Minggu, 22 Oktober 2017

3 cara mudah cerahkan lipatan kulit

Jumat, 25 Desember 2015 01:21

Ayo berbagi!

Setiap orang memiliki lipatan pada bagian tubuh mereka.  Daerah lipatan kulit tersebut cenderung berwarna hitam. Menurut dr. Adelina Veronica, dokter Kecantikan Kulit, perubahan warna hitam pada bagian lipatan kulit tersebut terjadi karena terlalu banyak penumpukan sel-sel kulit mati. Hal tersebut disebabkan oleh rasa gatal akibat kelenjar minyak keluar terlalu banyak. 

"Hal tersebut menyebabkan jamur yang membuat gatal, kemudian digaruk sehingga menimbulkan infeksi dan lama-kelamaan warna kulit di daerah lipatan, termasuk lipatan di perut menjadi lebih gelap,"tuturnya kepada Jitunews.com di Tangerang Selatan, baru-baru ini. 

Selain itu, penyebab lainnya adalah pemakaian bahan-bahan kimia yang tidak sesuai dengan tubuh sehingga menyebabkan warna kulit menjadi berubah lebih gelap. Pada umumnya yang sering mengalami masalah pada lipatan kulit adalah mereka yang bertubuh gemuk. 

Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Lakukan cara sederhana dengan menjaga kebersihan kulit di daerah lipatan secara rutin agar tidak mudah terinfeksi akibat bakteri. Caranya saat mandi bersihkan daerah lipatan dengan menggosok perlahan-lahan hingga bersih. Setelah bersih, keringkan permukaan kulit dengan menggunakan handuk yang bersih dan kering. Sebaiknya tidak menggunakan handuk basah atau lembab karena akan membuat proses pertumbuhan bakteri lebih banyak dan akan menempel pada kulit. Sebaiknya menjaga kebersihan kulit dilakukan secara rutin setiap hari. Pasalnya, proses menghilangkan kulit menghitam di daerah lipatan tidak mudah, apalagi jenis kulit setiap orang berbeda-beda.

2. Melakukan treatment modern seperti treatment peeling. Pilih peeling dengan kandungan ekstrak buah-buahan dan AHA (alpha hydroxy acid). Dengan rutin melakukan peeling sebulan sekali, maka kulit hitam pada lipatan perut akan memudar dan hilang.

3. Menggunakan bahan-bahan alami seperti kapur sirih, jeruk nipis, lemon, bengkuang dan lidah buaya, yang ditempelkan pada daerah lipatan kulit seperti perut. 

Meski sudah melakukan cara sederhana, modern ataupun dengan bahan-bahan alami untuk menghilangkan masalah kulit menghitam di daerah lipatan, sebaiknya perhatikan busana yang digunakan. 

"Pilih busana yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Untuk menjaga kebersihan kulitnya, jika kulit sudah berkeringat sebaiknya dilap dengan kain bersih atau segera berganti busana,"pungkasnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar