Minggu, 24 September 2017

Presiden Jokowi :

Lembaga pemerintah harus terbuka guna bangun kepercayaan masyarakat

Selasa, 15 Desember 2015 14:10

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa
Ayo berbagi!

Dalam pidato sambutannya di acara pembukaan informasi publik yang digelar Selasa (15/12) di Istana Negara Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menginstruksikan kepada semua lembaga pemerintahan di tingkat pusat dan daerah untuk segera menerapkan pemerintahan. Dengan keterbukaan tersebut, diharapkan dapat membangun legitimasi publik dan dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses pengambilan kebijakan.

Seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Bayu Istiqlal, Presiden Jokowi menyatakan, di era baru yang penuh perubahan rakyat menginginkan transparansi dan keterbukaan informasi dalam hubungan pemerintah dan masyarakat. "Jadi lembaga pemerintah diharapkan bisa interaktif, diolog, dan responsif," ujarnya.

"Lembaga pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga daerah, BUMN, Perguruan Tinggi, maupun institusi yang terkait lainnya, harus segera berubah ke pemerintahan yang terbuka," tegasnya.

Menurut Jokowi, dengan pemerintahan yang terbuka diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam proses kebijakan publik dan juga dapat melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang berjalan.

Pemerintah terbuka, lanjut Jokowi, dapat membangun legitimasi, kepercayaan publik, dan juga pemerintahan terbuka tidak hanya dapat membuat perubahan karakter tapi juga dapat membangun perubahan mentalitas, pola pikir di kalangan birokrasi dan badan publik, dan juga reformasi sistem pemerintahan e-Goverment.

"Pemerintah menyediakan informasi teraktual, kebijakan baru, dan juga hal-hal lain yang telah dibuat pemerintah," tambah Jokowi. 

Jokowi juga mengingatkan agar lembaga pemerintah berhati-hati mengingat dengan adanya keterbukaan global dalam sistem birokrasi pemerintahan di Indonesia tahun 2018 maka tindakan apapun yang menyimpang yang dilakukan lembaga pemerintah tidak bisa ditutup-tutupi lagi.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar