Sabtu, 25 November 2017

BPBD Lebak tetapkan status Siaga 1 bencana alam

Selasa, 15 Desember 2015 16:06

Ayo berbagi!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menetapkan status Siaga I bencana alam sehubungan curah hujan deras disertai angin kencang.

"Kami hari ini menerima laporan sebanyak tujuh rumah di Desa Penyaungan Kecamatan Panggarangan rusak akibat angin puting beliung," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, saat dihubungi di Lebak, Selasa (15/12).

Selama ini, kata dia, intensitas curah hujan cenderung meningkat dan berlangsung antara dua sampai lima jam yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

Hujan kapasitas ringan dan sedang disertai tiupan angin berpeluang siang, sore hingga malam hari.

Kewaspadaan banjir dan longsor itu karena permukaan Sungai Ciujung mulai meningkat.

"Kami mengingatkan warga yang tinggal di daerah aliran sungai agar waspada," katanya.

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan peralatan evakuasi, relawan dan logistik, termasuk obat-obatan agar para korban bencana dapat ditangani dengan baik.

Peralatan kebencanaan itu antara lain perahu motor,mesin gergaji, pelampung, tenda, kendaraan operasional juga mobil dapur.

Selain itu juga berkoordinasi dengan TNI, Polri, Tagana, PMI, Dinas Bina Marga, Dinas Kesehatan, Orari, Pers, aparat kecamatan dan masyarakat.

"Kami berharap dengan koordinasi ini dapat mengoptimalkan pelayanan resiko pengurangan kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," katanya.

Koordinator Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak Aan Wiguna mengatakan pihaknya telah mendirikan posko banjir di sejumlah titik di daerah rawan banjir karena curah hujan meningkat.

Jumlah anggota relawan Tagana tercatat 228 personel yang tersebar di 28 kecamatan.

"Relawan Tagana Lebak selalu siap 24 jam dalam memberikan bantuan pertolongan kepada warga yang tertimpa musibah," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar