Minggu, 30 April 2017

Pengelolaan finansial yang tepat untuk startup

Sabtu, 19 Desember 2015 04:44

Pentingnya melakukan pengelolaan keuangan yang tepat untuk startup / Shutterstock Pentingnya melakukan pengelolaan keuangan yang tepat untuk startup / Shutterstock
Ayo berbagi!

Setiap usaha yang dijalankan jika tidak bisa melakukan perhitungan serta pengelolaan finansial yang tepat tentunya akan berakhir dengan kebangkrutan. Begitu pula dengan perusahaan rintisan, terutama bagi Anda para Founder yang berasal dari latar belakang engineer atau teknik yang secara umum tidak terlalu biasa dalam hal pengelolaan keuangan. Jika tidak dikelola dengan baik dapat mempengaruhi kebiasaan pegawai dan tentunya akan menghambat target pencapaian perusahaan.

Tips DailySocial berikut ini akan membahas kebiasaan yang kerap dilakukan di perusahaan rintisan dalam hal pengelolaan keuangan, terutama jika saat ini startup milik Anda baru saja mendapatkan pendanaan dalam jumlah yang besar. Jika tidak dikelola dengan benar, produk yang menjanjikan milik startup Anda tidak akan mampu berkembang karena kesalahan dalam hal pengelolaan finasial. Seperti yang ditulis dalam halaman Medium-nya Ben Horowitz, seorang venture capitalist dan co-founder VC ternama Andreessen Horowitz.

Penambahan jumlah pegawai

Isu yang satu ini merupakan masalah yang biasa terjadi di sebuah perusahaan rintisan yang sedang dalam tahap pertumbuhan, seorang Founder akan bertanya kepada jajaran manager-nya berapa jumlah tim yang dibutuhkan? Apakah ingin menambah anggota tim? tim ahli dan lainnya? Jawabnnya tentu saja YA, karena dengan semakin banyaknya anggota tim di sebuah divisi, semakin memperkuat posisi dari manager tersebut di perusahaan.

Bonus

Kesalahan lain yang wajib dihindari oleh perusahaan rintisan adalah, menentukan target dan memberikan bonus kepada pegawai. Jika startup Anda saat ini belum memiliki banyak pegawai, tentunya tidak akan terlalu berpengaruh kepada finansial jika target tercapai, namun bagaimana jika perusahaan rintisan Anda memiliki jumlah pegawai lebih dari 200 – 500 orang? Hal tersebut tentunya akan menjadi pengeluaran tambahan yang besar jumlahnya.

Baca selengkapnya di DailySocial

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar