Pemenang Piala Presiden E-Sport 2022 bakal berlaga di ajang IESF 2022

Elshinta
Kamis, 24 November 2022 - 20:35 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Elshinta.Com
Pemenang Piala Presiden E-Sport 2022 bakal berlaga di ajang IESF 2022
Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

Elshinta.com - Meskipun rangkaian Piala Presiden Esports 2022 telah berakhir, namun perjuangan para atlet esports tentunya belum usai. Bigetron Alpha dan NFT Esports yang masing-masing berhasil meraih gelar juara untuk cabang game Mobile Legends dan PUBG Mobile, berkesempatan untuk mengikuti seleksi nasional demi mewakili Indonesia untuk ajang IESF 2022.

Turnamen IESF 2022 bisa menjadi salah satu panggung bagi atlet esports untuk membawa nama baik tanah air. Maka dari itu penting bagi Piala Presiden Esports 2022 untuk terus menjaga semangat para atlet yang nantinya akan menjadi wakil bagi bangsa dan negara.

Berbagai stake holder yang berperan untuk memajukan ekosistem esports dalam negeri hadir dalam acara Media Talk ini. Mewakili panitia penyelenggara turnamen, terdapat Ginta Kamka selaku Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022. 

Hadir pula Yohannes Siagian yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi, PB Esports Indonesia (PBESI). Kemudian terdapat juga Yama P. Sumbodo yang merupakan bagian dari Public Relations Garudaku.

Kesehatan atlet esports yang nantinya akan berlaga juga menjadi perhatian bagi semua pihak. Maka dari itu dalam acara ini turut hadir Dr Andi Kurniawan, SpKO selaku Spesialis Kedokteran Olahraga & Mitra Coda Indonesia. Terakhir, dua perwakilan dari tim esports yang hadir adalah Febrianto Genta Prakasa - dari NFT Esports dan Vinzent Indra sebagai Team Director Bigetron Alpha.

Ginta Kamka selaku Wakil Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports berharap jika NFT Esports dan Bigetron Alpha selaku jawara Piala Presiden Esports 2022, dapat meneruskan perjuangan mereka ke kancah internasional. Ia juga menekankan pentingnya persiapan yang matang baik secara fisik maupun mental.

“Piala Presiden Esport 2022 merupakan salah satu jalur kualifikasi menuju IESF 2022, sehingga tentunya kami berharap bahwa jika NFT Esports dan Bigetron Alpha dapat meneruskan semangat mereka dan mengukir prestasi di ajang internasional. Harapan besar tersebut juga harus didukung dari persiapan yang matang, baik dari segi fisik maupun mental,” ujar Ginta Kamka dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Kamis (24/11).

Menambahkan hal tersebut, Yohanes Siagian selaku Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi mengungkapkan bahwa hadirnya Piala Presiden Esports merupakan langkah penting bagi ekosistem esports. Acara ini juga memberikan kesempatan kepada atlet-atlet baru untuk menapaki karier mereka di skena pro.

“Piala Presiden Esports 2022 ini merupakan sesuatu yang sangat penting bagi ekosistem kita. Turnamen ini bukan hanya mengangkat game-game yang sudah established, tapi juga lebih penekanan ke game-game lokal seperti Battle of Guardians dan Lokapala. Maka dari itu turnamen ini juga memberikan kesempatan kepada atlet-atlet yang mungkin bukan dari level pro untuk bersinar,” ucap Yohanes Siagian.

Sementara itu Yama P. Sumbodo selaku tim Public Relations Garudaku mengapresiasi gelaran Piala Presiden Esports 2022. Ia mengatakan jika kolaborasi antara seluruh ekosistem esports sudah terjalin sangat baik dan harus perlu dilanjutkan.

“Kami mengapresiasi sekali kolaborasi antara seluruh ekosistem esports mulai dari Garudaku, KINCIR, dan PBESI yang sudah terjalin sangat baik dan perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Nantinya kita berharap akan bisa menemukan bibit-bibit terbaik dari ajang Piala Presiden Esports selanjutnya. Garudaku ingin mengucapkan selamat kepada pemenang Piala Presiden Esports 2022 yang akan bersiap untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang IESF 2022 nanti,” ucap Yama P. Sumbodo.

Bagi para pemenang yang akan mengikuti serangkaian seleksi di World IESF Championship, kemenangan di Piala Presiden Esports 2022 membuka lebih banyak kesempatan dalam berkarier di industi esports; khususnya pro player. Kesempatan ini yang harus dimanfaatkan dengan baik agar api semangat para pemenang tetap terjaga sehingga mampu tampil maksimal di World IESF Championship.

“Keberhasilan kami dalam Piala Presiden Esports 2022 menjadi pencapaian yang luar biasa dari enggak hanya untuk Bigetron Alpha, tetapi juga ION Beta yang sudah berhasil mengalahkan tim profesional tanah air lain, yang juga merupakan perwakilan dari Indonesia dalam turnamen Internasional tahun ini,” ujar Vinzent Indra selaku Team Director Bigetron Alpha.

Febrianto Genta Prakasa sebagai perwakilan juara Piala Presiden Esports 2022 PUBGM juga menambahkan bahwa kesempatan luar biasa ini jadi motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Kami merasa sangat bangga bisa menjadi juara Piala Presiden Esports 2022.  Ini jadi kesempatan luar biasa untuk saya dan rekan setim, untuk terus termotivasi memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Sekarang tim kami sedang fokus latihan setiap hari, untuk bisa memberikan yang terbaik atas kesempatan yang sudah kita dapatkan ini,” ucap Febrianto Genta Prakasa.

Terakhir, Dr Andi Kurniawan, SpKO selaku Spesialis Kedokteran Olahraga & Mitra Coda Indonesia memberikan pandangan bahwa faktor kesehatan juga memiliki pengaruh pada performa atlet esports. Ia menambahkan jika atlet esports juga harus menjaga kesehatan seperti layaknya atlet konvensional, demi meningkatkan performa mereka saat turnamen berlangsung.

“Saya merasa jika esports itu kita harus melihat sebagai sebuah olahraga yang konvensional. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi performa atlet esports. Tidak hanya secara teknik ataupun skill, tetapi kesehatan fisik juga gitu berpengaruh. Misalnya kalau jam tidurnya tidak cukup, pasti akan berpengaruh ke performa saat bertanding. Begitu juga kesehatan mental yang jika secara psikologis kurang maksimal, pastinya juga akan berpengaruh ke performa mereka,” ucap Dr Andi.

Dari 80 ribu pendaftar dan 6 cabang game yang dipertandingkan, Piala Presiden Esports 2022 berhasil mendapatkan lebih 50 juta watch hours dan lebih dari 7000 pengunjung offline.

Berikut adalah  Daftar Pemenang Tiap Cabang Game Piala Presiden Esports 2022: 
Battle of Guardians: M. Kiki Baihaqi (Noizze)
Battle of Satria Dewa: Siam Esports
Free Fire: EVOS Divine
Lokapala: Dewa United Esports
Mobile Legends Bang Bang: Bigetron Alpha
PUBG Mobile: NFT Esports

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Indonesia bawa 10 medali emas dari ASEAN Deaf Games 2022
Selasa, 29 November 2022 - 06:01 WIB

Indonesia bawa 10 medali emas dari ASEAN Deaf Games 2022

Elshinta.com, Indonesia membawa pulang 10 medali emas dari ajang kejuaraan atlet tunarungu Asia Teng...
ESport Academi ID-Sertifikasiku jalin kerjasama tingkatkan talenta muda di industri ESport
Senin, 28 November 2022 - 18:12 WIB

ESport Academi ID-Sertifikasiku jalin kerjasama tingkatkan talenta muda di industri ESport

Elshinta.com,  Industri Esports di Indonesia sedang bertumbuh dengan sangat cepat, sehingga pekerja...
Penyelenggara Indonesia 3X3 Tournament agendakan tur Eropa tahun depan
Senin, 28 November 2022 - 14:30 WIB

Penyelenggara Indonesia 3X3 Tournament agendakan tur Eropa tahun depan

Elshinta.com, Penyelenggara Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 mengagendakan tur Eropa t...
Presiden berikan bonus Rp309 miliar bagi atlet ASEAN Paragames XI
Senin, 28 November 2022 - 12:23 WIB

Presiden berikan bonus Rp309 miliar bagi atlet ASEAN Paragames XI

Elshinta.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin, memberikan ap...
Timnas renang bawa pulang enam emas di Major Games Qualifiers 2023
Minggu, 27 November 2022 - 20:55 WIB

Timnas renang bawa pulang enam emas di Major Games Qualifiers 2023

Elshinta.com, Tim nasional (timnas) renang Indonesia membawa pulang enam emas, dua perak, dan tujuh ...
 Tempuh jarak 60 kilometer, Seskab Pramono Anung dan Hasto `gowes` rute Kediri - Blitar
Sabtu, 26 November 2022 - 16:58 WIB

Tempuh jarak 60 kilometer, Seskab Pramono Anung dan Hasto `gowes` rute Kediri - Blitar

Elshinta.com, Ratusan pesepeda roadbike ikut ambil bagian dalam  Banteng Fondo Ride. Start mengambi...
Dorong Ayton, Patrick Beverley diskors tiga pertandingan
Jumat, 25 November 2022 - 13:47 WIB

Dorong Ayton, Patrick Beverley diskors tiga pertandingan

Elshinta.com, Guard Los Angeles Lakers Patrick Beverley diskors tiga pertandingan karena terbukti me...
Apparel timnas sepak bola Indonesia gebrak pasar internasional
Jumat, 25 November 2022 - 07:01 WIB

Apparel timnas sepak bola Indonesia gebrak pasar internasional

Elshinta.com, Industri olahraga nasional kian berkembang, salah satu bukti nyata adalah langkah yang...
Pemenang Piala Presiden E-Sport 2022 bakal berlaga di ajang IESF 2022
Kamis, 24 November 2022 - 20:35 WIB

Pemenang Piala Presiden E-Sport 2022 bakal berlaga di ajang IESF 2022

Elshinta.com, Meskipun rangkaian Piala Presiden Esports 2022 telah berakhir, namun perjuangan para a...
Jatim optimistis raih medali emas atletik di ajang Porwanaa XIII 2022
Kamis, 24 November 2022 - 18:24 WIB

Jatim optimistis raih medali emas atletik di ajang Porwanaa XIII 2022

Elshinta.com, Kepercayaan Jawa Timur menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas)...

InfodariAnda (IdA)