Jumat, 20 April 2018

BPBD Lebak minta warga waspadai banjir susulan

Kamis, 21 April 2016 08:53

Ilustrasi. Foto: Elshinta.com Ilustrasi. Foto: Elshinta.com
Ayo berbagi!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga mewaspadai banjir susulan sehubungan dengan curah hujan cenderung meningkat sehingga berpotensi meluapnya air sungai di daerah itu.

"Kami berharap warga Kecamatan Banjarsari dan Gunungkencana meningkatkan kewaspadaan banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Rangkasbitung, Kamis (21/4).

Peringatan kewaspadaan itu, kata dia, karena khawatir terjadi banjir susulan karena curah hujan di daerah itu relatif tinggi.

Bahkan, sepanjang Rabu (20/4) sore hingga malam curah hujan mengguyur Kecamatan Banjarsari dan Gunungkencana.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar waspada banjir susulan sehingga dapat mengantisipasi pengurangan risiko kebencanaan supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Pasalnya, banjir yang melanda Kecamatan Banjarsari dan Gunungkencana dengan ketinggian antara 1,5 dan 2,5 meter akibat Sungai Ciliman dan Cimoyan.

"Kami minta warga dapat meningkatkan kewaspadaan, terutama hujan pada malam hari," katanya.

Menurut dia, banjir di Kecamatan Banjarsari dan Gunungkencana yang merendamkan rumah warga sebanyak 1.055 unit dan 45 unit rumah rusak akibat diterjang angin langkisau (puting beliung).

Banjir yang melanda daerah itu, Selasa (19/4), akibat luapan air sungai setelah curah hujan lebat yang disertai angin kencang.

Saat ini, masyarakat sudah menempati kembali rumah masing-masing. Namun, kata dia, kemungkinan banjir susulan berpeluang.

"Kami minta warga mengungsi ke tempat yang lebih aman jika hujan melebihi 6 jam dan terjadi pada malam hari," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya hingga kini masih menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan angin langkisau berupa sembilan bahan pokok, antara lain beras, gula, mi instan dus, air mineral, dan sarden, serta peralatan dapur.

Selain itu, juga pemberian pengobatan gratis dengan melibatkan Dinas Kesehatan setempat.

Pemberian bantuan bahan pokok itu diharapkan warga korban banjir dan angin langkisau tidak kelaparan juga serangan berbagai penyakit menular lainnya.

Selain itu, katanya pula, pemerintah daerah mendirikan posko kebencanaan karena khawatir terjadi banjir susulan.

"Kami berharap warga yang tinggal di dua kecamatan itu agar meningkatkan kewaspadaan banjir susulan," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar