Pabrik Semen Indarung I didukung jadi World Heritage

Elshinta
Sabtu, 26 November 2022 - 09:45 WIB | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Antara
Pabrik Semen Indarung I didukung jadi World Heritage
Sumber foto: Antara/elshinta.com.

Elshinta.com - Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka mendukung Pabrik Semen Indarung I dan PLTA Rasak Bungo milik PT Semen Padang untuk ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO.

Menurut Rieke dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan di Indonesia.

Ia menyampaikan, infrastruktur yang baik adalah salah satu amanat konstitusi yang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. Pembangunan infrastruktur sendiri membutuhkan semen sebagai kebutuhan dasar dalam setiap pembangunan fisik.

"Semen adalah salah satu kebutuhan dasar pembangunan infrastruktur yang tidak terpisahkan dari pembangunan manusia dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik. Semen adalah material vital yang dibutuhkan untuk mengeskplorasi potensi ekonomi, menjadi kekuatan ekonomi yang pada pasal 33 konstitusi kita dinyatakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," ujar Rieke.

Berdiri sejak 1910 dan menjadi pabrik semen pertama di Indonesia, Pabrik Indarung I menjadi bagian dari sejarah pembangunan di Indonesia.

Pada awal era kemerdekaan, Pabrik Indarung I menjadi bagian dari persiapan pelaksanaan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana yang dirumuskan oleh Bung Karno bersama bersama Dewan Perancang Nasional (Depernas, sekarang Bappenas) yang terdiri dari 513 orang pendiri bangsa menuju Indonesia menjadi negara industri.

Sebagai bagian dari persiapan dijalankannya Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana, maka Pabrik Indarung I dinasionalisasi oleh Pemerintah sebagai aset Negara Republik Indonesia pada tahun 1958. Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana pun dinyatakan dijalankan berdasarkan Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960.

Untuk mengabadikan memori akan besarnya jasa bangunan bersejarah itu, Rieke Diah Pitaloka yang juga dikenal sebagai aktivis budaya menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan pabrik semen pertama dan tertua di Indonesia itu untuk ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO.

"Saya tidak mau Indarung hilang dari sejarah. Saya tidak mau Indarung dilupakan. Saya butuh energi, semangat, dan kecintaan tanah air yang terekam di besi berkarat Indarung," kata Rieke.

Rieke merencanakan untuk melakukan perjumpaan kebudayaan bersama Indarung Heritage Society dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) untuk merintis tim kecil memperjuangkan arsip Indarung sebagai Memori Kolektif Bangsa yang akan ditetapkan Arsip Nasional Republik Indonesia, memperjuangkan arsip Indarung ditetapkan UNESCO sebagai Memory of The World, dan memperjuangkan Indarung ditetapkan oleh UNESCO sebagai World Heritage.

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, SIG sebagai strategic holding company yang menaungi PT Semen Padang, menyambut baik dukungan anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka agar Pabrik Indarung I dan PLTA Rasak Bungo ditetapkan sebagai Word Heritage oleh UNESCO.

"Pabrik Indarung I dan PLTA Rasak Bungo merupakan tonggak sejarah dan simbol kemandirian bangsa untuk mendukung pembangunan di tanah air. Sejumlah mahakarya kebanggaan bangsa, seperti Monumen Nasional (Monas), Gedung DPR/MPR dan Jembatan Semanggi di Jakarta, hingga Jembatan Ampera di Palembang yang masih berdiri hingga saat ini menjadi saksi kokohnya produk Semen Padang yang dihasilkan di Indarung,”" ujar Vita.

Pabrik Indarung I dan PLTA Rasak Bungo mulai didaftarkan Manajemen PT Semen Padang, tertanggal 28 Oktober 2022 menjadi Cagar Budaya Kota Padang dan Peringkat Provinsi pada 10 November 2022. Saat ini sedang proses untuk menjadi Cagar Budaya Peringkat Nasional, untuk selanjutnya akan dilakukan pengurusan sebagai situs warisan budaya dunia dari UNESCO.

Pabrik Indarung I didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada 18 Maret 1910 dan PLTA Rasak Bungo tahun 1908. Sejak resmi berhenti beroperasi pada 1999, pabrik semen yang berada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat itu telah memproduksi jutaan ton semen untuk memenuhi kebutuhan semen di dalam negeri hingga luar negeri.

Tercatat sebagai pabrik semen pertama dan tertua di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Pabrik Indarung I resmi dinasionalisasi oleh Pemerintah Indonesia pada 5 Juli 1958.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Lima desa di Bahorok jadi desa wisata 
Sabtu, 28 Januari 2023 - 16:11 WIB

Lima desa di Bahorok jadi desa wisata 

Elshinta.com, Plt Bupati Langkat Syah Afandin menghadiri acara inisilaturahmi antar kepala desa se K...
 Gunung Merapi jadi suguhan pemandangan di obyek wisata Langit Pitu
Rabu, 25 Januari 2023 - 14:07 WIB

Gunung Merapi jadi suguhan pemandangan di obyek wisata Langit Pitu

Elshinta.com, Boyolali Jawa Tengah memiliki potensi alam pegunungan luar biasa untuk mendukung sekto...
Tingkatkan ekonomi masyarakat, Desa Dukuh tambah obyek wisata baru 
Selasa, 24 Januari 2023 - 12:06 WIB

Tingkatkan ekonomi masyarakat, Desa Dukuh tambah obyek wisata baru 

Elshinta.com, Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah menambah obyek wisata...
Atlet Paralayang promosi potensi wisata paralayang Gorontalo Utara
Senin, 23 Januari 2023 - 21:12 WIB

Atlet Paralayang promosi potensi wisata paralayang Gorontalo Utara

Elshinta.com, Atlet Paralayang Gorontalo Septian Lamadlaw mempromosikan potensi wisata alam parala...
Wisata Bandung Selatan mulai pulih seperti sebelum pandemi
Senin, 23 Januari 2023 - 21:04 WIB

Wisata Bandung Selatan mulai pulih seperti sebelum pandemi

Elshinta.com, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung menyebut aktivitas pariw...
Kebun Bintang Taman Rimba Jambi dikunjungi 1.600 wisatawan
Senin, 23 Januari 2023 - 20:56 WIB

Kebun Bintang Taman Rimba Jambi dikunjungi 1.600 wisatawan

Elshinta.com, Kebun Binatang Taman Rimba Jambi dikunjungi 1.600 wisatawan selama dua hari libur Tahu...
Presiden Jokowi yakin Solo Safari bakal jadi destinasi wisata baru
Senin, 23 Januari 2023 - 16:15 WIB

Presiden Jokowi yakin Solo Safari bakal jadi destinasi wisata baru

Elshinta.com, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini Solo Safari, yang ia kunjungi bersama keluar...
Presiden Jokowi mengajak Jan Ethes dan La Lembah kunjungi Solo Safari
Senin, 23 Januari 2023 - 15:56 WIB

Presiden Jokowi mengajak Jan Ethes dan La Lembah kunjungi Solo Safari

Elshinta.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi memanfaatkan cuti bersama d...
PHRI sebut pencabutan PPKM jadi faktor okupansi meningkat pada Imlek
Senin, 23 Januari 2023 - 15:44 WIB

PHRI sebut pencabutan PPKM jadi faktor okupansi meningkat pada Imlek

Elshinta.com, Sekretaris Jendral Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Maulana Yusran mengatakan pe...
TMII tak menggelar acara khusus untuk sambut perayaan Imlek 2023
Minggu, 22 Januari 2023 - 18:08 WIB

TMII tak menggelar acara khusus untuk sambut perayaan Imlek 2023

Elshinta.com, Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak menggelar acara khusus untuk menyamb...

InfodariAnda (IdA)