Sabtu, 24 Februari 2018

Pertumbuhan ekonomi sektor perikanan dan kelautan ditargetkan capai 12 persen

Kamis, 19 November 2015 18:11

Ayo berbagi!

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berharap pertumbuhan ekonomi sektor perikanan dan kelautan di Indonesia dapat menyentuh angka 12%. “Kita harus tumbuh 12 persen. Tidak bisa tumbuh di bawah 12 persen lagi. Kalau ini tidak terjadi, bangsa ini saat tua tidak memiliki apa-apa dan akan kelimpungan,” ujar Susi, di kantornya, Jakarta.

Menteri Susi mengatakan bahwa saat ini secara demografi, Indonesia sudah mulai beranjak tua. Dengan usia rata-rata sekitar 30-40 tahun saat ini. Kondisi ini membuat Indonesia hanya memiliki waktu sekitar 25-35 tahun untuk memasuki usia tua.

Jika tidak ingin memiliki utang di masa tua tersebut, maka pertumbuhan ekonomi harus di atas 12 persen. Karena saat Indonesia berusia tua maka sudah tidak produktif lagi sehingga semuanya akan mulai berkurang, termasuk sumber daya.

Pertumbuhan tersebut, lanjut Susi, hampir tidak mungkin diperoleh dari pertanian karena banyaknya lahan persawahan yang sudah beralih fungsi. Sementara pertumbuhan dari sektor kehutanan semakin sulit karena hutan kini sudah banyak terbakar. Apalagi mining (pertambangan)yang tidak dapat diperbaharui dan kini statusnya sudah hampir habis.

“Satu-satunya yang memungkinkan pertumbuhan 12 persen ini ya dari sektor perikanan laut dan budidaya. Ini semua masih terus diperbaharui karena ikan akan beranak dan bertelur (berkembang biak). Jika pengelolaannya salah, ya habis juga,” tuturnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar