Resort tema `Glamping` pertama di Batu bisa jadi pilihan berlibur

Elshinta
Kamis, 16 Maret 2023 - 09:59 WIB | Editor : Novelia Tri Ananda | Sumber : Antara
Resort tema `Glamping` pertama di Batu bisa jadi pilihan berlibur
Oak Tree Resort Glamping yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. (ANTARA/Chairul Rohman)

Elshinta.com - Kota Malang yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki berbagai keistimewaan bagi para pelancong lokal maupun mancanegara yang ingin merasakan sensasi berlibur di kota yang terkenal dengan buah apelnya.

Objek wisata di kota dengan jarak tempuh 1,5 jam dari Malang itu banyak tersebar di berbagai lokasi. Daerah dengan iklim yang dingin karena terletak di dataran tinggi itu banyak menghadirkan berbagai penginapan untuk para turis yang berkunjung. Di kota itu terdapat penginapan berkonsep glamour camping (glamping) yang mesti dicoba oleh para pelancong. Oak Tree Glamping Resort yang terletak di Kota Batu, menyajikan konsep yang belum pernah ada sebelumnya di kawasan tersebut.

"Konsep yang mengedepankan glamping di Kota Batu, baru Oak Tree Resort saja sih sampai saat ini," kata Operation Manager Oak Tree Glamping Resort Frendi Adi Wibowo kepada awak media di Kota Batu, Malang, Selasa (14/3).

Resort yang mengedepankan konsep glamping ini terletak di tengah keramaian Kota Batu. Resort ini sangat cocok untuk digunakan oleh keluarga yang memang sengaja mencari ketenangan dari hiruk pikuk rutinitas sehari-hari.



"Kebanyakan kita masih didominasi family, kan memang market Batu masih family yah," ujar dia.
Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, Oak Tree Glamping Resort ini sudah dilengkapi dengan AC, TV, WiFi tanpa batas, dan juga teras pribadi untuk bersantai bersama dengan orang terkasih.

Untuk menambah kesan yang dekat dengan alam sebagaimana layaknya camping pada umumnya, resort ini menawarkan nuansa perdesaan yang dilengkapi dengan furnitur kayu di berbagai sudut kamar.

Tidak hanya itu, pengelola resort juga sudah menyediakan alat barbeque (BBQ) yang tersedia di setiap depan kamar. Meski begitu, para pengunjung tidak perlu repot lagi mencari bahan baku untuk dibakar. Hotel menyediakan secara gratis bahan bakunya, seperti jagung, kentang, dan juga sosis.

Pengunjung juga dapat memesan berbagai macam bahan baku lainnya, seperti ayam dan juga daging untuk diolah dalam alat panggang itu. Kedua bahan baku ini, bisa didapatkan dengan memesan terlebih dahulu kepada pihak resort dengan biaya tambahan. Oak Tree Glamping Resort memiliki berbagai area kebun sayur yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjungnya. Di sana, mereka bisa dengan leluasa memanen berbagai sayuran yang ditanam oleh pengelola secara gratis.

Sebagaimana kita ketahui bersama, wilayah yang berada di dataran tinggi ini memang terkenal dengan industri sayur mayurnya.
"Kami juga ada kebun, kalau waktu pas panen itu free untuk tamu. Jadi, sebelum check out kita persilakan untuk panen atau petik sayur, itu free nanti hasilnya bisa dibawa pulang sepuasnya," ucap dia.

Resort yang memiliki area outdoor cukup luas, Oak Tree Resort Glamping ini juga memiliki fasilitas bermain untuk anak yang cukup komplit, seperti play ground area dan juga kolam renang yang bisa dimanfaatkan.

Oak Tree Resort Glamping yang sudah berdiri selama empat tahun ini memiliki 26 kamar yang semau serupa. Lokasi resort ini juga berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti Batu Love Garden - BALOGA, Air Terjun Cobang Talun, Museum Angkut dan juga Jatim Park 1. Selain itu, kawasan wisata yang dekat dengan resort ini adalah area wisata Kaliwatu Rafting dan Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Pengunjung juga dapat mengunjungi Alun Alun Kota Wisata Batu dengan hanya menempuh perjalanan sekitar 9 menit.


Pemesanan digital

COVID-19 banyak membuat perubahan kebiasaan masyarakat dunia dan juga Indonesia khususnya, tren digital seolah tidak bisa dihindari dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari pembelian kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan wisata sekalipun.

Dicabutnya larangan berkegiatan di luar ruangan oleh Pemerintah, membuat keinginan masyarakat untuk berlibur seolah tidak lagi bisa dibendung. Pemesanan melalui digital juga menjadi pilihan yang banyak dicari oleh konsumen.

"Kalau untuk pemesanan dari tiket.com memang cukup bagus sih di 2023 ini, naiknya cukup signifikan yang kami rasakan saat ini," kata dia.

Dia mengakui bahwa dengan hadirnya resort mereka di tiket.com membuat konsumen lebih mudah untuk melakukan reservasi. Frendy mengakui bahwa konsumen mereka tidak lagi repot untuk memesan langsung ke pihaknya.

"Cukup praktis memang kalau dari tiket.com, terlebih dengan dibantu promo juga kan sering tuh. Itu juga cukup membantu sekali," ucap dia.

Peningkatan yang signifikan memang benar terjadi. Frendy mengakui di hari biasa pihaknya yang biasa hanya menerima tamu untuk empat kamar. Kini, bisa mencapai 10 kamar yang dibantu oleh jasa tersebut.
Sebagaimana diketahui bersama, tiket.com sebagai Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia memang terus melakukan berbagai inovasi dan memberikan inspirasi liburan untuk turut mendukung akselerasi pemulihan industri pariwisata di Indonesia.

Bermacam tipe akomodasi bisa dipilih, tidak hanya hotel, tapi juga berbagai akomodasi lain yang masuk dalam jajaran Villa & Apartment di platform tiket.com.

Public Relation Sr. Manager, tiket.com, Sandra Darmosumarto mengatakan bahwa wisata domestik memang terus menjadi primadona bagi para turis. Berbagai objek wisata di Indonesia seperti tidak pernah kehabisan pesonanya, mulai dari keindahan alam, keunikan budaya, hingga kulinernya, yang membuat kita ingin selalu kembali.

"Berbagai tempat yang dulu tergolong sebagai hidden gem wisata Indonesia, kini ramai dikunjungi wisatawan. Kami di tiket.com berupaya untuk terus memberikan inovasi dan inspirasi wisata bagi masyarakat agar terus mendorong pemulihan dan pertumbuhan sektor pariwisata," kata Sandra Darmosumarto.

Kota Batu, Jawa Timur, memang banyak menyajikan objek wisata yang beragam untuk keluarga. Selain itu, akomodasi yang menarik juga banyak ditemui di Batu, yang tentunya dilengkapi dengan pemandangan gunung yang indah juga udaranya yang sejuk.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Baca Juga

 
Rekomendasi rencana perjalanan sesuai estimasi budget untuk bulan Juni
Kamis, 01 Juni 2023 - 17:03 WIB

Rekomendasi rencana perjalanan sesuai estimasi budget untuk bulan Juni

Elshinta.com, Agen perjalanan daring (OTA) Agoda memberikan rekomendasi beberapa pilihan rencana per...
7 tempat wisata seru untuk dikunjungi saat akhir pekan
Kamis, 01 Juni 2023 - 16:31 WIB

7 tempat wisata seru untuk dikunjungi saat akhir pekan

Elshinta.com,
Gubernur Bali luncurkan edaran baru bagi wisatawan mancanegara
Rabu, 31 Mei 2023 - 21:23 WIB

Gubernur Bali luncurkan edaran baru bagi wisatawan mancanegara

Elshinta.com, Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan surat edaran terbaru mengenai kewajiban dan la...
Menparekraf sebut wisata petualangan dapat dorong industri wisata
Selasa, 30 Mei 2023 - 23:34 WIB

Menparekraf sebut wisata petualangan dapat dorong industri wisata

Elshinta.com, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan wisata petualangan dap...
Fenomena embun upas muncul di Gunung Bromo Jatim
Selasa, 30 Mei 2023 - 21:55 WIB

Fenomena embun upas muncul di Gunung Bromo Jatim

Elshinta.com, Fenomena embun upas atau lapisan tipis es di atas permukaan padat muncul di kawasan Ta...
Situs geopark Indonesia masuk jaringan UNESCO mampu perkuat parekraf
Jumat, 26 Mei 2023 - 16:46 WIB

Situs geopark Indonesia masuk jaringan UNESCO mampu perkuat parekraf

Elshinta.com, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengataka...
Geopark Merangin resmi masuk dalam warisan dunia
Kamis, 25 Mei 2023 - 23:36 WIB

Geopark Merangin resmi masuk dalam warisan dunia

Elshinta.com, Geopark Merangin, Jambi resmi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG) atau wari...
Wamenparekraf: Event di daerah jadi magnet pariwisata
Rabu, 17 Mei 2023 - 21:56 WIB

Wamenparekraf: Event di daerah jadi magnet pariwisata

Elshinta.com, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meng...
Wisatawan padati kawasan masyarakat adat Badui
Senin, 15 Mei 2023 - 10:05 WIB

Wisatawan padati kawasan masyarakat adat Badui

Elshinta.com, Wisatawan dari sejumlah daerah di Provinsi Banten dan DKI Jakarta memadati kawasan mas...
Mencari pernak-pernik unik di Central Market Phnom Penh
Minggu, 14 Mei 2023 - 13:49 WIB

Mencari pernak-pernik unik di Central Market Phnom Penh

Elshinta.com, Berpetualang di negeri orang tentu tak terasa lengkap jika tidak mencari suvenir atau ...

InfodariAnda (IdA)