Rabu, 13 Desember 2017

Mendulang Rupiah Dari Dunia Maya, Pentingnya Memiliki Website

Sabtu, 14 Februari 2015 09:00

Show Room KarpetMurah.net d iJl. Wibawamukti No.62A Jatiasih, Bekasi. sumber: KarpetMurah.net Show Room KarpetMurah.net d iJl. Wibawamukti No.62A Jatiasih, Bekasi. sumber: KarpetMurah.net
Ayo berbagi!
Website sudah menjadi  kebutuhan dasar bagi hampir bisnis apapun saat ini. Bahkan website adalah pintu masuk ke dunia bisnis yang sangat murah dan cepat. Dulu orang harus memiliki modal puluhan bahkan ratusan juta untuk membuka suatu usaha. Modal tersebut terutama diperlukan bagi penyediaan stok barang dan penyewaan tempat usaha. Kini, dengan adanya website, keharusan memiliki stok dan tempat usaha bisa dikesampingkan bahkan dihilangkan sama sekali. Stok barang cukup digantikan dengan foto produk, sedangkan tempat usaha sudah digantikan oleh website itu sendiri. Begitu website selesai dibuat dalam hitungan hari, maka bisnis pun sudah langsung bisa dijalankan.

Kelebihan website di atas itulah yang rupanya banyak dimanfaatkan orang. Sebut saja sebuah bisnis jual beli karpet secara online yang sudah tergolong sukses yaitu KarpetMurah.net. Usaha yang dimulai sejak bulan Maret 2011, dalam waktu kurang dari tiga tahun sudah mencetak omset milyaran rupiah per tahun dengan modal awal yang sangat kecil, hanya ratusan ribu rupiah.

Awalnya usaha ini hanya menggunakan forum-forum di internet sebagai media penjualan. Enam bulan pertama penjualan berjalan lambat, hingga di bulan ketujuh, tepatnya Oktober 2017 sang pemilik, Bapak Elfa memutuskan untuk menggunakan website dengan nama domain sendiri yaitu karpetmurah.net sebagai sarana pemasaran.

Dengan memiliki website, omset penjualan karpetnya secara perlahan mulai menunjukan peningkatan. Sampai akhirnya berani untuk menyewa ruko dan membeli mobil untuk membawa karpet pesanan ke pelanggan. Semua itu dilakukan dengan modal yang berkembang sendiri dari hasil usahanya tersebut. Tentu saja bersamaan itu juga dilakukan berbagai pembenahan di sana-sini, agar bisa memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan.


Untuk kebutuhan operasional website ini, awalnya KarpetMurah.net menggunakan layanan media penyimpanan website (hosting) di luar negeri. Layanannya pun cukup bagus, hanya saja harganya mahal. Setelah mengalami beberapa kendala, akhirnya sang pemilik menemukan jasa layanan hosting lokal di Indonesia yang bernama EazySmart.com. Dengan harga bersaing dan pelayanan baik website KarpetMurah.net berjalan mulus tanpa kendala.

Untuk meningkatkan mutu, KarpetMurah.net menggandeng beberapa pabrik karpet dan importir karpet untuk bekerja sama sehingga bisa memberikan produk karpet dengan harga terjangkau dan kualitas produk yang lebih baik. Meski demikian, banyak produk karpetnya yang juga ditujukan untuk melayani segmen masyarakat kelas atas bahkan hingga dipesan dan terpasang di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia.


Kisah-kisah sukses seperti di atas bukan hanya satu saja, tapi sudah ratusan dan mungkin ribuan orang di Indonesia yang nasibnya berubah drastis setelah melebarkan penjualannya ke dunia online menggunakan website.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa website mempunyai pengaruh besar bagi penjualan dan pengembangan bisnis, di antaranya :

1. Pasar yang tak terbatas.
Dunia internet adalah dunia tanpa batas geografis. Siapapun bisa dijangkau selama ada koneksi internet di tempat tersebut. Dengan jumlah pengguna yang telah menembus angka 80 juta di Indonesia, maka sebesar itulah pasar yang dapat dijangkau oleh para pemilik website. Tentu ini angka yang sangat besar. Calon pembeli yang sangat besar itu bisa berkunjung dan bertransaksi di website kita kapan saja dan dari mana saja, baik dari dalam maupun luar negeri. Era globalisasi perdangangan yang menghilangkan pembatasan perdangangan antar negara sejatinya sudah terjadi di dunia online jauh sebelum adanya AFTA dsb,


2. Peningkatan kredibilitas
Memiliki website dengan nama domain sendiri seperti KarpetMurah.net di atas tentu saja meningkatkan kredibilitas bagi usahanya. Kehadiran suatu usaha yang dapat dijumpai di internet adalah satu nilai plus sendiri bagi kredibilitas suatu usaha atau perusahaan. Termasuk hal-hal kecil yang bisa mendongkrak kredibilitas adalah pemakaian email dengan nama domain sendiri seperti misalkan sales@karpetmurah.net dibandingkan fasilitas email gratisan seperti yahoo atau gmail. Inilah yang meningkatkan kredibilitas yang berimbas pada peningkatan kepercayaan untuk bertransaksi secara online.

3. Peluang mendapatkan investor
Memiliki website sama saja dengan memiliki property. Makin lama usianya, makin tinggi nilainya. Memilki usaha dengan menggunakan website juga membuat usaha Anda dapat termonitor oleh para calon investor yang sering mencari perusahaan dengan performa bagus yang telah berjalan dalam waktu lama. Semakin sering website Anda terlihat di internet, semakin besar peluang Anda mendapatkan investor. Anda tak perlu mencari mereka, tapi merekalah yang akan mencari dan menghubungi Anda.

Itulah 3 alasan kelebihan memiliki website untuk usaha Anda yang sekaligus menjadi pengantar untuk ucapan dari pemilik karpetmurah.net yang menjadi penutup tulisan ini :

“Kami menyadari, bahwa semua ini bisa terwujud karena KarpetMurah.net didukung sepenuhnya oleh Eazysmart.com. Kapanpun kami butuh bantuan mengenai website kami, Eazysmart.com selalu hadir untuk membantu kami.”

Semoga bermanfaat!

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar