Ini cara membuat makanan vegetarian yang enak dan menyenangkan

Elshinta
Senin, 30 Januari 2023 - 13:12 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan | Sumber : Elshinta.Com
Ini cara membuat makanan vegetarian yang enak dan menyenangkan
Sumber foto: https://bit.ly/3DkrBFJ/elshinta.com.

Elshinta.com - Menjadi seorang vegetarian berarti harus menghindari konsumsi segala jenis daging-dagingan, termasuk ayam, sapi, kambing, kelinci, bahkan ikan. Jadi, menu utama sehari-harinya adalah sayuran serta olahan berbahan nabati lainnya. Berbeda dengan vegan yang sama sekali tak boleh mengonsumsi produk hewani dan turunannya, vegetarian masih boleh mengonsumsi turunan produk hewani, seperti susu, telur, dan keju.

Ketika Anda terbiasa mengkonsumsi sayuran, nantinya akan membawa banyak dampak baik bagi tubuh dan kesehatan.

Meskipun harus menghindari daging, ternyata mengonsumsi hidangan ala vegetarian tak seburuk itu asalkan mampu mengkreasikan bahan serta bumbunya dengan baik agar tidak. Ini cara membuat makanan vegetarian yang enak tapi juga menyenangkan!

1. Siapkan Sayuran Segar

Cara membuat makanan vegetarian supaya rasanya enak, kunci utamanya adalah menggunakan bahan sayuran segar. Banyak sekali resep makanan vegetarian yang menggunakan bahan sayuran segar. Jika bingung, cek saja artikel-artikel memasak di inspirasi resep Lotte Mart.

Sayuran dalam kondisi segar kandungan masih terjaga karena belum terkontaminasi oleh bakteri maupun tercampur dengan benda asing apapun.

Meskipun sayuran tersebut masih dalam kondisi segar, sebelum mengolahnya sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Terutama jika bukan berasal dari hasil organik, bisa jadi tercampur dengan pestisida dan tanah.

Sayuran segar lebih menggugah selera dibandingkan yang sudah layu, sehingga saat memasaknya menjadi menu makanan apapun terasa lebih enak. Sayur segar tersebut nantinya dapat diolah sesuai keinginan, misalnya dibuat salad, ditumis, maupun dimasak berkuah.

Mencari sayuran dalam kondisi segar bisa diperoleh di pasar tradisional ketika pagi hari. Apabila tak memungkinkan, Anda bisa menemukan sayuran segar di LOTTE Mart dengan kualitas terbaik.

2. Tambahkan Rempah-rempah

Jika ingin mengolah menu hidangan sehari-hari ala vegetarian yang enak dan menyenangkan, jangan lupa menambahkan rempah-rempah. Adanya rempah mampu memberikan aroma khas sekaligus memperkuat cita rasa masakan tersebut.

Contoh rempah yang dapat digunakan untuk memberikan aroma pada, antara lain jahe, lengkuas, daun salam, serta bawang-bawangan. Selain itu, tambahkan pula ketumbar, kunyit, dan aneka bahan masakan lainnya untuk menambah cita rasa masakan agar rasanya lebih sedap serta menggugah selera makan.

Tidak hanya sebagai penambah aroma dan rasa, rempah-rempah ternyata juga bagus bagi kesehatan tubuh. Sebab manfaat rempah adalah untuk menjaga kesehatan saluran cerna, sebagai antioksidan, serta memberikan tambahan gizi seperti vitamin, mineral, dan lainnya.

3. Beri Garam dan Bumbu Lainnya

Meskipun menjadi seorang vegetarian, Anda tetap boleh menggunakan garam maupun bumbu lainnya pada masakan. Tanpa garam dan bumbu, hidangan terasa lebih hambar bahkan mungkin kurang menggugah selera.

Ini juga berlaku bagi yang ingin melangsungkan diet vegetarian sehat tapi tak ingin rasa hidangannya terlalu hambar, bisa menambahkan garam dan bumbu secukupnya saja. Asalkan tidak diberikan secara berlebihan setiap harinya, mengonsumsi garam tidak mengganggu kesehatan.

Kombinasikan berbagai macam bumbu dengan takaran yang pas ke dalam masakan, lalu ratakan. Berikan bumbu ketika sedang proses memasak agar dapat meresap secara sempurna.

4. Kombinasikan dengan Aneka Saus

Selain perbumbuan, mengombinasikan olahan sayuran dengan saus tak kalah lezat. Jenis saus yang dapat digunakan pun macam-macam, menyesuaikan olahan sayuran seperti apa yang akan dibuat. Misalnya ingin membuat tumis tahu, Anda dapat memakai saus tiram maupun tomat sesuai selera.

Saus pun dapat dijadikan sebagai dressing salad segar, misalnya thousand island, mayones, ataupun yang dikreasikan sendiri. Jadi selain menambah rasa pada sajian ala vegetarian, menambahkan saus mampu meningkatkan selera makan.

Anda juga dapat mengombinasikan menu sayuran apapun dengan saus buatan sendiri yang rasanya lezat tapi juga mengenyangkan. Misalnya membuat saus jamur lalu disandingkan bersama pasta, kentang, roti, dan asparagus panggang. Sudah pernah mencobanya?

5. Tak Ada Salahnya Memanggang Sayuran

Ingin tahu cara membuat masakan vegetarian yang lezat tapi tidak membosankan? Cobalah memanggang sayuran, sebab dapat menghasilkan aroma khas serta rasa yang lebih unik! Beberapa jenis sayuran dapat dipanggang lalu memberikan aroma sedap, misalnya asparagus, wortel, bawang, jagung, dan sebagainya.

Ternyata, mengonsumsi sayuran panggang lebih sehat dibandingkan memasaknya memakai banyak air karena nutrisinya banyak berkurang. Meskipun lebih lezat dan lebih rendah kalori karena dipanggang, namun pastikan proses memanggangnya tidak terlalu lama agar tidak menghilangkan kandungan gizi dalam sayuran tersebut.

Menariknya lagi, beberapa jenis gizi dalam sayuran ternyata bisa semakin meningkat ketika dipanggang. Contohnya adalah wortel, kandungan karotenoid di dalamnya bisa bertambah jika dipanggang.

6. Pakai Lemak Nabati

Tidak selamanya lemak itu jahat, justru beberapa jenis lemak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh agar tetap sehat sekaligus seimbang. Anda dapat mengonsumsi lemak nabati supaya lebih sehat, contohnya buah alpukat, biji-bijian/kacang-kacangan, olive oil, minyak kelapa, dan sebagainya.

Selain sebagai penyeimbang nutrisi untuk tubuh, lemak juga mampu memberikan aroma pada banyak sajian, sehingga makan pun jadi semakin lahap. Contohnya adalah menambahkan olive oil untuk memanggang sayuran, lalu minyak sawit dan kelapa untuk memasak sayur tumis maupun berkuah.

Selain dalam bentuk minyak, jenis lemak nabati yang menyehatkan untuk para vegetarian, antara lain buah alpukat, selai kacang, dark chocolate, chia seeds, dan kacang-kacangan. Mengkonsumsinya tak hanya menyehatkan, tetapi juga mampu membuat perut kenyang lebih lama, bahkan dapat dijadikan alternatif pengganti lemak hewani.

7. Pakai Protein Nabati

Supaya nutrisi tubuh dapat terpenuhi secara seimbang, jangan lupa menambahkan protein. Apabila Anda seorang vegetarian, pakailah protein nabati seperti olahan kedelai (tahu, tempe), edamame, brokoli, bayam, alpukat, chia seeds, serta olahan dari biji-bijian atau kacang-kacangan lainnya.

Sebagai seorang vegetarian, memperoleh sumber protein tidak hanya dari daging-dagingan. Alternatifnya bisa diperoleh dari macam-macam olahan tumbuhan dan biji-bijian, misalnya roti gandum, tahu, tempe, pasta kacang merah, rolled oats, kacang panggang, buah, bahkan sayuran.

Fungsi protein adalah untuk membantu membentuk jaringan tubuh yang rusak, mengontrol kadar gula darah, peningkatan fungsi hormon insulin, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga membantu mengontrol berat badan. Tak hanya itu, mengonsumsi protein nabati juga mampu menjaga kesehatan saluran cerna karena kaya akan serat.

8. Kombinasikan dengan Karbohidrat untuk Menambah Gizi

Meskipun sedang menjalani diet vegetarian, jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat karena merupakan sumber energi bagi tubuh. Mengombinasikan konsumsi sayuran dengan karbohidrat fungsinya juga untuk menyeimbangkan gizi.

Adapun manfaat karbohidrat lainnya selain sebagai sumber energi, yaitu memaksimalkan kinerja organ tubuh serta membuat perut kenyang. Tanpa konsumsi karbohidrat, badan jadi mudah lemas dan tidak bertenaga.

Sumber karbohidrat untuk dikombinasikan pada makanan vegetarian, misalnya kentang, roti gandum, pasta, roti tawar, oats, sorghum, nasi, jagung. Kombinasikan bahan tersebut dengan sayuran lalu diberi bumbu supaya lebih sedap rasanya.

9. Plating Hasil Masakan secara Menarik

Cara membuat makanan vegetarian jadi lebih enak sekaligus menyenangkan, tak ada salahnya melakukan plating pada hasil masakan. Plating hidangan secara menarik ternyata mampu membangkitkan selera makan, sebab sajian jadi terlihat lebih cantik.

Banyak cara plating menarik yang dapat dicoba. Banyak sekali inspirasinya di internet yang dapat dicontoh.

10. Lihat Inspirasi Resep di Internet

Selain melihat contoh plating yang menarik, supaya tidak cepat bosan memasak menu vegetarian, cobalah melihat inspirasi resep masakan vegetarian sehari-hari. Dengan begitu, memasak pun tidak terasa membosankan karena menunya tidak itu-itu saja.

Setelah melihat cara membuat menu vegetarian yang enak dan menarik seperti di atas, dijamin hari-hari sebagai vegetarian tidak terasa membosankan meskipun tak mengonsumsi daging-dagingan. Semoga tips ini bisa membantu, ya!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Mercure Batavia sajikan bubur syurbah legendaris khas Pekojan
Sabtu, 01 April 2023 - 22:25 WIB

Mercure Batavia sajikan bubur syurbah legendaris khas Pekojan

Elshinta.com, Semangkuk bubur hangat legendaris khas warga Timur Tengah di Kampung Pekojan, bubur sy...
Empat menu nusantara hadir di hotel bintang lima Jepang
Sabtu, 01 April 2023 - 12:15 WIB

Empat menu nusantara hadir di hotel bintang lima Jepang

Elshinta.com, Empat menu khas nusantara mulai dari Nasi Goreng, Tongseng Ayam, Ikan Kuah Kuning dan ...
 Indonesia Fair 2023: Nasi Goreng Kampung jadi menu utama di hotel termewah di Jepang
Sabtu, 01 April 2023 - 12:07 WIB

Indonesia Fair 2023: Nasi Goreng Kampung jadi menu utama di hotel termewah di Jepang

Elshinta.com, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Hotel Imperial Toky...
Caca Tengker jadi duta merek Ayam Kremes Pramesti
Sabtu, 01 April 2023 - 07:33 WIB

Caca Tengker jadi duta merek Ayam Kremes Pramesti

Elshinta.com, Caca Tengker yang memiliki nama lengkap Mega Marsha Tengker didapuk menjadi duta merek...
Pakar gizi bagikan tips membawa bekal yang sehat untuk mudik
Jumat, 31 Maret 2023 - 18:33 WIB

Pakar gizi bagikan tips membawa bekal yang sehat untuk mudik

Elshinta.com, Ahli gizi dr. Tan Shot Yen membagikan saran untuk pemudik yang ingin melakukan perjal...
Nasi Sultan, hidangan inspirasi Ramadan 1444 H
Selasa, 28 Maret 2023 - 07:39 WIB

Nasi Sultan, hidangan inspirasi Ramadan 1444 H

Elshinta.com, Suasana Ramadan tidak hanya semarak dengan kegiatan ibadah umat muslim, tapi seiring d...
Srikaya ketan takjil khas kesultanan yang paling diburu
Minggu, 26 Maret 2023 - 23:25 WIB

Srikaya ketan takjil khas kesultanan yang paling diburu

Elshinta.com, Srikaya ketan menjadi salah satu takjil era Kesultanan Palembang Darussalam yang palin...
Resep Brulee Bomb ala Masako
Minggu, 26 Maret 2023 - 12:19 WIB

Resep Brulee Bomb ala Masako

Elshinta.com, PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) baru-baru ini berpartisipasi dalam Adeging Pura Man...
Subway sediakan dua menu baru untuk rayakan Ramadhan
Minggu, 26 Maret 2023 - 09:43 WIB

Subway sediakan dua menu baru untuk rayakan Ramadhan

Elshinta.com, Memasuki bulan Ramadhan, Subway menawarkan menu baru yakni Breaded Chicken Strip dan T...
PYCH rangkul anak muda Papua jadi pengelola katering
Sabtu, 25 Maret 2023 - 15:21 WIB

PYCH rangkul anak muda Papua jadi pengelola katering

Elshinta.com, Papua Youth Creative Hub (PYCH) memaksimalkan potensi anak-anak muda Papua dalam penge...

InfodariAnda (IdA)