Kenali jenis, fitur Aplikasi HRD Online sebelum menggunakannya, berikut ulasan lengkapnya

Elshinta
Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:01 WIB | Editor : Widodo | Sumber : Sumber Lain
Kenali jenis, fitur Aplikasi HRD Online sebelum menggunakannya, berikut ulasan lengkapnya
ilustrasi HR departemen. freepik

Elshinta.com - Tidak hanya bagian keuangan saja yang membutuhkan software untuk membantu pekerjaannya. Begitu pula dengan divisi HR (Human Resource), mereka memerlukan Aplikasi HRD online untuk mempermudah tugas-tugas yang ada.

Aplikasi HRD online adalah software atau sistem dalam aspek bisnis yang pada dasarnya membantu perusahaan untuk mengatur pengelolaan data informasi karyawan. Sistem yang dirancang pada Aplikasi ini mendukung banyak fungsi pekerjaan HR sehingga meminimalisir waktu dan tenaga divisi tersebut serta menjaga agar informasi diproses dan tersimpan dengan baik.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu divisi HR untuk merancang perencanaan berbagai proses kerja yang lebih baik, manajemen budget dan proses pengambilan keputusan.

Jenis-jenis Aplikasi HRD Online

Ada banyak jenis App HRD online yang bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi. Beberapa di antaranya mampu mengerjakan hampir semua fungsi HR, sementara yang lainnya mungkin hanya mencakup satu atau dua fungsi saja.

Beberapa jenis aplikasi HRD online meliputi:

  1. On-Premises Aplikasi HRD online

On-premises adalah software yang diinstal pada komputer perorangan dan dioperasikan dengan cara menghubungkannya pada jaringan internet organisasi atau perusahaan Anda. Bentuk Aplikasi HRD online ini hanya bisa diakses dan digunakan dari komputer yang sudah diinstal.

On-premises bersifat lebih aman dan murah dibandingkan dengan software berbasis cloud, namun sulit untuk di-update sehingga banyak perusahaan yang mengaku tidak nyaman menggunakannya.

  1. Aplikasi HRD online berbasis cloud

Saat ini bentuk Aplikasi HRD online yang paling banyak digunakan adalah cloud-based Aplikasi HRD online karena memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dari perangkat apapun selama terhubung dengan internet. Anda bisa log in dengan banyak perangkat, mulai dari smartphone, tablet, komputer dan laptop.

Selain cocok digunakan oleh mobile workforces, kemudahan akses ini memungkinkan para karyawan untuk mengakses informasi personal mereka dan melakukan perubahan informasi (jika ada).

Fitur-fitur Aplikasi HRD online

Setiap Aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada developer yang membuatnya. Namun fungsi yang umumnya ada yaitu:

  1. Database informasi karyawan
  2. Sistem Payroll
  3. Sistem tracking pengguna
  4. Fungsi rekrutmen
  5. Self-service portal
  6. Manajemen performa
  7. Social HR feeds
  8. Manajemen benefit untuk karyawan
  9. Pengaturan pekerjaan dan tracking tujuan karyawan/perusahaan
  10. Dukungan pengembangan karyawan
  11. Reporting
  12. Dukungan pengolahan data
  13. Manajemen siklus karir karyawan

Manfaat menggunakan Aplikasi HRD online

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi HRD online sangat beragam, tergantung dari jenis aplikasi online yang dipilih. Akan tetapi, manfaat utama menggunakan aplikasi ini adalah menyimpan banyak waktu yang biasanya habis untuk melakukan tugas administrasi. Manfaat ini sangat membantu divisi HR dan menguntungkan perusahaan karena pekerjaan dapat selesai secara efektif.

Beberapa fungsi aplikasi HRD online juga menurunkan tingkat kesalahan yang terkait dengan entry data dan menghemat biaya karena meminimalisir penggunaan kertas, klip, tinta dan perlengkapan lainnya.

  1. Payroll

Payroll adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi hampir semua perusahaan, sehingga mengelolanya dengan Aplikasi HRD online akan menghemat waktu dan meminimalisir terjadinya kesalahan.

Mengintegrasikan fungsi manajemen waktu dan kehadiran dengan fungsi payroll juga membantu Anda untuk menyesuaikan jumlah payroll dengan semua informasi yang ada. Misalnya saja pemotongan untuk BPJS, konsekuensi keterlambatan, pemberian bonus dan sebagainya.

  1. Pilihan Self-Service

Kemampuan atau fungsi self-service untuk karyawan dan manajer membantu meningkatkan komunikasi dan relasi antara atasan dan bawahan dalam perusahaan.

Kemudahan karyawan untuk bisa mengakses informasi, jadwal, membuat dan merubah permohonan cuti/izin hingga memilih rencana pengembangan diri mereka sendiri dapat meningkatkan kepuasan dan produktivitas karyawan. Kemudian, kemudahan manajer untuk memberikan tugas beserta dengan deadline secara otomatis bisa mempermudah pekerjaan perusahaan.

  1. Rekrutmen

Menggunakan Aplikasi HRD online untuk proses perekrutan dapat membantu Anda untuk mendapatkan kandidat berkualitas. Sistem pada Aplikasi HRD online biasanya sudah terintegrasi dengan website dan akun media sosial penyedia informasi lowongan kerja, sehingga ada banyak kandidat yang mengetahui informasi tentang lowongan di perusahaan Anda. Di samping itu, aplikasi HRD juga dapat membantu proses wawancara dan onboard karyawan baru.

5 Aplikasi HRD Terbaik di Indonesia

Human Resource Information System atau yang biasa dikenal dengan HRIS adalah sebuah software yang dibuat untuk mengorganisir tata kelola sumber daya manusia yang ada dalam satu perusahaan guna mengambil keputusan yang tepat.

HRIS sekarang sudah banyak digunakan di perusahaan, baik skala besar maupun kecil. Kemudahan yang ditawarkan oleh HRIS seperti manajemen, laporan, dan analisis kinerja karyawan bisa dibuat di aplikasi HRD.

Ada banyak aplikasi HRD Indonesia, mulai dari yang berbayar, gratis saat masa trial¸ maupun benar-benar gratis sepenuhnya. Berikut beberapa aplikasi HRD Indonesia yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  1. Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan satu dari aplikasi HRD Indonesia yang dapat dicoba secara gratis selama tiga puluh hari. Talenta by Mekari memungkinkan Anda untuk mengatur urusan HRD kantor, seperti masalah absensi, penggajian, perhitungan pajak, izin cuti, lembur, dan masih banyak lagi.

Talenta by Mekari adalah aplikasi berbasis web (cloud) sehingga tidak perlu melakukan instalasi pada program komputer. Sebagai salah satu aplikasi HRD Indonesia, Talenta by Mekari cocok untuk berbagai macam bisnis mulai dari UKM, UMKM, hingga korporasi.

Hal ini dikarenakan sistem manajemen absensi dan kehadiran dari Talenta by Mekari yang bisa diintegrasikan dengan mesin fingerprint scanner dan kartu akses RFID, sehingga proses absensi bisa lebih cepat serta akurat.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1.       Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya :

  1. Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  2. Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  3. Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  4. Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2.        Kostumisasi yang Sangat Terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3.        Tim Support yang Efektif dan Responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem presensi online otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi HRD Indonesia, Talenta by Mekari, Anda bisa lihat website resminya di  di https://www.talenta.co/ dan pilihlah produk serta layanan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika ingin melihat langsung bagaimana Talenta by Mekari mampu memudahkan bisnis, Anda juga bisa mengundang tim untuk melakukan demo gratis di kantor.

  1. NaturalHR

Aplikasi HRD Indonesia NaturalHR merupakan software as a service buatan UK yang bisa dinikmati gratis tanpa iklan, trial, dan lainnya.

NaturalHR sudah dilengkapi dengan fitur time tracking, employee self-service, libur dan cuti, pustaka penyimpanan materi pelatihan, rekrutmen, dan juga penilaian kinerja karyawan.

Namun, sayangnya aplikasi ini belum memiliki sistem penggajian. Versi gratis dari NaturalHR juga ada rencana untuk dihilangkan dan diganti dengan yang berbayar.

  1. Web Human Resource

Web Human Resource, atau yang biasa disingkat WebHR, adalah aplikasi sudah ada sejak 2010. Pelanggannya pun sudah mencapai angka 9000 lebih.

WebHR sudah berbasis web dan dibuat khusus untuk perusahaan skala kecil hingga menengah dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak, terbatas maksimal sepuluh orang saja. Software WebHR bisa digunakan secara gratis, namun ada iklan di dalamnya.

Alasan banyaknya pelanggan WebHR tidak terlepas dari adanya fitur-fitur pendukung seperti tracking kehadiran, penggajian, dan rekrutmen, sehingga bisa sangat memudahkan para penggunanya.

  1. Deskera

Deskera memiliki pangsa pasar utama perusahaan besar yang memiliki bisnis dengan skala enterprise. Itulah mengapa modul HR Deskera sangat luas, mencakup manajemen penggajian, manajemen performa, rekrutmen, timesheet, serta real-time reporting.

Deskera memang sengaja diprogram untuk memenuhi semua kebutuhan dalam skala yang besar. Ada dua versi Deskera yang bisa digunakan, yaitu versi gratis (open source) dan versi berbayar mulai dari $75 per bulan untuk tiap pengguna.

Deskera hadir tidak hanya sebagai aplikasi pengatur manajemen kehadiran, namun juga memiliki modul untuk CRM dan ERP.

  1. IceHRM

IceHRM adalah aplikasi HRD Indonesia yang hadir dalam versi berbayar dengan hosting software yang bisa diatur sendiri. IceHRM juga memiliki versi gratis, namun terbatas hanya untuk dua puluh karyawan saja.

Dengan begitu, perusahaan kecil bisa memanfaatkan HRIS versi gratis tanpa harus mengunduhnya. Fitur unggulannya adalah tracking waktu dan kehadiran, leave management, serta unggah dokumen dalam format CSV.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan aplikasi HRD untuk memudahkan operasional pekerjaan Anda, terutama yang berhubungan dengan administrasi HR.

Kesimpulan

Aplikasi HRD online dapat mengubah cara kerja perusahaan dari dalam. Oleh karenanya sangat penting untuk memilih aplikasi yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Pilih aplikasi yang cocok dengan budaya perusahaan Anda agar dapat digunakan dengan maksimal.

Talenta by Mekari adalah salah satu Aplikasi HRD online berbasis web terbaik di Indonesia.  Kelebihan utama software HR kami adalah software ini dapat diakses dari mana saja, data pegawai tersentralisasi dan security terjamin. Dengan fitur ESS, pegawai dapat mencetak slip gaji sendiri, mengajukan cuti, izin dan klaim pengobatan dari akun mereka masing-masing.

Talenta by Mekari memiliki banyak fitur lainnya yang dirancang khusus menyimpan dan mengelola data pegawai dengan efektif dan efisien. Untuk perhitungan pajak pegawai, aplikasi ini juga mengikuti peraturan pemerintah sehingga cocok digunakan oleh organisasi, bisnis atau perusahaan di Indonesia.

Penasaran dengan Talenta by Mekari? Anda bisa mencoba nya secara gratis selama 14 hari, atau bisa juga mengundang Talenta untuk demo software di perusahaan Anda.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Kiat jaga kata sandi untuk cegah serangan siber
Senin, 02 Januari 2023 - 12:31 WIB

Kiat jaga kata sandi untuk cegah serangan siber

Elshinta.com, Bagi penjahat di dunia maya, kata sandi, password, merupakan hal yang sangat berharga...
Apa itu Whatsapp Business API, Fungsi, Fitur, dan Kelebihan?
Rabu, 28 Desember 2022 - 19:28 WIB

Apa itu Whatsapp Business API, Fungsi, Fitur, dan Kelebihan?

Elshinta.com, Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisn...
26 Jenis Invoice Pembelian yang Umum Beserta Rekomendasi Invoice Generator
Senin, 19 Desember 2022 - 09:31 WIB

26 Jenis Invoice Pembelian yang Umum Beserta Rekomendasi Invoice Generator

Elshinta.com, Banyak jenis invoice atau faktur yang dapat dibuat bisnis untuk klien mereka, dan jeni...
Aplikasi untuk Absen Solusi Mudah untuk kelola Absensi Karyawan
Kamis, 24 November 2022 - 16:31 WIB

Aplikasi untuk Absen Solusi Mudah untuk kelola Absensi Karyawan

Elshinta.com, Untuk dapat mengukur kinerja setiap karyawan atau tim yang terlibat, perusahaan (dalam...
Kenali jenis, fitur Aplikasi HRD Online sebelum menggunakannya, berikut ulasan lengkapnya
Rabu, 26 Oktober 2022 - 10:01 WIB

Kenali jenis, fitur Aplikasi HRD Online sebelum menggunakannya, berikut ulasan lengkapnya

Elshinta.com, Tidak hanya bagian keuangan saja yang membutuhkan software untuk membantu pekerjaanny...
Inovasi teknologi AMD Ryzen™ 6000 series processors dukung proses kreatif musisi
Rabu, 21 September 2022 - 14:25 WIB

Inovasi teknologi AMD Ryzen™ 6000 series processors dukung proses kreatif musisi

Elshinta.com, Teknologi yang terus berkembang pesat semakin memberikan kemudahan dalam banyak hal. D...
Memang ada Software Attendance Management Bahasa Indonesia?
Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:21 WIB

Memang ada Software Attendance Management Bahasa Indonesia?

Perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan kehadiran karyawan. Hal tersebut karena berpengaruhnya...
Samsung umumkan One UI 4.1 kini hadir di rangkaian Samsung Galaxy
Rabu, 23 Maret 2022 - 12:26 WIB

Samsung umumkan One UI 4.1 kini hadir di rangkaian Samsung Galaxy

Samsung mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yaitu One UI 4.1 yang akan hadir di rangkaia...
Opera buat browser khusus kripto
Minggu, 23 Januari 2022 - 13:46 WIB

Opera buat browser khusus kripto

Peramban Opera menyediakan `crypto browser` khusus untuk mengakses hal-hal yang berhubungan dengan a...
Google rilis pembaruan Pixel 6 dan 6 Pro
Senin, 17 Januari 2022 - 12:37 WIB

Google rilis pembaruan Pixel 6 dan 6 Pro

Google telah mulai meluncurkan pembaruan terbaru untuk dua perangkat pintarnya, Pixel 6 dan 6 Pro se...

InfodariAnda (IdA)