Bunda Salud: Tanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini

Elshinta
Senin, 19 September 2022 - 23:31 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Bunda Salud: Tanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini
Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal (kanan) (ANTARA/HO)

Elshinta.com - Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan bahwa penyebab kecelakaan salah satunya karena faktor manusia, yaitu perilaku berkendaraan yang tidak baik untuk itu upaya menanamkan pendidikan tertib berlalu lintas di jalan dapat dilakukan sejak usia dini.

"Faktor penyumbang tertinggi penyebab kecelakaan adalah karena faktor manusia, yaitu perilaku berkendaraan yang tidak baik, untuk itu upaya menanamkan pendidikan tertib berlalu lintas di jalan sejak usia dini menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan," ungkap Riana Sari Arinal usai dikukuhkan sebagai Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) Provinsi Lampung Masa Bakti 2022-2027, di Balai Keratun, Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan sebagaimana diketahui bersama bahwa angka kecelakaan lalu lintas di jalan saat ini cukup tinggi, pada tahun 2021 tercatat 256.000 lebih telah terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan, dimana 49 persen dari angka tersebut menimpa pada usia produktif.

Bunda Salud Provinsi Lampung itu berharap agar sejak dini, anak-anak sudah dapat memahami apa arti berlalu lintas yang baik dan memberikan contoh kepada orang-orang terdekatnya bahkan orang yang lebih dewasa yang belum mengetahui bagaimana berlalu lintas yang aman dan berkeselamatan.

Riana Sari Arinal juga meminta agar Bunda Salud tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dapat menciptakan inovasi-inovasi program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai dasar sikap, semangat kemandirian dan disiplin sejak dini yang menjadi kunci kesadaran tertib lalu lintas

"Hal ini sejalan dengan program pendidikan anak usia dini atau Bunda PAUD yang sangat berguna untuk menyelamatkan generasi penerus dan masa depan bangsa melalui program penyisipan Salud pada kurikulum PAUD dan pendidikan dasar," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Umar Aris menyampaikan bahwa BPTD Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung telah melaksanakan Penyuluhan Salud (Sadar Lalu Lintas Anak Usia Dini) pada 15-17 September 2022 di Lampung kepada sebanyak 34 peserta yang terdiri dari guru PAUD tingkat provinsi, kabupaten/kota di wilayah Provinsi Lampung, personel Dinas Perhubungan dan personil BPTD Wilayah VI Provinsi Bengkulu dan Lampung.

Salud menurut Umar Aris, merupakan salah satu program Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam upaya penanaman budaya tertib berlalu lintas untuk meningkatkan keselamatan transportasi jalan.

Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 208 tentang upaya membangun budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas yaitu melalui pelaksanaan pendidikan berlalu lintas sejak usia dini.

"Perlu saya sampaikan bahwa Program Salud ini bertujuan untuk memberikan dasar tentang tata cara berlalu lintas yang berkeselamatan sejak usia dini, menanamkan perilaku berkeselamatan pada anak usia dini dalam berlalu lintas, dan pembangunan karakter keselamatan dan budaya tinggi keselamatan lalu lintas jalan," ungkapnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
PBNU launching Satgas NU Women dan Bu Nyai Nusantara
Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:05 WIB

PBNU launching Satgas NU Women dan Bu Nyai Nusantara

Elshinta.com, Memperingati 1 abad Nahdlatul Ulama (NU), PBNU menggelar kegiatan NU Women Festival 20...
Bunda Salud: Tanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini
Senin, 19 September 2022 - 23:31 WIB

Bunda Salud: Tanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini

Elshinta.com, Bunda Sadar Lalu Lintas Usia Dini (Salud) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengataka...
Kiprah wanita Papua menerobos batas marjinal
Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:01 WIB

Kiprah wanita Papua menerobos batas marjinal

Sejak seorang Raden Ajeng Kartini menjadi pelopor kebangkitan perempuan Nusantara, perlahan namun pa...
Perempuan bisa bebas mengambil inisiatif
Rabu, 16 Maret 2022 - 16:57 WIB

Perempuan bisa bebas mengambil inisiatif

Hari Perempuan Internasional adalah hari istimewa yang dirayakan setiap tahunnya untuk mendukung dan...
ASEAN bahas isu kesetaraan gender melalui olah raga dengan kampanye `ASEAN #WeScore`
Sabtu, 04 Desember 2021 - 22:28 WIB

ASEAN bahas isu kesetaraan gender melalui olah raga dengan kampanye `ASEAN #WeScore`

Sekretariat ASEAN sukses menggelar talk show “ASEAN #WeScore” melalui Zoom dan YouTube live. Se...
Kejar kesetaraan gender, KPPPA gandeng Komisi Vlll DPR RI
Minggu, 31 Oktober 2021 - 14:38 WIB

Kejar kesetaraan gender, KPPPA gandeng Komisi Vlll DPR RI

Kesenjangan gender yang lebih dominan berada di bidang pembangunan, terlihat dari nilai indeks pemba...

InfodariAnda (IdA)