Kamis, 25 Mei 2017

Capai Target Peningkatan Ekspor, Kemendag Gandeng JICA

Rabu, 25 Februari 2015 20:10

Salah satu aktivitas di pelabuhan Tanjung Priok (Ist) Salah satu aktivitas di pelabuhan Tanjung Priok (Ist)
Ayo berbagi!

Kementerian Perdagangan makin intensif memperkuat segala lini guna mencapai target tiga kali lipat ekspor nasional. Salah satunya memanfaatkan kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Untuk meningkatkan kinerja ekspor sampai tiga kali lipat pada lima tahun ke depan, kita bisa memanfaatkan hasil-hasil kerja sama dengan JICA guna meningkatkan jejaring kemitraan. Ini sekaligus sebagai wujud komitmen antara pemerintah dan swasta dalam upaya peningkatan ekspor nasional," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Nus Nuzulia Ishak di kantor Kemendag, Jakarta, hari ini, Rabu (25/2).

Melalui Direktorat Jenderal PEN, Kemendag terus berkomitmen untuk menginisiasi dan memperkuat produk berdaya saing global bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam rangka peningkatan ekspor nonmigas. Ditjen PEN-JICA melakukan proyek peningkatan layanan Ditjen PEN.

Proyek ini terbagi menjadi lima working groups yang masing-masing memiliki tujuan yang saling berkaitan, antara lain peningkatan fungsi yang meliputi reformasi organisasi, informasi pasar, promosi ekspor, pengembangan produk, dan peningkatan jaringan/aliansi.

"Dengan adanya informasi pasar ekspor yang rinci, penguatan jaringan yang lebih luas, produk yang berkualitas dan promosi yang intensif, serta SDM ekspor yang profesional, maka aktivitas perdagangan internasional, khususnya ekspor, diharapkan akan meningkat sesuai dengan target yang diharapkan,” jelas Nus.

Menurutnya, ekspor diharapkan menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Itu sebabnya kebijakan dalam rangka peningkatan ekspor menjadi sangat strategis peranannya. "Oleh karena itu, penguatan fungsi Ditjen PEN sebagai focal point peningkatan ekspor nasional sangat dibutuhkan guna memperkuat nilai kompetitif ekspor Indonesia," ujar Nus.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar