Petrokimia Gresik sejahterakan ribuan petani lewat Agro Solution

Elshinta
Minggu, 25 September 2022 - 22:23 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Antara
Petrokimia Gresik sejahterakan ribuan petani lewat Agro Solution
Foto Arsip - Petani melakukan penyiraman pupuk. (ANTARA/HO-Dok)

Elshinta.com - Petrokimia Gresik mensejahterakan 31.113 petani melalui program Agro Solution dan Makmur yang telah dijalankan oleh perusahaan sepanjang 2022.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu, mengatakan, Petrokimia Gresik menjalankan program Agro Solution mulai 2021 di saat kondisi ekonomi Indonesia mengalami kontraksi akibat pandemi COVID-19, kemudian diperkuat dengan hadirnya program Makmur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) oleh Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir.

"Baik Agro Solution maupun program Makmur, keduanya telah terbukti mampu menjadi katalis percepatan bagi pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan produktivitas pertanian," ujar Dwi Satriyo.

Menurut dia, program kemitraan ini dihadirkan karena adanya banyak permasalahan petani di lapangan, di antaranya produktivitas rendah, kurangnya pendampingan, harga agro-input (pupuk, pestisida dan benih) tidak terjangkau, sulitnya akses ke lembaga keuangan, terbatasnya jumlah Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), harga jual hasil panen yang cenderung turun saat panen raya (tidak ada jaminan harga), serta belum terfasilitasinya petani dari risiko gagal panen dan infrastruktur yang terbatas.

Sementara Agro Solution, lanjut dia, merupakan program inisiasi Pupuk Indonesia yang berupaya menciptakan ekosistem pertanian secara komprehensif, baik on farm maupun off farm, mulai dari penyediaan dana atau modal usaha yang bersinergi dengan lembaga perbankan, kemudian jaminan asuransi, ketersediaan pupuk, kawalan pengendalian hama, hingga offtaker.

Perbedaan dengan Makmur, seluruh stakeholder yang terlibat adalah perusahaan BUMN, yaitu PTPN, Pupuk Indonesia, ID Food, Perhutani, Askrindo, Jasindo dan BRI.

Petrokimia Gresik menjadi anggota holding Pupuk Indonesia yang mendapat target besar dalam realisasi Agro Solution dan Makmur. Hingga 2022, target Petrokimia Gresik meningkat menjadi 85.000 Ha. Sedangkan realisasi hingga Agustus 2022 sudah mencapai 66.694 Ha atau 78 persen dari target dan telah melibatkan lebih dari 30 ribu petani

"Kami optimistis bisa terlampaui lebih target ini pada akhir 2022 nanti, sehingga semakin banyak petani yang sejahtera melalui program ini," kata Dwi.

Adapun peningkatan pendapatan dirasakan petani melalui program ini terbilang tinggi, berkisar antara 15 persen hingga hampir 30 persen setiap musimnya.

Petani tanaman pangan, dari sebelumnya hanya memperoleh pendapatan Rp25.225.070/Ha, melalui program ini bertambah 26 persen menjadi Rp31.676.151/Ha. Begitu juga petani perkebunan, meningkat 28 persen dari Rp49.552.317/Ha menjadi Rp63.294.354/Ha. Kondisi yang hampir sama juga dialami oleh petani hortikultura.

Di dalam program ini, layanan yang diberikan Petrokimia Gresik untuk meningkatkan kesejahteraan petani yaitu, pertama menyediakan mobil uji tanah yang dapat mengidentifikasi kandungan tanah pada lahan pertanian, sehingga pemupukan yang direkomendasikan lebih presisi dengan hasil yang optimal.

"Petrokimia Gresik memiliki 15 unit mobil uji tanah yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. Semua petani bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis. Petani cukup membawa sampel tanah, dalam hitungan menit sudah mengetahui kandungan tanahnya, lengkap dengan rekomendasi pemupukannya," ujar Dwi.

Kedua, Petrokimia Gresik juga memberikan kawalan budidaya mulai dari menjamin ketersediaan pupuk dan kawalan pengendalian hama. Dalam program ini Petrokimia Gresik mengedukasi petani untuk menggunakan produk nonsubsidi yang telah terbukti berkualitas dalam meningkatkan produktivitas pertanian, serta pendapatan petani.

Terbaru, Petrokimia Gresik telah memperkenalkan Petro ZA Plus, Phosgreen dan Petroganik Premium sebagai alternatif subtitusi pupuk ZA, SP-36, dan Petroganik yang berdasarkan Permentan Nomor 10 Tahun 2022 tidak lagi masuk ke dalam skema subsidi.

Ketiga, Petrokimia Gresik juga melengkapi bantuan permodalan melalui program Mangga Makmur, yang merupakan pembiayaan dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik khusus kepada petani peserta Project Agro Solution yang digunakan untuk biaya budidaya dan pembelian pupuk nonsubsidi serta pestisida Petrokimia Gresik.

"Dengan adanya ekosistem pertanian terintegrasi ini, petani bisa lebih fokus dalam melakukan budidaya pertaniannya, karena baik permodalan maupun penjualan hasil panen sudah terjamin," kata Dwi Satriyo.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Dinas Perindag Palu alihkan 141 pedagang usai kebakaran Pasar Masomba
Kamis, 01 Desember 2022 - 18:46 WIB

Dinas Perindag Palu alihkan 141 pedagang usai kebakaran Pasar Masomba

Elshinta.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Palu, Sulawesi Tengah, memindahkan...
KPK nilai media pengaruhi persepsi dan pemahaman publik terkait pemberantasan korupsi
Kamis, 01 Desember 2022 - 17:35 WIB

KPK nilai media pengaruhi persepsi dan pemahaman publik terkait pemberantasan korupsi

Elshinta.com, Kegiatan ini merupakan penutup bagian dari rangkaian Road to Hakordia (Hari Antikorup...
Road Show Hakordia 2022, KPK ajak pejabat Jatim perkuat komitnen anti korupsi
Kamis, 01 Desember 2022 - 16:55 WIB

Road Show Hakordia 2022, KPK ajak pejabat Jatim perkuat komitnen anti korupsi

Elshinta.com, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri melakukan road show di Jawa Timu...
Ketua DPD RI minta pengawasan penjualan racun online diperketat
Kamis, 01 Desember 2022 - 16:25 WIB

Ketua DPD RI minta pengawasan penjualan racun online diperketat

Elshinta.com, Pembunuhan satu keluarga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akibat racun dalam minum...
 Ketua BPK RI terpilih jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB
Kamis, 01 Desember 2022 - 15:45 WIB

Ketua BPK RI terpilih jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB

Elshinta.com, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Isma Yatun terpilih sebagai Ketua Panel Audi...
17 titik panas terdeteksi di Kutai Timur dan Berau
Kamis, 01 Desember 2022 - 14:00 WIB

17 titik panas terdeteksi di Kutai Timur dan Berau

Elshinta.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 17 titik panas indikas...
Ombudsman minta kepala daerah di Kalsel tingkatkan kualitas pelayanan publik
Kamis, 01 Desember 2022 - 12:57 WIB

Ombudsman minta kepala daerah di Kalsel tingkatkan kualitas pelayanan publik

Elshinta.com, Ombudsman RI meminta komitmen dari para kepala daerah di Kalimantan Selatan untuk meni...
Para kades di Majalengka kirim 1 kuintal mangga untuk korban Gempa Cianjur
Kamis, 01 Desember 2022 - 12:24 WIB

Para kades di Majalengka kirim 1 kuintal mangga untuk korban Gempa Cianjur

Elshinta.com, Sejumlah kepala desa yang tergabung dalam forum kepala desa di Kab. Majalengka Jawa Ba...
Gubernur Jateng apresiasi Gerakan Anti Narkoba MUI
Kamis, 01 Desember 2022 - 11:06 WIB

Gubernur Jateng apresiasi Gerakan Anti Narkoba MUI

Elshinta.com, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka rapat koordinasi nasional gerakan anti nar...
Kapolda Sumut minta layanan publik bebas korupsi 
Kamis, 01 Desember 2022 - 10:57 WIB

Kapolda Sumut minta layanan publik bebas korupsi 

Elshinta.com, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menghadiri peringatan Hari Anti ...

InfodariAnda (IdA)