UNWTO apresiasi Indonesia bangkitkan pariwisata pasca pandemi 

Elshinta
Selasa, 27 September 2022 - 15:55 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Radio Elshinta
UNWTO apresiasi Indonesia bangkitkan pariwisata pasca pandemi 
Sumber foto: Eko Sulestyono/elshinta.com.

Elshinta.com - Organisasi pariwisata dunia (UNWTO) mengapresiasi upaya yang dijalankan pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi dan mendorong kebangkitan pariwisata sehingga memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja dalam semangat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. 

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai bertemu dengan Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. 

Pertemuan tersebut berlangsung menjelang pertemuan tingkat menteri pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 pada Senin (26/9/2022) yang akan menyempurnakan sekaligus mengesahkan G20 Bali Guidelines. 

Di dalam G20 Bali Guidelines ada serangkaian tindakan spesifik yang direkomendasikan untuk memajukan tujuan implementasi lima lines of actions. Juga seruan khusus untuk tindakan yang dapat dilaksanakan secara individual, secara sukarela baik oleh sekelompok negara atau organisasi internasional dengan kelompok negara.

"(UNWTO menilai) Kita berhasil menangani pandemi dan juga mendorong kebangkitan pariwisata. Di mana kita berharap (target kunjungan) 1,8 sampai 3,6 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini," kata Sandiaga Uno seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Eko Sulestyono, Selasa (27/9). 

Saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia terus meningkat. Dalam kunjungan ini, lama kunjungan (length of stay) serta kualitas belanja (average spending per arrival) wisatawan mancanegara juga sudah meningkat. Hal ini menunjukkan target pariwisata Indonesia menuju pariwisata yang berkualitas berjalan dengan baik. 

"Jadi kebangkitan bukan hanya melihat angka-angka tetapi juga kualitasnya. Yang kita sudah catat, sebelumnya (jumlah lama tinggal length of stay) di bawah 3 hari namun sekarang sudah menuju 3 sampai 4 hari. Belanja yang biasa ditargetkan 1.000 dolar AS sekarang sudah mengarah naik 20 persen sampai 1.200 dolar AS. Tahun depan kalau jumlah kunjungan wisatawan mancanegara stabil di angka 10 ribu sampai 15 ribu (per hari) kita akan kembali di level 4 juta (kunjungan)," tambahnya. 

Ia mengungkapkan, Indonesia dinilai berhasil dalam meningkatkan daya saing pariwisata di level dunia. Berdasarkan laporan Travel Tourism and Development Index (TTDI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dunia. Indonesia berhasil mengungguli negara-negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. 

Ke depan, Indonesia dianggap bisa membawa kepemimpinan dari segi wisata berbasis kebugaran dan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan ini juga mendapatkan tempat yang khusus dalam kebangkitan ini. 

"Misi kita jelas untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis ekonomi yang berkeadilan, berbasis masyarakat, sehingga membawa pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Tadi UNWTO juga menggarisbawahi untuk kemungkinan forum investasi besar pariwisata dunia juga akan dibawa ke Indonesia tahun depan, juga
wellness tourism,” sambungnya. 

Ia menambahkan, tidak ketinggalan adalah upaya maksimal Indonesia dalam mengembangkan desa wisata sebagai turunan dari pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.  

"Ini juga yang tadi disampaikan dalam pertemuan dengan Sekjen UNWTO. Keberhasilan Indonesia menjuarai desa wisata ini menginspirasi banyak negara untuk mengembangkan potensi-potensi rural tourism atau desa wisata di masing-masing destinasi," ujarnya. 

"Wisatawan mancanegara di Indonesia sudah berhasil kita tingkatkan dan kualitas belanja mereka sudah meningkat. Sehingga devisa yang dihasilkan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai penyumbang nomor 2 dari pendapatan negara ini, kita harapkan momentum ini akan terus kita bisa kawal kebangkitannya," tegasnya.

Usai bertemu dengan Sekjen UNWTO, Sandiaga juga hadir di acara WTD Networking and Investor Dinner. Dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga Uno juga mengajak seluruh pihak untuk ikut memeriahkan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) pada 27 September yang perayaannya akan dipusatkan di Bali. 

Perayaan ini menjadi sejarah besar bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pariwisata Dunia. 

"Ini adalah saat yang sangat bersejarah untuk Indonesia. Kita mendapat kehormatan selain sebagai bagian dari G20, kita memimpin untuk memikirkan kembali kebangkitan pariwisata yang berbasis masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkeadilan terutama dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini," lanjutnya. 

Pelaksanaan ini dikatakannya juga sebagai wujud pengejawantahan dari Gerak Cepat yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. 

"Saya harapkan kemeriahan, keseruannya akan mampu membawa dampak yang positif dalam dua hari ke depan karena ada satu agenda yang sangat penting,” ujarnya.

“Kita ingin menyelesaikan poin-poin kesepakatan (dalam Tourism Ministerial Meeting) yang akan kita tuangkan dalam Bali Guideline yang kita harapkan sebagai bekal untuk menyambut era baru dari pariwisata, di mana Indonesia sekarang dianggap negara yang membawa satu perubahan dan menciptakan satu kepemimpinan baru di pariwisata dunia," lanjutnya. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati; Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.

Kemudian Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Teguh; Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; serta Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Kereta api Pangkep-Maros lewati jalur wisata diuji coba
Jumat, 02 Desember 2022 - 14:44 WIB

Kereta api Pangkep-Maros lewati jalur wisata diuji coba

Elshinta.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba dengan ikut serta menjajal ke...
Kemenparekraf: Festival Danau Sentarum tumbuhkan ekonomi wisata
Jumat, 02 Desember 2022 - 10:47 WIB

Kemenparekraf: Festival Danau Sentarum tumbuhkan ekonomi wisata

Elshinta.com, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan Festival Danau Sentarum yang dil...
Fakultas Tehnik UB ciptakan Metantara Kayutangan Heritage
Kamis, 01 Desember 2022 - 11:24 WIB

Fakultas Tehnik UB ciptakan Metantara Kayutangan Heritage

Elshinta.com, Fakultas Tehnik Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur melakukan terobosan baru...
KPK dampingi upaya penyelamatan Danau Toba
Selasa, 29 November 2022 - 16:36 WIB

KPK dampingi upaya penyelamatan Danau Toba

Elshinta.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendampingi upaya penyelamatan Danau Toba yang terl...
Berjalan kaki menikmati peninggalan sejarah Kota Lama Semarang
Minggu, 27 November 2022 - 15:35 WIB

Berjalan kaki menikmati peninggalan sejarah Kota Lama Semarang

Elshinta.com, Berkunjung ke Semarang tidak lah lengkap sebelum mengunjungi ikon Kota Lumpia ini, yak...
Sandiaga ajak wisatawan lestarikan keindahan pantai Pulau Dodola 
Sabtu, 26 November 2022 - 13:24 WIB

Sandiaga ajak wisatawan lestarikan keindahan pantai Pulau Dodola 

Elshinta.com, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Pulau Dodola di Morotai...
Pabrik Semen Indarung I didukung jadi World Heritage
Sabtu, 26 November 2022 - 09:45 WIB

Pabrik Semen Indarung I didukung jadi World Heritage

Elshinta.com, Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka mendukung Pabrik Semen Indarung I dan PL...
Pascapandemi kawasan Indonesia Timur jadi buruan untuk berlibur
Selasa, 22 November 2022 - 20:07 WIB

Pascapandemi kawasan Indonesia Timur jadi buruan untuk berlibur

Elshinta.com, Kawasan Indonesia Timur, menjadi salah satu destinasi wisata yang sibuk melayani para ...
Prediksi tren wisata akhir tahun dan tips liburan jelang 2023
Senin, 21 November 2022 - 11:03 WIB

Prediksi tren wisata akhir tahun dan tips liburan jelang 2023

Elshinta.com, Akhir tahun menjadi momen yang paling dinantikan pelancong untuk menyambut momen Natal...
Pengunjung mulai datangi TMII pada hari pertama pembukaan
Minggu, 20 November 2022 - 13:23 WIB

Pengunjung mulai datangi TMII pada hari pertama pembukaan

Elshinta.com, Sejumlah pengunjung mulai mendatangi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur,...

InfodariAnda (IdA)