Selasa, 20 Februari 2018

Pansus DRPD akan buka pendaftaran calon wakil Bupati Jayapura

Rabu, 18 November 2015 20:18

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awopitauw. Foto: Aman Hasibuan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awopitauw. Foto: Aman Hasibuan
Ayo berbagi!

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awopitauw mengatakan, pansus DPRD Kabupaten Jayapura akan mulai membuka pendaftaran Calon Wakil Bupati Jayapura untuk mengantikan Almarhum Roberth Djoenso pada hari Senin (23/11) setelah dewan, Selasa (17/11) kemarin menerima SK pemberhentian Wakil Bupati Jayapura dan dua nama calon Wakil Bupati Jayapura yang sudah diajukan tim koalisi pemenangan Mairo.

“Memang tim koalisi pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura kemarin telah menyerahkan dua nama ke DPRD sebagai calon Wakil Bupati. Dua nama yang diserahkan itu yakni Giri Wijayanto dan Isak Felle. Meskipun nama itu sudah diserahkan ke DPRD, pansus tetap membuka pendaftaran calon wakil bupati,” tegas Edison, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan, Rabu (18/11).

Ia mengatakan, sebelum membuka pendaftaran calon wakil bupati, pansus akan lebih dahulu melakukan melakukan koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri RI dan Kementerian Hukum dan HAM RI untuk memastikan partai pengusung ini apakah masih terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

“kalau partai pengusung ini masih terdaftar, maka  mereka punya kewenangan mengusulkan dua nama calon Wakil Bupati Jayapura. Dan dua nama ini yang diserahkan ini sudah resmi, tinggal mengikuti tahap-tahapan selanjutnya,”katanya.

Setelah pansus dewan melakukan koordinasi dengan Mendgari, Kemnhumkam, KPU Papua, KPU Kabupaten Jayapura dan Pemerintah setempat untuk membahas tata cara perekrutan Wakil Bupati, maka pansus sudah bisa membuka pendaftaran secara resmi di DPRD,

“Kita harapkan proses pendaftaran ini bisa diselesaikan bulan November 2015 ini. Karena kami targetkan sebelum tanggal 15 Desember 2015 proses penetapan Wakil Bupati Jayapura sudah bisa dilaksanakan. Kalau bisa penetapan Wakil Bupati Jayapura ini bisa lebih cepat dilakukan. Kalau bisa bulan Desember sudah dilantik wakil,” tuturnya.

Edison mengaku, dalam pemilihan wakil bupati ini, pansus dewan akan banyak melakukan koordinasi dengan Mendagri dan Menkumham, karena hal seperti ini baru terjadi di Kabupaten Jayapura.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar