Kamis, 17 Agustus 2017

Kehidupan manusia Neanderthal

Berbagi tugas tapi berburu sama-sama

Jumat, 06 Mei 2016 08:38

Ilustrasi keluarga Neanderthal (sumber: Ancient Origins) Ilustrasi keluarga Neanderthal (sumber: Ancient Origins)
Ayo berbagi!

Sekelompok peneliti dari Spanyol menemukan bahwa peran gender antar pria dan wanita Neanderthal juga sama dengan Homo sapiens (manusia modern), berdasarkan guratan pada gigi manusia purba tersebut. Tetapi dalam hal perburuan ditemukan bahwa kaum wanita ikut bersama pria dalam aktivitas yang menantang ini.

Menurut Almudena Estallrich, dari Spanish National Museum of Natural Sciences, "Kami meyakini bahwa pembagian tugas berdasarkan gender hanya terbatas pada beberapa hal saja. Sangat mungkin dalam hal perburuan binatang-binatang besar, baik pria maupun wanita Neanderthal melakukannya bersama-sama." 

Peneliti lainnya, Antonio Rosas mengemukakan pada Phys.org, "Penelitian manusia Neanderthal telah menghasilkan bermacam penemuan dalam beberapa tahun belakangan. Kita telah mengubah pandangan awal tentang mereka yang awalnya dianggap berevolusi sangat sedikit menjadi spesies yang mengurus orang sakit, mengubur jenazah sesamanya, makan makanan laut dan bahkan memiliki fitur tubuh yang berbeda dari sebelumnya kita perkirakan: mereka memiliki rambut berwarna merah dan berkulit putih. Sejauh ini kita menduga bahwa pembagian tugas berdasarkan gender tidak berbeda jauh dengan Homo sapiens; akan tetapi nampaknya hal itu tidak betul."

Image title

Ilustrasi manusia Neanderthal (sumber: Ancient Origins)

Dalam sebuah penelitian oleh Smithsonian Museum of National History, terdapat sebuah mutasi DNA yang menghasilkan rambut merah dan kulit putuh di antara kaum Neanderthal. Sisa dua manusia Neadnerthal yang ditemukan di Spanyol dan Italia memiliki mutasi dalam gen yang mengatur warna kulit dan rambut. "Mutasi ini merubah asam amino yang mengakibatkan protein menjadi tidak efisien. Manusia modern memiliki varian MCR1 yang juga memiliki karakteristik sama sehingga menghasilkan rambut merah dan kulit putih. Mutasi dalam gen Neanderthal yang kurang aktif tersebut kemungkinan juga menghasikan efek yang sama pada mereka."

Kesimpulan penelitian atas 99 gigi taring 19 manusian Neanderthal menunjukkan bahwa memang terdapat pembagian tugas berdasarkan gender. Penelitian ini dimuat dalam Journal of Human Evolution

Gigi pada Neanderthal ini diperoleh dari situs El Sidron, Asturias di Spanyol, Spy di Belgium dan L'Hortus di Prancis.

Ditemukan guratan-guratan yang mengikuti pola yang sama di semua daerah tersebut. Akan tetapi guratan pada gigi wanita berbeda dengan guratan pada gigi pria. Guratan ini terjadi pada manusia Neanderthal karena mereka kerap menggunakan giginya sebagai tangan ke tiga selain untuk membersihkan bulu binatang juga untuk memotong daging. 

Image title

Perbandingan tengkorak manusia modern (kiri) dan Neanderthal (kanan) - Ancient Origins

Guratan pada gigi pria ditemukan lebih panjang ketimbang pada gigi wanita, diduga karena jenis tugas yang dikerjakan pria berbeda dengan wanita. Akhirnya para peneliti berkesimpulan bahwa pola hidup mereka tidak jauh berbeda dengan para nenek moyang manusia modern, dan perbedaan utama hanyalah pada kemungkinan berburu bersama-sama yang dilakukan oleh manusia Neanderthal. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar