Selasa, 26 September 2017

Tips Memulai Bisnis Travel Agent Bersama Via.com

Kamis, 05 Maret 2015 22:17

Ayo berbagi!

Membuka travel agent saat ini memang bisa menjadi suatu peluang usaha bisnis yang semakin menjanjikan apalagi kebutuhan akan transportasi pada saat ini memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat pada umumnya.

Kebutuhan transportasi yang nyaman dan lancar dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin membuat orang semakin sadar akan berbagai pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk mempermudah segala urusan terutama dalam perjalanan menuju sebuah tempat.

Dengan alasan-alasan tersebut, masyarakat pasti membutuhkan travel agent yang bisa menjadi solusi dengan menawarkan berbagai pilihan dan paket sesuai dengan keinginan pelanggan. Bagi anda yang ingin menekuni bisnis tour dan travel, berikut adalah 5 tips bagi Anda yang ingin memulai membuka usaha travel agent dari Via.com Indonesia

1. Tak perlu Modal Besar

Untuk memulai bisnis agen travel sebenarnya tidak perlu modal yang terlalu besar. Saat ini, Anda bisa menjadi subagent dari travel agent ternama dan memanfaatkan akses Internet, telepon, komputer, dan printer maka Anda sudah bisa menjadi travel agent.

Dengan menjadi subagent dan memanfaatkan akses internet dan telepon serta komputer, seseorang sudah bisa menghasilkan layanan tiket pesawat online semua maskapai penerbangan, online booking hotel di seluruh Indonesia, bahkan dunia layaknya travel agen besar.

Anda juga tidak perlu repot-repot mengurus segala macam perizinan yang akan memerlukan waktu yang lama dan akan membuat waktu Anda. Dengan menunggu perizinan tersebut, Anda malah akan ketinggalan dari para pesaing dan akan membuat Anda kehilangan calon pembeli potensial Anda. Selain itu, untuk menjadi travel agent resmi, anda membutuhkan modal yang cukup besar dibandingkan dengan sub agent travel ternama.

Jika anda ingin mendirikan usaha travel dengan harga murah, anda bisa bergabung dengan Via.com Indonesia karena anda hanya membutuhkan modal 1 juta rupiah untuk bisa mendirikan usaha travel agent anda.

2. Inovasi

Jasa travel harus bisa membuat inovasi yang dapat menarik bagi calon klien mereka sehingga mereka tertarik dan mau menggunakan jasa travel yang Anda tawarkan. Anda bisa memberikan bonus yang tak terduga bagi pelanggan Anda yang akan membuat pelanggan Anda puas atau Anda bisa menawarkan paket-paket yang belum pernah dijual oleh travel agent lain.

Seperti paket ke tempat wisata yang unik sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada pelanggan Anda. Jika Anda berkerjasama bersama Via.com, Anda dapat menanyakan paket-paket yang menarik bagi pelanggan Anda oleh tim kami untuk memenuhi permintaan pelanggan yang beragam.

Dengan bergabung dengan Via.com, maka otomatis Anda dapat menjual beragam produk travel mulai dari tiket pesawat, hotel, dan juga paket liburan ke seluruh dunia. Dengan produk-produk terlengkap, Anda dapat mengejutkan pelanggan Anda dengan berbagai pilihan paket yang menarik.

3. Penentuan Segmen Pelanggan

Anda harus menentukan segmen pelanggan Anda dengan cermat agar apa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, serta kemampuan mereka. Misalnya, kalangan menengah ke atas tentu memiliki kemampuan lebih dari sekadar berjalan-jalan di dalam negeri.

Anda harus menawarkan sesuatu yang istimewa dan harus bisa memberikan pelayanan yang benar-benar baik dan sesuai dengan keinginan kalangan menengah ke atas. Hal ini tentu saja berbeda dengan pelanggan dari segmen kelas menengah ke bawah. Bagi mereka, harga termasuk faktor yang menentukan.

Kalau menargetkan orang-orang dari kalangan ini, Anda harus jeli menawarkan harga. Mereka pasti akan bertanya alasan adanya selisih harga antara apa yang Anda tawarkan dengan yang biro perjalanan lain tawarkan.

Apabila Anda bisa memberikan alasan yang masuk akal dan memuaskan, niscaya pelanggan akan lebih memilih Anda. Tentukan harga sesuai dengan segmen pelanggan dengan mudah bersama Via.com Indonesia. Anda dapat dengan mudah mengubah harga tiket dari sistem Via dengan fitur mark up tiket sesuai dengan segmentasi pelanggan Anda.

4. Pemasaran

Promosikan bisnis tour & travel agen yang sedang anda bangun saat ini melalui online dan offline. Online dapat dilakukan dengan cara membuat website, memasang iklan pada direktori bisnis, iklan baris dan pada forum-forum travel di dunia maya.

Anda juga bisa memperluas pemasaran hingga dapat menjangkau wisatawan international dengan cara menggunakan jaringan internet untuk dapat memasarkan paket wisata yang dimiliki oleh biro jasa tour & travel anda.

Agar pasar anda tidak terbatas pada wisatawan lokal saja. Sedangkan untuk pemasaran offline, Anda bisa memasang iklan pada media cetak, menyebarkan flyer, membuat brosur dan promosi lainnya.

Dengan bergabung di Via.com, Anda akan mendapatkan berbagai promo yang dikirimkan melalui email Anda sehingga Anda dapat dengan mudah membuat flyer untuk mempromosikan travel Anda sesuai keinginan Anda. Cukup ubah promo dari kami dan jadi promo tersebut sebagai promosi usaha Anda.

5. Pelayanan

Berikan pelayanan dan kesan yang baik kepada pelanggan Anda karena pesaing Anda juga memberikan penawaran dengan harga yang kompetitif. Jika anda melayani secara baik, pelanggan anda akan merasa puas dan akan merekomendaskan kepada teman-temannya. Tentu saja ini akan menjadi iklan positif dan gratis untuk usaha anda.

Namun, sebaliknya jika Anda mengecewakan pelanggan Anda maka pelanggan Anda bisa jadi pelanggan anda akan berpaling dari usaha anda dan bisa memberikan komentar yang buruk mengenai usaha anda. Untuk memberik pelayanan yang baik, anda harus menempatkan usaha travel anda sebagai konsultan dan memberikan berbagai opsi dan solusi kepada calon konsumen.

Kemampuan berkomunikasi dan pemahaman detail terhadap item yang sering ditanyakan konsumen mutlak harus dikuasi oleh anda. Kehilangan calon pembeli tentunya bukanlah menjadi pilihan yang ingin anda pilih.

Dengan customer care 24 jam dari Via.com Indonesia, anda dapat menanyakan hal apa saja yang berkaitan dengan usaha travel anda sehingga anda dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan anda. Jangan biarkan pelanggan anda kabur hanya karena keterlambatan informasi ataupun kurangnya pemahaman terhadap usaha travel. Anda tinggal menghubungi kami dan kami akan menjawab seluruh keluhan pelanggan anda.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar