Jangan Salah, Ini Dia 7 Perbedaan Resume dan CV

Elshinta
Senin, 19 September 2022 - 23:40 WIB | Penulis : Administrator | Editor : Administrator
Jangan Salah, Ini Dia 7 Perbedaan Resume dan CV
Jangan Salah, Ini Dia 7 Perbedaan Resume dan CV

Elshinta.com, Masih banyak dari kita yang belum memahami perbedaan CV dan Resume sehingga terkadang menyamakan kedua hal tersebut yang pada dasarnya mempunyai sejumlah perbedaan. Dengan mengetahui hal-hal yang membedakan CV dan resume tentunya, Anda pun bisa menyesuaikan kebutuhan, terlebih bagi Anda yang hendak melamar pekerjaan.

Untuk menunjang kebutuhan proses rekrutmen kerja dan menarik perhatian HRD, tentu Anda membutuhkan resume profesional yang berkualitas. Ada banyak contoh yang dapat Anda lihat untuk dijadikan referensi agar resume yang Anda miliki tampak lebih baik dan terkesan memiliki kompetensi tinggi.

 

Perbedaan Resume dan CV

Akan tetapi, ternyata ada banyak perbedaan antara resume dan CV yang perlu diketahui. Meskipun perbedaan dasarnya hanya pada definisi, ternyata ada hal lain yang harus Anda ketahui agar tidak salah kaprah dalam menggunakan kedua dokumen tersebut. Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih rinci.

1.   Definisi

Pada dasarnya, CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen yang menjelaskan riwayat hidup seseorang secara rinci. Mulai dari pengalaman, kualifikasi, dan prestasi yang dimiliki. Sementara, resume merupakan dokumen yang membeberkan rangkuman pengalaman, kualifikasi, serta prestasi seseorang dalam bidang tertentu yang lebih spesifik.

 

2.   Tujuan

Kedua dokumen tersebut memiliki tujuan yang berbeda meskipun sama-sama untuk meyakinkan HRD agar merekrut Anda untuk bekerja di suatu perusahaan. CV memiliki tujuan untuk merangkum seluruh kualifikasi yang dimiliki. Seperti, akademik, prestasi, serta sertifikasi keahlian. Dengan kata lain, CV dapat digunakan untuk hal selain melamar pekerjaan, yaitu dalam proses mendapatkan pendidikan.

Sementara resume, perlu dibuat serta disesuaikan dalam setiap pekerjaan yang hendak dilamar secara spesifik. Dengan kata lain, resume pun dapat diartikan sebagai rangkuman daftar riwayat hidup yang dipakai untuk melamar satu jenis pekerjaan tertentu. Tujuannya, agar perekrut tahu dan paham tentang segala hal yang sudah atau akan Anda kerjakan selama bekerja di bidang tersebut.

 

3.   Informasi yang Dicantumkan

Perbedaan lainnya dari resume dan CV terletak dari informasi yang dicantumkan dalam kedua dokumen tersebut. CV mencantumkan informasi yang lebih lengkap dan rinci ketimbang resume. Umumnya, CV mencantumkan pengalaman kerja, riwayat pendidikan, prestasi, alamat, keahlian, sertifikasi, dan lain-lain. Meskipun begitu, segala informasi tersebut tidak dideskripsikan dalam bentuk kalimat atau tulisan.

Berbeda dengan resume yang mencantumkan informasi secara deskriptif sehingga lebih panjang. Akan tetapi, informasi yang dijelaskan dari resume tidak begitu lengkap seperti CV. Umumnya, resume menjelaskan mengenai bidang pekerjaan secara khusus dan hanya untuk bidang pekerjaan yang hendak dilamar saja.

 

4.   Panjang

Selain itu, kedua dokumen tersebut memiliki perbedaan dari panjang atau jumlah halaman. CV merupakan dokumen dengan informasi yang lengkap, sehingga, bisa saja panjang dokumen ini mencapai 2 sampai 3 halaman, tergantung pengalaman si penulis CV.

Berbeda dengan resume yang dibuat singkat, ringkas, dan spesifik. Dokumen ini biasanya hanya membutuhkan satu halaman saja. Sehingga, resume memang kerap dibutuhkan pada saat-saat tertentu saja.

 

5.   Penggunaan

Dua dokumen ini memiliki perbedaan penggunaan. Umumnya, CV dipakai ketika melamar ke posisi tertentu yang berhubungan dengan bidang akademik. Mulai dari beasiswa, dosen di perguruan tinggi, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, banyak perusahaan yang mengharuskan pelamar menyantumkan CV untuk bisa mengetahui rekam jejak seseorang dalam berbagai bidang yang pernah ditekuninya.

Sementara resume, biasanya dipakai untuk melamar ke semua bidang pekerjaan. Akan tetapi, hal itu sangat jarang terjadi karena dari iklan lowongan pekerjaan yang sering kita lihat, lebih banyak mencantumkan CV sebagai syaratnya. Namun, apabila perusahaan tempat Anda hendak melamar kerja mengharuskan Anda membuat resume, maka tentu Anda harus segera menyusunnya.

 

6.   Penyuntingan

CV memiliki banyak informasi tentang diri Anda secara umum, sehingga Anda tidak terlalu banyak mengubah atau menyunting dokumen tersebut. Kecuali, Anda telah mendapatkan pencapaian baru, maka ada baiknya CV tersebut diperbaharui.

Berbeda dengan resume yang bersifat dinamis. Artinya, dokumen ini menyesuaikan untuk setiap pekerjaan yang hendak dilamar. Apabila pekerjaan yang Anda adalah menjadi penulis konten, maka Anda bisa menyebutkan hal-hal yang lebih relevan, semisal keterampilan bahasa.

 

7.   Cara Membuat

Meskipun begitu, cara membuatnya berbeda dengan CV. Resume hanya mendeskripsikan secara ringkas mengenai peran Anda atau visi dan misi terhadap bidang pekerjaan yang Anda ingin dilamar. Dari sana Anda akan diuji seberapa dalam ilmu yang dimiliki untuk suatu bidang pekerjaan dan ide apa saja yang akan Anda wujudkan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan CV dan resume yang wajib Anda pahami. Dengan memahami penjelasan di atas, Anda dapat menambah wawasan mengenai dokumen yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Selain itu, Anda bisa mengetahui kapan bisa menggunakan kedua dokumen tersebut, serta memaksimalkannya dalam proses rekrutmen agar bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Koramil Nogosari motivasi pemuda-pemudi yang ingin daftar TNI
Jumat, 30 September 2022 - 19:58 WIB

Koramil Nogosari motivasi pemuda-pemudi yang ingin daftar TNI

Elshinta.com, Batiwanwil Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Peltu Suyatno melaksanakan komsos d...
UM kukuhkan 42 Adjunct Professor internasional
Jumat, 30 September 2022 - 19:08 WIB

UM kukuhkan 42 Adjunct Professor internasional

Elshinta.com, Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur mengukuhkan 42 orang Adjunct Professor inte...
Dinas Pendidikan Jayawijaya wajibkan siswa membaca 15 menit per hari
Selasa, 27 September 2022 - 23:01 WIB

Dinas Pendidikan Jayawijaya wajibkan siswa membaca 15 menit per hari

Elshinta.com, Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua mewajibkan siswa sekolah dasar (S...
 Turut cerdaskan anak bangsa, Satgas Yonif 126/KC jadi guru di sekolah perbatasan Papua
Senin, 26 September 2022 - 16:12 WIB

Turut cerdaskan anak bangsa, Satgas Yonif 126/KC jadi guru di sekolah perbatasan Papua

Elshinta.com, Personel Satgas Yonif 126/KC Pos Waris menjadi Guru Pendidik (Gadik) di SD Kanandega K...
Indonesia Belajar angkat wajah anak di Indonesia Timur, terus sekolah meski terbatas
Senin, 26 September 2022 - 10:55 WIB

Indonesia Belajar angkat wajah anak di Indonesia Timur, terus sekolah meski terbatas

Elshinta.com, Acara ini dibuat untuk menampik stigma negatif soal pendidikan di Timur Indonesia, sek...
 Kompetisi Roket Terkendali Tingkat SMP se-Kota Magelang 2022 kembali digelar
Minggu, 25 September 2022 - 19:23 WIB

Kompetisi Roket Terkendali Tingkat SMP se-Kota Magelang 2022 kembali digelar

Elshinta.com,
Mahasiswa Unma, luncurkan website Balagedogmart untuk Program GNRM
Minggu, 25 September 2022 - 18:07 WIB

Mahasiswa Unma, luncurkan website Balagedogmart untuk Program GNRM

Elshinta.com, Memasuki tahun ketiga Universitas Majalengka (Unma) mendapatkan Program Gerakan Nasion...
Indonesia Mengajar berbagi pengalaman abdi di pelosok timur Indonesia
Kamis, 22 September 2022 - 11:57 WIB

Indonesia Mengajar berbagi pengalaman abdi di pelosok timur Indonesia

Elshinta.com, Sejak tahun 2010, Indonesia Mengajar hadir melalui terobosan para Pengajar Muda yang d...
Kemendikbudristek: RPL tidak kurangi kualitas pendidikan
Kamis, 22 September 2022 - 11:36 WIB

Kemendikbudristek: RPL tidak kurangi kualitas pendidikan

Elshinta.com, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekn...

InfodariAnda (IdA)