupaten yang areal tanahnya akan dilalui proyek jalan tersebut agar dapat mendukung rencana pembuatan jalan khusus tersebut.

Gubernur Jambi juga berharap agar pembangunan jalan khusus batubara tersebut dapat berjalan dengan lancar dalam acara ground breaking pembangunan jalan batu bara.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
IKN Nusantara bakal majukan infrastruktur antar kota dan desa
Kamis, 01 Desember 2022 - 17:04 WIB

IKN Nusantara bakal majukan infrastruktur antar kota dan desa

Elshinta.com, Direktur Program Pasca Sarjana atau Magister Administrasi Publik Universitas Kutai Kar...
Wapres sebut pembentukan empat DOB di Papua sudah luar biasa
Kamis, 01 Desember 2022 - 15:59 WIB

Wapres sebut pembentukan empat DOB di Papua sudah luar biasa

Elshinta.com, Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyebut pembentukan empat daerah otonom baru (DOB) di Prov...
Menteri PUPR ungkap 183 investor Malaysia minati pembangunan IKN
Kamis, 01 Desember 2022 - 12:45 WIB

Menteri PUPR ungkap 183 investor Malaysia minati pembangunan IKN

Elshinta.com, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan se...
Terkait IKN, Sekretaris DPD PKS sebut Jokowi pelopor pembangunan Nusantara
Rabu, 30 November 2022 - 19:45 WIB

Terkait IKN, Sekretaris DPD PKS sebut Jokowi pelopor pembangunan Nusantara

Elshinta.com, Sekretaris DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara, Ahmad Zainuddin mera...
Peduli pengedara, Forum Keuchik dan Muspika Simpang Ulim perbaiki jalan berlobang
Sabtu, 26 November 2022 - 14:08 WIB

Peduli pengedara, Forum Keuchik dan Muspika Simpang Ulim perbaiki jalan berlobang

Elshinta.com, Ketua Forum Keuchik bersama Muspika kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur perbai...
Jokowi ingatkan pentingnya jaga keberlanjutan pembangunan Indonesia
Sabtu, 26 November 2022 - 13:55 WIB

Jokowi ingatkan pentingnya jaga keberlanjutan pembangunan Indonesia

Elshinta.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya pembangunan Indonesia saat ini d...
Pemuda Kaltim harap tenaga lokal dilibatkan dalam bangun IKN Nusantara
Sabtu, 26 November 2022 - 12:04 WIB

Pemuda Kaltim harap tenaga lokal dilibatkan dalam bangun IKN Nusantara

Elshinta.com, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Garda Gabungan Anak Kalimantan Bersatu (DPW Gagak Bersatu...
Presiden tegaskan pembangunan infrastruktur tidak Jawa sentris
Sabtu, 26 November 2022 - 11:07 WIB

Presiden tegaskan pembangunan infrastruktur tidak Jawa sentris

Elshinta.com, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan infrastruktur yang dilakukan ...
 Ganjar sebut Program `Tuku Lemah Oleh Omah` bisa jadi solusi bantu korban bencana
Sabtu, 26 November 2022 - 10:54 WIB

Ganjar sebut Program `Tuku Lemah Oleh Omah` bisa jadi solusi bantu korban bencana

Elshinta.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan saat ini program `Tuku Lemah Oleh Omah...
Danintel Kodam Mulawarman ajak media dukung program IKN
Kamis, 24 November 2022 - 20:46 WIB

Danintel Kodam Mulawarman ajak media dukung program IKN

Elshinta.com, Detasemen Intelijen atau Denintel Kodam VI/Mulawarman melaksanakan malam silaturahmi b...

InfodariAnda (IdA)