Sabtu, 25 November 2017

BPBD catat ada 31 titik rawan bencana di Kulon Progo

Selasa, 12 April 2016 20:26

Foto : ilustrasi. Foto : ilustrasi.
Ayo berbagi!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat terdapat 31 titik rawan bencana alam di Kecamatan Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, dan Sentolo.

"Akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu pada Senin (11/4), terjadi bencana alam," kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kulon Progo Hendri Maryanto di Kulon Progo..

Ia mengatakan bencana alam yang paling parah terjadi di Kecamatan Samigaluh dan Girimulyo karena menimpa tujuh rumah warga dan satu kandang kambing yang menyebabkan satu ekor kambing mati dan tiga ekor luka parah.

"Sampai saat ini, TRC masih melakukan pemantuan lapangan dan membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing rumah dan pohon tumbang," kata Hendri.

Ia mengatakan BPBD Kulon Progo mendistribusikan bantuan berupa mi instan, minyak goreng, sarden, dan makanan cepat saji lainnya kepada korban bencana kali ini.

"Bantuan makanan ini digunakan untuk memberikan makan warga yang melakukan kerja bakti," kata dia.

Anggota TRC BPBD Kulon Progo Rinto mengatakan hal yang sama. Dari 31 titik bencana alam yang terjadi, mayoritas bencana alam tanah longsor, baik yang mengenai rumah warga, kandang ternak serta menutup akses jalan desa maupun jalan kabupaten. Selain itu, ada juga pohon tumbang dan bencana banjir.

"Pada Senin (11/4) terjadi hujan cukup deras dengan intensitas juga tinggi durasinya pun lama, sehingga wilayah utara banyak yang longsor," katanya. (Ant).

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar