Kamis, 19 Januari 2017

Mengintip aktivitas paranormal di kastil Romania - bagian I

Jumat, 12 Februari 2016 13:01

Ilustrasi Puri berhantu di Romania (sumber: Ancient Origins) Ilustrasi Puri berhantu di Romania (sumber: Ancient Origins)
Ayo berbagi!

Romania memiliki banyak pemandangan indah dan tempat menarik untuk dikunjungi. Diantaranya merupakan tempat-tempat yang bahkan cukup menakutkan. Berikut adalah enam tempat diantaranya yang konon terjadi aktivitas paranormal.

Puri Banffy: Rumah Sakit Nazi dan tempat permainan perang-perangan

Puri Banffy terletak di Bontida dan dibangun antara 1437 hingga 1543 oleh keluarga Banffy. Pada tahun 1944 kaum Nazi menjadikan tempat ini sebagai sebuah rumah sakit militer. Banyak orang yang meninggal selama masa itu hingga akhir Perang Dunia II. Setelah itu, kastil tersebut digunakan sebagai gudang penyimpanan dan dilakukan renovasi parsial.

Tempat ini dikenal akan kegiatan paranormalnya. Pemuda-pemuda setempat gemar melakukan aktivitas perang-perangan di dalam lokasi kastil. Oleh karena itu, banyak yang menjadi saksi mata kegiatan paranormal yang berlangsung. 

Image title

Puri Banffy di Bontida, Romania (sumber: Ancient Origins)

Ketika berumur sepuluh tahun, dua gadis setempat menemukan sebuah terowongan rahasia. Di satu ujungnya, terdapat kastil itu sendiri sementara ujung lainnya berakhir di sebuah gereja. Anak-anak banyak yang bermain di terowongan tersebut hingga akhirnya penduduk setempat memutuskan untuk menutupnya. Banyak anak-anak yang melihat sekumpulan kelelawar keluar dari terowongan padahal tidak terdapat kelelawar di sekitar wilayah itu. Puri dan lapangan di sekelilingnya konon dihuni oleh arwah-arwah yang tidak tenang dari mereka yang meninggal di situ ketika menjadi rumah sakit militer. Bayang-bayang seorang Nazi juga kerap ditemukan mengitari puri itu. 

Puri Bran: dikenal sebagai tempat investigasi paranormal

Kastil ini selesai dibangun pada tahun 1377 untuk tujuan militer. Seiring waktu, beberapa menara juga ditambahkan, dan pada tahun 1920 Ratu Maria memerintahkan renovasinya. Sebagai salah satu kastil paling dikenal di Romania, Puri Bran dikenal luas akan penampakan-penampakannya, serta investigasi oleh para ahli paranormal. 

Image title

        Puri Bran, Romania (sumber: Ancient Origins)

Penduduk lokal meyakini bahwa banyak arwah gentayangan di sekitar puri itu. Ada satu titik di dalam kastil dimana aroma bunga semerbak dari waktu ke waktu. Di antara arwah yang konon mendiami kastil ini adalah Vlad Drakula serta Ratu Maria. 

Puri Hunyadi: salah satu kastil yang paling dihantui di dunia

Sebagai lambang utama kota Hunedoara, Puri Hunyadi juga dikenal dengan nama Puri Corvin. Dibangun oleh Ioan de Hunedoara pada abad ke 15 sebagai tempat tinggal dengan tujuan strategis. Ada banyak mitos mengenai pembangunan tempat ini, antara lain tawanan Turki yang membangun air mancur di dalam puri. Kisahnya adalah mereka dijanjikan kebebasan namun setelah 15 tahun tetap diperbudak. Oleh karena itu, di bagian bawah air mancur, seorang diantara mereka mengukir "Yang menulis ini adalah Hasan, yang hidup sebagai tawanan di dalam kastil dekat gereja." 

Hingga hari ini, wisatawan Turki akan melempar koin ke dalam air mancur untuk mengingat rekan senegaranya yang menjadi korban pembangunan tempat ini. 

Image title

Kastil Hunyadi, Hunedoara, Romania (sumber: Ancient Origins)

Satu lagi legenda adalah mengenai Raja Sigismund dari Luxemburg yang mempunyai seorang putra dengan wanita dari kalangan rakyat jelata. Sang raja memberikan kekasihnya itu sebuah cincin untuk kemudian diberikan pada anak mereka ketika beranjak dewasa dan untuk mendatangi kastil itu. Namun satu hari seekor burung gagak mencuri cincin itu. Ioan dari Hunedoara membunuhnya dengan panah dan mengambil kembali cincin tersebut. Sang raja pun mendengar kisah ini, sehingga pada  lambang keluarga Hunyadi ditambahkan seekor gagak. 

Vlad Drakula juga pernah menjadi tawanan di puri ini. Ditahan di bawah ruang para ksatria, dia menderita dan bahkan harus memakan tikus untuk tetap hidup. Beberapa orang bahkan mengatakan dia menjadi gila pada masa itu, sehingga melahirkan legenda Drakula, sang penguasa yang haus darah. 

Image title

Kaca patri di Puri Hunyadi, Hunedoara, Romania (sumber: Ancient Origins) 

Bagian paling menarik dari kastil ini tetap merupakan hantu-hantunya. Tempat ini merupakan kastil yang paling banyak dihantui di seluruh dunia. Sosok bayangan hantu nampak dalam foto-foto dan arwah yang tidak tenang dipercaya gentayangan di lorong-lorong kastil. Ketika beberapa penjaga kastil ditipu oleh para turis untuk menginap di kastil itu, besoknya mereka ditemukan dalam keadaan memar dan ketakutan. Konon mereka disiksa oleh hantu yang marah. 

Bersambung ke bagian II...

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar