Kamis, 30 Maret 2017

Startup yang layak diinvestasi venture capital

Senin, 28 Desember 2015 04:12

Poin-poin ini perlu menjadi perhatian penting penggiat startup yang mencari investasi eksternal / Shutterstock Poin-poin ini perlu menjadi perhatian penting penggiat startup yang mencari investasi eksternal / Shutterstock
Ayo berbagi!

Dalam mengembangkan bisnisnya, startup juga bisa mendapatkan tambahan tenaga dari para investor. Ada beragam jenis investor, dan venture capital (VC) adalah salah satu jenis investor tersebut. Dengan pengalaman saya di Ideosource Venture Capital, saya bisa menarik benang merah tentang startup seperti apa yang layak diinvestasi oleh VC seperti kami. Tentu saja ada perbedaan antara VC satu dengan yang lain, dan tidak semua bisnis (yang bagus) cocok dengan pendanaan VC.

Real Problems, Big Market, Executable Solutions

Startup yang bagus harus mencoba memecahkan masalah yang nyata dan dialami oleh market yang besar. Solusi yang mereka siapkan haruslah masuk akal, dan juga terbukti memang solusi yang tepat. Saya pernah membahas hal ini di tulisan saya yang lain.

Sustainable, Scalable

Ini adalah syarat yang tak kalah pentingnya untuk sebuah startup akan menarik bagi VC.

Sustainable artinya bisnisnya berkelanjutan, akan berumur cukup panjang, dan bukan musiman. Bisnis yang hanya ada di musim durian, di musim pendaftaran mahasiswa baru, atau yang hanya akan bertahan 1-2 tahun ke depan adalah contoh bisnis yang tidak sustainable.

Sementara itu, scalable artinya bisnis tersebut bisa tumbuh hingga mencapai skala yang besar, namun prediksi pertumbuhancost-nya lebih landai daripada pertumbuhan pendapatannya (di masa kini ataupun di masa depan). Sebagai contoh, bisnis yang berbasis project bukanlah bisnis yang scalable, karena cost bertumbuh sejajar dengan besarnya revenue yang (akan) didapat.

Baca selengkapnya di DailySocial

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar