Teknologi dan digitalisasi kunci kemajuan pertanian dunia 

Elshinta
Selasa, 27 September 2022 - 16:26 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Radio Elshinta
Teknologi dan digitalisasi kunci kemajuan pertanian dunia 
Sumber foto: Eko Sulestyono/elshinta.com.

Elshinta.com - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara resmi membuka kegiatan Global Forum sebagai awal dari rangkaian kegiatan Agriculture Ministers Meeting (AMM) G20 Indonesia, di Hotel Intercontinental Jimbaran Bali pada Selasa (27/09) siang.

Mengangkat tema Transformasi Pertanian Digital dalam Percepatan Kewirausahaan Perempuan dan Pemuda, Syahrul juga mengajak dunia mengimplementasikan teknologi digital khususnya pada sektor pertanian. 

“Teknologi dan digitalisasi menjadi jawaban (kunci) untuk kemajuan sektor pertanian dunia. Indonesia sendiri saat ini mengusung pertanian maju mandiri modern. Karena itu, pada pertemuan global forum ini kita bisa berbagi perspektif tentang upaya kita meningkatkan kapasitas anak muda dan perempuan dalam mengimplementasikan pertanian digital,” kata Syahrul Yasin Limpo, Selasa (27/9). 

Menurutnya, para wirausaha muda ini dapat menjadi pengusaha inovatif melalui perannya sebagai produsen, distributor, pemasar dan penjual dengan menggunakan teknologi dan model bisnis yang inovatif.

“Pada era Industri 4.0 saat ini, kegiatan pertanian tidak lagi mengandalkan tenaga kerja manual tetapi menggabungkan mekanisasi dengan teknologi digital yang dapat mengkondisikan usaha budi daya pertanian menjadi lebih presisi,” jelasnya

Pelibatan wirausaha muda berbakat, termasuk perempuan, dalam pembangunan pertanian telah menjadi agenda utama di banyak negara, termasuk negara anggota G20. 

Terkait hal ini, banyak negara, termasuk Indonesia yang telah melakukan berbagai upaya untuk memahami karakteristik yang khas dari para wirausaha muda, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi mereka, dan mengidentifikasi metode terbaik untuk mengembangkan bakat mereka.

Ia mengajak semua negara untuk membangun semangat untuk bekerja sama. Sesuai dengan tema besar G20 Presidensi Indonesia, yaitu “
recovery together recovery stronger.

“Kita tidak lagi bicara atas nama bangsa sendiri, tapi harus bicara atas nama bangsa-bangsa G20. Mari kita bicarakan hal-hal yang bisa mempersatukan. Semua perbedaan semestinya bisa kita satukan dalam waktu singkat,” tegasnya. 

Ia mengungkapkan, Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara lain, terutama dalam menghadapi krisis pangan. 

“Indonesia membutuhkan negara lain. Dan negara Bapak dan ibu juga membutuhkan kami. Forum AMM bisa menjadi kesempatan bagi kita semua untuk menghilangkan barrier dalam menjaga rantai pasok dunia,” paparnya. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Food and Agriculture Organization (FAO) Qu Dongyu turut mendukung kerjasama dunia. Saat memberikan keynote speech, Qu mengungkapkan bahwa dibutuhkan komitmen untuk menjadikan pertanian dunia lebih baik. Sehingga dibutuhkan cara bekerja yang efisien, efektif, dan inovatif. 

“Sistem digital adalah masa depan pertanian dunia. Suka atau tidak suka, kita saat ini berada di fase transisi sektor pertanian,” kata Direktur Jenderal Food and Agriculture Organization (FAO) Qu Dongyu.

Qu Dongyu menegaskan kembali dukungannya terhadap upaya Indonesia untuk mengembangkan strategi e-agrikultur nasional termasuk panduan integritas data pertanian dalam penggunaan informasi geospasial.

“Digitalisasi memainkan peran penting dalam mempercepat kemajuan menuju pencapaian Sustainable Development Goals dengan mendiversifikasi pendapatan dan membuka lapangan kerja dan peluang bisnis di dalam dan di luar pertanian, terutama bagi generasi baru petani dan kaum muda,” jelasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Eko Sulestyono.

Ia juga memuji pendirian Agriculture War Room di Kementerian Pertanian RI yang menggunakan teknologi digital canggih untuk meningkatkan pengambilan keputusan berbasis data dan bukti lapangan.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi selaku penanggung jawab kegiatan Global Forum mengungkapkan partisipasi anak muda bisa menjadikan sektor pertanian, termasuk di wilayah pedesaan menjadi lebih produktif dan menarik. 

“Kami saat ini berupaya untuk bisa memahami karakteristik kelompok anak muda, termasuk perempuan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, serta mencarikan metode terbaik untuk mengasah bakat mereka dalam Bertani,” kata Dedi Nursyamsi.

Ia menyebutkan pihaknya akan memaksimalkan Global Forum sebagai wadah untuk berbagi kebijakan, program pengembangan, serta strategi dan program dalam transformasi pertanian digital untuk mengakselerasi kewirausahaan muda dan perempuan. 
  
Diskusi Global Forum dibuka oleh penyampaian short statement dari menteri pertanian dan perwakilan dari negara Turki, Kanada, Amerika Serikat, Italia, dan Afrika Selatan yang dilanjutkan oleh diskusi panel. 

Sesi pertama diskusi panel diisi oleh IFAD, CGIAR, GIZ, dan MAFF-Jepang. Sementara sesi kedua diisi oleh start-up dan perusahaan global, yaitu PT Bali Organik Subak dari Indonesia, Pinduoduo dari Cina, AgUnity dari Australia, dan Microsoft Indonesia.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Ajak santun gunakan medsos, XYZ Indonesia: Untuk keutuhan NKRI
Sabtu, 26 November 2022 - 17:11 WIB

Ajak santun gunakan medsos, XYZ Indonesia: Untuk keutuhan NKRI

Elshinta.com, Komunitas gerakan lintas generasi, lintas agama, lintas etnis, suku dan golongan bersa...
Tanda tangan elektronik: Cara membuat dan fakta menariknya
Sabtu, 26 November 2022 - 12:35 WIB

Tanda tangan elektronik: Cara membuat dan fakta menariknya

Elshinta.com, Apakah Anda familiar dengan tanda tangan elektronik? Seperti namanya, ttd elektronik ...
Satelit Nano pertama Indonesia segera meluncur ke ISS via SpaceX
Selasa, 22 November 2022 - 18:28 WIB

Satelit Nano pertama Indonesia segera meluncur ke ISS via SpaceX

Elshinta.com, Satelit Nano hasil pengembangan ilmuwan muda Indonesia yang didukung penuh PT Pasifik...
 Perkembangan Web3 untuk industri kreatif terus didukung
Senin, 21 November 2022 - 12:35 WIB

Perkembangan Web3 untuk industri kreatif terus didukung

Elshinta.com, Inovasi dalam industri cryptocurrency yang berbasis teknologi blockchain terus berkem...
 RUU Energi Baru Terbarukan mendesak untuk dibahas
Senin, 21 November 2022 - 11:35 WIB

RUU Energi Baru Terbarukan mendesak untuk dibahas

Elshinta.com, Energi Baru Terbarukan (EBT) merupakan sesuatu yang tidak bisa terelakkan lagi. Sebab ...
Ekonom: Talenta di bidang teknologi punya kesempatan kerja tinggi
Minggu, 20 November 2022 - 12:58 WIB

Ekonom: Talenta di bidang teknologi punya kesempatan kerja tinggi

Elshinta.com, Peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (Pustek UGM) Hempri Su...
 Perkembangan teknologi digital berkembang pesat
Senin, 14 November 2022 - 15:47 WIB

Perkembangan teknologi digital berkembang pesat

Elshinta.com, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresi...
Kemenkominfo gelar Dgital Transformation Expo di Bali
Senin, 14 November 2022 - 15:36 WIB

Kemenkominfo gelar Dgital Transformation Expo di Bali

Elshinta.com, Digital Transformation Expo (DTE ) adalah side event KTT G20, sekaligus puncak dari Di...
Warga Lampung terima STB, Kemenkominfo sosialisasi migrasi siaran TV digital
Jumat, 11 November 2022 - 18:23 WIB

Warga Lampung terima STB, Kemenkominfo sosialisasi migrasi siaran TV digital

Elshinta.com, Pemerintah telah melakukan Analog Switch Off (ASO) kepada siaran analog di Indonesia p...
Distribusi set top box Jabodetabek mencapai 99 persen
Jumat, 04 November 2022 - 10:35 WIB

Distribusi set top box Jabodetabek mencapai 99 persen

Elshinta.com, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan distribusi set top box untuk rumah t...

InfodariAnda (IdA)