Kembalinya Super Junior ke Indonesia lewat `Super` konser

Elshinta
Minggu, 18 September 2022 - 22:23 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Kembalinya Super Junior ke Indonesia lewat `Super` konser
Grup idola K-pop Super Junior dalam gelaran konser `SUPER SHOW 9: ROAD in Jakarta` yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang pada Sabtu (17/9/2022). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Elshinta.com - Grup idola K-pop Super Junior akhirnya kembali bertemu para penggemar mereka di Indonesia, setelah Januari 2020 dalam balutan konser "SUPER SHOW 9: ROAD in Jakarta" pada Sabtu (17/9) di ICE BSD City, Tangerang.

Seperti halnya konser sebelumnya, mereka tak hanya membawakan sederet lagu populer dan terbarunya dalam gelaran konser, tetapi juga rayuan hingga parodi yang dibalas jeritan antusias para penggemar mereka atau E.L.F.

"Burn the Floor" menjadi lagu pembuka konser yang dimulai sekitar pukul 14.20 WIB itu. Sebuah video terlebih dahulu diputar di layar raksasa, menampilkan delapan personel Super Junior dalam kondisi terikat tali.

Leeteuk, Yesung, Shindong, Donghae, Eunhyuk, Siwon, Ryeowook, dan sang maknae Kyuhyun lalu muncul di atas panggung. Mereka masih dalam kondisi tangan terikat dan melakukan beberapa koreografi lalu melantukan baris demi baris lagu "Burn the Floor".

Sama seperti dalam video musik lagu yang menjadi bagian dari album "The Renaissance" dan dirilis pada tahun 2021 itu, Super Junior tampil bak dalam teater nan dramatis dengan sumber cahaya yang mereka genggam.

Belum reda suara jeritan para E.LF, Super Junior melanjutkan penampilan mereka dengan membawakan "The Crown", "Super", "Mr. Simple" hingga "Ticky Tocky".

Sapaan langsung dan bincang-bincang singkat tak Super Junior lewatkan. "Indonesia", menjadi kata pertama yang dilontarkan pemimpin Leeteuk sebelum dia dan tim mengucapkan salam grup.

Dia lalu mempersilahkan satu per satu rekan-rekannya menyapa para penggemar, termasuk Shindong yang menyelipkan kata-kata rayuannya. Dia mengatakan "Rasanya sudah lama sekali tidak ke sini. Tapi ternyata semuanya tetap cantik seperti dulu. Terima kasih,".

Ryeowook lalu membuat sesi obrolan lebih semarak dengan melantunkan beberapa baris lirik lagu "Terlanjur Mencinta". Dia juga tak lupa bertanya kabar para E.L.F saat itu.

Rayuan kemudian terlontar dari Donghae yang mengklaim namanya sebagai Dimas. Dia mengaku sangat merindukan penggemar di Indonesia dan ingin membuat lebih banyak kenangan melalui konser grup pertamanya di Tanah Air sejak 2020. Kata sakti "aku cinta kamu" tak lupa dia selipkan di akhir.

Yesung juga ikut merayu penggemarnya. Dia yang menamai dirinya sebagai Rangga mengatakan Indonesia menjadi negara pertama (luar Korea Selatan) yang dia kunjungi setelah wajib militer. Pandemi COVID-19 menghalanginya bertemu penggemar, sehingga membuat dia merasakan rindu dua kali lipat.

Lain lagi dengan Siwon. Pria yang menyebut dirinya dengan nama Agung itu mencoba mengatakan kalimat dalam bahasa Indonesia. "Halo, ini Agung. Agung sudah kembali. Aku selalu kangen kalian di dalam hatiku, karena aku bucin". Demikian kalimat yang dia sampaikan walau terbata-bata dan merasa tak yakin karena bermasalah melihat teks di layar.

Sang maknae alias personel termuda grup, Kyuhyun paham dirinya mendapat banyak cinta dari penggemar saat itu. Sembari mengangkat kedua tangan ke atas, dia lalu berlutut sejenak menikmati teriakan penggemar untuknya.

"Indonesiaaaaa!!!. Halo saya Hotman. Lama tak bertemu. Aku sangat sedih karena merindukanmu. Aku cinta kamuu," teriak pelantun "At Gwanghwamun" itu.

Eunhyuk yang memilih nama Eko, setelah menyatakan keriduannya pada penggemar lalu berujar kondisinya luar biasa karena sudah menyantap hidangan khas Indonesia yakni nasi goreng dan mi goreng. Dia bahkan menyebut merek mi Indonesia yang diiklankan Siwon.

Sebagai penutup sesi bincang pembuka, Leeteuk berharap semua stres yang penggemar alami mulai dari harus bangun pagi jelang konser, menghadapi kemacetan jalanan, mengantri menuju area konser hingga harus bekerja lusa dapat tersingkirkan selama menikmati konser. Para penggemar yang mendengar ucapan Leeteuk lantas berteriak mengiyakan.

Setelahnya, Super Junior kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu mereka seperti "2YA2YAO!" hingga "Callin'".

Parodi "dewa musik"

Konser Super Junior bukan hanya soal musik, tetapi juga tentang aksi mengundang gelak tawa. Awalnya, sebuah klip video diputar, menampilkan para personel grup yang mengenakan wig dan kostum untuk memparodikan para jenius musik klasik, seperti Beethoven dan Vivaldi.

Mereka juga memainkan permainan tebak lagu untuk menentukan siapa yang pulang terakhir usai syuting lebih dari 17 jam.

Tingkah jenaka hingga nama yang dibuat-buat membuat penggemar tertawa terbahak-bahak. Adanya anggota grup yang aktif menjadi pembawa acara berbagai program di Korea Selatan menjadi satu kekuatan besar grup mampu mewujudkan hal ini.

Masih dalam wig dan kostum yang sama, mereka tampil di atas panggung untuk menampilkan perpaduan opera klasik dari lagu-lagu mereka “Spy”, “Rokkugo” dan “Mamacita”. Usai bernyanyi Eunhyuk sembari bercanda akan membawakan versi asli “Spy” di “SUPER SHOW 15” saat usia dia dan rekan-rekannya berusia 40 tahun-an.

Beralih dari parodi yang juga Super Junior tampilkan dalam konser mereka di Singapura awal bulan ini, grup kembali membuat E.L.F berteriak kegirangan dengan menampilkan “House Party”, “Everyday” dan “Wonder Boy”, lagu lawas yang mengundang nostalgia dan “Let’s Dance”.

Leeteuk memastikan pita suara penggemar baik-baik saja karena dia merasa teriakan mereka tak memudar sejak awal konser. Setelahnya, dia dan tim melanjutkan konser dengan membawakan “Devil”, “Mango”, salah satu lagu dalam album baru mereka dan “Black Suit”.

Momen nostalgia lagi-lagi Super Junior hadirkan saat mereka membawakan “Sorry Sorry” (2009) versi aransemen ulang dan “Bonamana”, sebuah lagu dalam album keempat yang dirilis pada tahun 2010. Aksi buka baju Siwon dan Leeteuk mewarnai penampilan grup di sela konser.

Menjelang akhir konser yang berlangsung sekitar tiga jam, video para personel grup menyanyikan “Analague Radio” diputar. Super Junior lalu tampil di atas panggung membawakan “More Days With You” dan “Walkin’’.

Mereka lalu menyampaikan perasaan masing-masing sebelum berpisah. Shindong berjanji akan kembali bukan hanya untuk konser tetapi urusan pribadi dan ini diamini Ryeowook yang menunjukkan kemampuannya menyanyikan beberapa baris lirik lagu milik Rossa berjudul “Hati yang Kau Sakiti”.

Donghae dan Yesung juga menjanjikan hal serupa. Dia mengisyaratkan akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat. Yesung menambahkan, akan mengeluarkan album solo yang kini dalam tahap penyelesaian.

Kyuhyun berterima kasih pada penggemar karena sudah menunggunya selama ini. Dia akan berusaha bisa lebih dekat dengan penggemar. Kyuhyun juga mendoakan kesehatan semua orang yang hadir saat itu.

Rekan Kyuhyun lainnya juga mengucapkan rasa terima kasihnya pada para penggemar. Janji untuk kembali dan membuat kenangan bersama pun terucap lagi. Leeteuk mengatakan “Kalian harus menderita keluar dari sini, padat sekali, macet, lusa bekerja dan sekolah. Tetapi saat kalian begitu lelah, kami akan kembali. Kami akan memberikan kebahagiaan pada kalian”.

“Happiness” pun mengalun, menandakan akhir konser segera tiba. Lagu ini pertama kali Super Junior bawakan pada tahun 2007, menjadi salah satu lagu favorit sebagian besar penggemar.

“Sampai jumpa lagi, terima kasih. Sayang aku cinta kamu,” kata Leeteuk diikuti Eunhyuk sebelum pamit.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
 PSM Unhas juarai paduan suara Lisbon Sing 2022
Selasa, 15 November 2022 - 13:12 WIB

PSM Unhas juarai paduan suara Lisbon Sing 2022

Elshinta.com, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin, Sulawesi Selatan (PSM Unhas) berhasil m...
Bangkitkan cinta budaya bangsa lewat `Pagelaran Sabang Merauke`
Sabtu, 12 November 2022 - 20:57 WIB

Bangkitkan cinta budaya bangsa lewat `Pagelaran Sabang Merauke`

Elshinta.com,  `Pagelaran Sabang Merauke` ingin membangkitkan kembali kecintaan terhadap budaya dan...
Gerakan Wadyabala Jokowi gelar flashmob Tribute to Sys NS
Senin, 07 November 2022 - 15:37 WIB

Gerakan Wadyabala Jokowi gelar flashmob Tribute to Sys NS

Elshinta.com, Semangat persatuan dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat wajib selalu dijaga bersama...
Konser Slank di Palembang batal demi keselamatan penggemar
Sabtu, 05 November 2022 - 16:15 WIB

Konser Slank di Palembang batal demi keselamatan penggemar

Elshinta.com, Konser grup musik Slank, yang rencananya berlangsung pada Minggu (6/11) di lapangan Pa...
Yoo Seung Ho dikabarkan akan bermain di drama `Deal`
Kamis, 27 Oktober 2022 - 08:07 WIB

Yoo Seung Ho dikabarkan akan bermain di drama `Deal`

Elshinta.com, Aktor Yoo Seung Ho dikabarkan akan kembali tampil di drama terbaru berjudul `Deal`.
Kembalinya Super Junior ke Indonesia lewat `Super` konser
Minggu, 18 September 2022 - 22:23 WIB

Kembalinya Super Junior ke Indonesia lewat `Super` konser

Elshinta.com, Grup idola K-pop Super Junior akhirnya kembali bertemu para penggemar mereka di Indone...
Sebanyak 1.027 orang menari Tari Merak di Gedung Sate
Minggu, 18 September 2022 - 20:13 WIB

Sebanyak 1.027 orang menari Tari Merak di Gedung Sate

Elshinta.com, Sebanyak 1.027 orang menari Tari Merak Kolosal bertema `Merak Sadunya, Gotong Royong P...
John Trones tantang Jim Brickman bermain piano dengan mata tertutup
Minggu, 04 September 2022 - 12:45 WIB

John Trones tantang Jim Brickman bermain piano dengan mata tertutup

John Trones menantang Jim Brickman untuk bermain piano dengan penutup mata pada konser `Jim Brickm...
Sanur Village Festival kedatangan hampir 20.000 pengunjung per hari
Senin, 22 Agustus 2022 - 10:08 WIB

Sanur Village Festival kedatangan hampir 20.000 pengunjung per hari

Pada hari kelima Sanur Village Festival 2022, Ketua Panitia Ida Bagus Gede Sidharta Putra atau Gusde...
`Extraordinary Attorney Woo` akan diadaptasi jadi drama musikal
Kamis, 18 Agustus 2022 - 10:35 WIB

`Extraordinary Attorney Woo` akan diadaptasi jadi drama musikal

Serial `Extraordinary Attorney Woo` akan diadaptasi menjadi pertunjukan drama musikal pada tahun 202...

InfodariAnda (IdA)