Kamis, 18 Januari 2018

Masyarakat diminta waspadai penyakit DBD

Senin, 04 Januari 2016 07:23

Ilustrasi. Foto: Elshinta.com Ilustrasi. Foto: Elshinta.com
Ayo berbagi!

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan agar masyarakat setempat waspada bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) seiring datangnya musim hujan di daerah itu.

"Intensitas hujan mulai meningkat yang akan berdampak juga pada meningkatnya jumlah nyamuk, termasuk nyamuk jenis aedes aegypti, untuk itu kami mengimbau agar masyarakat bisa meningkatkan kepedulian dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat," kata Kepala Bidang Promosi Kesehatan dan Bina Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Muntok, Minggu (03/01).

Berdasarkan data jumlah kasus pada tahun-tahun sebelumnya, kata dia, penderita penyakit DBD akan meningkat pada saat memasuki musim penghujan dan akan mencapai puncaknya pada Januari dan Februari.

Menurut dia, peningkatan jumlah kasus tersebut berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah nyamuk aedes aegypti, yaitu jenis nyamuk yang dapat membawa atau menjadi perantara virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

"Salah satu cara paling efektif untuk menekan perkembangbiakan nyamuk yaitu dengan melakukan tiga M atau menguras, menutup, mengubur benda yang bisa menampung atau menimbulkan genangan air yang biasa dijadikan tempat berkembang biak nyamuk," ucapnya.

Menurut dia, pola itu bisa diikuti dengan menghindari kemungkinan terkena gigitan nyamuk, seperti tidur menggunakan kelambu, penggunaan obat nyamuk dan lainnya.

"Selain itu usahakan badan tetap sehat dan daya tahan tubuh prima dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam tiga bulan terakhir jumlah penderita positif DBD di daerah itu mencapai 27 kasus, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tiga bulan sebelumnya yang hanya ditemukan sebanyak 10 kasus.

Menurut dia penyakit demam berdarah cukup ganas dan berbahaya, untuk itu masyarakat harus mampu mengenali dan mengetahui cara-cara mengendalian nyamuk dan ikut berperan membantu mengurangi persebaran penyakit demam berdarah. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar