Sabtu, 25 November 2017

Kemendes PDTT percepat penyaluran Dana Desa

Selasa, 01 Maret 2016 19:30

Ayo berbagi!

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mempercepat penyaluran dana desa dari yang sebelumnya direncanakan April menjadi Maret. Hal tersebut disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar di Jakarta, Selasa (1/3).  

Percepatan penyaluran dana desa dilakukan agar dana desa bisa terserap dengan baik. Berbeda pada tahun sebelumnya, penyaluran dana desa pada tahun ini hanya dua kali yakni Maret (60 persen) dan Agustus (40 persen). Tahun sebelumnya penyaluran dana desa dilakukan tiga tahap yakni April (40 persen), Agustus (40 persen) dan Oktober (20 persen).

Meski demikian penyaluran dana desa masih melalui rekening milik daerah, tidak langsung ke rekening milik desa, seperti yang diinginkan oleh Marwan. Sebelumnya, penyaluran dana desa juga terkendala pengendapan dana desa di rekening milik pemerintah daerah.

"Awalnya, kami ingin dari rekening negara langsung ke desa, tapi ternyata belum bisa," kata dia.

Dana desa mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya pemerintah mengalokasikan dana Rp20,7 triliun untuk dana desa, pada tahun ini meningkat menjadi Rp46,9 triliun.

Dengan kata lain, setiap desa akan mendapat dana sekitar Rp700 juta hingga Rp800 juta. Sedangkan pada tahun sebelumnya hanya Rp250 juta hingga Rp300 juta.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar