Lonjakan trafik data KTT G-20 capai 59 persen 

Elshinta
Rabu, 30 November 2022 - 20:57 WIB | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Antara
Lonjakan trafik data KTT G-20 capai 59 persen 
Sumber foto: Eko Sulestyono/elshinta.com.

Elshinta.com - Telkomsel sukses menggelar infrastruktur jaringan telekomunikasi berteknologi terdepan, yang didukung beragam inovasi produk dan layanan terkini dalam menghadirkan pengalaman konektivitas digital selama perhelatan KTT G20 di Bali. Komitmen Telkomsel dalam mendukung presidensi Indonesia di G20 telah diwujudkan pada sejumlah rangkaian kegiatan G20 di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan demikian diharapkan dapat semakin membuka lebih banyak peluang bagi Indonesia untuk menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digitalnya kepada dunia, dengan mampu menghadirkan potensi transformasi ekosistem dalam berbagai sektor, sehingga mendorong peningkatan daya tarik investasi strategis global bagi Indonesia.

“Selama gelaran puncak KTT G20 13-17 November 2022 di Bali, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik layanan data lebih dari 59 persen,” kara Direktur Network Telkomsel, Nugroho seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Eko Sulestyono, Rabu (30/11). 

Pertumbuhan tersebut sejalan dengan upaya Telkomsel dalam memastikan hadirnya konektivitas digital berteknologi terdepan, dengan dukungan infrastruktur tambahan sejumlah 88 BTS 4G/LTE serta 39 BTS 5G yang menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan KTT G20, menggenapi total BTS yang mencapai lebih dari 7.800 unit di seluruh Provinsi Bali.

Untuk layanan 5G, trafik telekomunikasi Telkomsel juga mengalami peningkatan lebih dari 176 persen dibandingkan hari biasa. Pada gelaran layanan 5G di Bali yang salah satunya menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz, kecepatan download 5G Telkomsel mencapai 5,2 Gbps.

Ia mengaku bersyukur dapat memberikan kontribusi terbaiknya guna mendukung kelancaran kegiatan puncak acara KTT G20 di Bali. Kami mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan pemerintah melalui seluruh instansi kementerian dan pemangku kepentingan terkait, untuk berkolaborasi bersama dalam memastikan hadirnya akses konektivitas digital terdepan bagi seluruh delegasi G20 dari mancanegara yang hadir di Indonesia.

“Kami berharap dengan suksesnya gelaran forum internasional ini semakin membuka peluang pertumbuhan ekonomi melalui kolaborasi strategis tanpa batas, yang mengakselerasikan perubahan menuju masa depan dunia yang lebih baik,” jelasnya. 

Selain itu, dengan semangat mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital delegasi mancanegara sepanjang rangkaian kegiatan G20 di Indonesia, Telkomsel juga mencatatkan aktivasi kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist tumbuh mencapai lebih dari 50 persen dibandingkan hari biasa.

Produk unggulan tersebut telah dipercaya para perwakilan delegasi, termasuk awak media dari mancanegara untuk mendapatkan solusi konektivitas digital bernilai tambah. 

Terlebih dengan dukungan bonus kuota data/internet sebesar 25 GB dan kuota telepon lokal 25 menit, serta tambahan alokasi kuota data/internet 100 GB di jaringan 5G. Selama kegiatan KTT G20 di Bali, turis mancanegara yang menggunakan layanan international roaming Telkomsel juga meningkat hingga 24 persen.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan presidensi Indonesia untuk G20, sejak awal tahun Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35.000 BTS broadband, termasuk tambahan 190 BTS 5G dan mengoperasikan lebih dari 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) di sejumlah wilayah yang menggelar rangkaian kegiatan G20.

Rangkian kegiatan Digital Economy Working Group (DEWG) yang diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Labuan Bajo; Business 20 (B20) Summit yang diselenggarakan di Jakarta dan Bali; Youth 20 (Y20) Summit yang diselenggarakan di Palembang, Lombok, Balikpapan, Manokwari, dan Bandung; Energy Transitions Working Group (ETWG) dan Trade and Investment Working Group (TIWG) di Surakarta dan Labuan Bajo; Women 20 (W20) Summit di Likupang, Malang, Manokwari dan kawasan Danau Toba; Digital Transformation Expo (DTE) 2022 di Bali; hingga pelaksanaan puncak KTT G20 di Bali.

Telkomsel juga sukses menghadirkan showcase pemanfaatan teknologi 5G di sejumlah rangkaian kegiatan G20 dengan sejumlah use case, antara lain Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, Artificial Intelligence (AI) Robot, 5G in the box, Cloud Gaming, dan 5G Holographic Communications.

Seluruh rangkaian showcase pemanfaatan teknologi 5G yang dihadirkan menjadi bagian dari komitmen nyata Telkomsel dalam meningkatkan kepercayaan global bagi kapabilitas Indonesia, terutama dari negara-negara anggota G20.

Dengan demikian diharapkan dapat menjalin kerja sama holistis lintas sektor, sehingga dapat mendorong pertumbuhan nilai investasi yang lebih besar, yang akan mendukung Indonesia menjadi salah satu pusat investasi ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.

Ia mengucapkan selamat kepada pemerintah dan seluruh elemen bangsa yang telah memastikan kelancaran gelaran presidensi Indonesia untuk G20. Kesuksesan tersebut telah menunjukkan kapasitas dan kapabilitas Indonesia yang memiliki semangat sinergi, kolabarasi serta gotong royong yang selama ini menjadi salah satu kekuatan bangsa.

“Kami meyakini, penyelenggaraan presidensi G20 di Indonesia dapat menginspirasi komitmen nyata setiap negara anggota G20, sesuai dengan G20 Bali Leaders' Declaration," pungkas Nugroho.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Basarnas selamatkan KM Inka Mina berpenumpang 12 orang
Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:41 WIB

Basarnas selamatkan KM Inka Mina berpenumpang 12 orang

Elshinta.com, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) bersama Tim SA...
Pemerintah tambah kuota pemesanan SBR012 jadi Rp15 triliun
Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:11 WIB

Pemerintah tambah kuota pemesanan SBR012 jadi Rp15 triliun

Elshinta.com, Pemerintah menambah kuota SBR012-T2 dan SBR012-T4 dari sebanyak Rp10 triliun menjadi s...
Menkeu sebut hasil ekspor perlu terefleksi menjadi kenaikan cadangan devisa
Sabtu, 28 Januari 2023 - 08:11 WIB

Menkeu sebut hasil ekspor perlu terefleksi menjadi kenaikan cadangan devisa

Elshinta.com, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan Indonesia perlu menjaga agar hasil ek...
Pemkot Medan targetkan wajib retribusi sampah 250 ribu keluarga
Sabtu, 28 Januari 2023 - 07:45 WIB

Pemkot Medan targetkan wajib retribusi sampah 250 ribu keluarga

Elshinta.com, Pemerintah Kota Medan menargetkan wajib retribusi sampah pada 2023 meningkat menjadi 2...
Gunung Anak Krakatau erupsi 4 kali
Sabtu, 28 Januari 2023 - 07:33 WIB

Gunung Anak Krakatau erupsi 4 kali

Elshinta.com, Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, sejak tadi siang hingga malam i...
Pakar sebut Perppu Ciptaker solusi cegah kekosongan hukum hadapi resesi
Sabtu, 28 Januari 2023 - 07:21 WIB

Pakar sebut Perppu Ciptaker solusi cegah kekosongan hukum hadapi resesi

Elshinta.com, Pakar hukum tata negara di UNS Agus Riewanto menyatakan bahwa keberadaan Peraturan Pem...
BMKG prakirakan cuaca berawan terjadi di sebagian kota besar Indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023 - 06:57 WIB

BMKG prakirakan cuaca berawan terjadi di sebagian kota besar Indonesia

Elshinta.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca berawan terja...
BMKG ingatkan Aceh masih diguyur hujan dalam beberapa hari ke depan
Sabtu, 28 Januari 2023 - 04:55 WIB

BMKG ingatkan Aceh masih diguyur hujan dalam beberapa hari ke depan

Elshinta.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan hingga l...
360 hektare persawahan di Aceh Utara terendam banjir
Sabtu, 28 Januari 2023 - 04:33 WIB

360 hektare persawahan di Aceh Utara terendam banjir

Elshinta.com, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara mencatat seluas 360 hektare lahan pers...
Basarnas Manado kerahkan enam perahu karet evakuasi korban banjir
Sabtu, 28 Januari 2023 - 02:59 WIB

Basarnas Manado kerahkan enam perahu karet evakuasi korban banjir

Elshinta.com, Basarnas Manado mengerahkan enam perahu karet untuk melakukan evakuasi korban banjir d...

InfodariAnda (IdA)