Selasa, 20 Februari 2018

Transjakarta berencana beli 250 bus dek rendah

Senin, 23 Mei 2016 18:38

Foto : Antara Foto : Antara
Ayo berbagi!

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana membeli 250 unit bus dengan desain dek rendah (lower deck).

"Rencananya, kami mau membeli 250 unit bus lower deck. Dengan begitu, kami bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi bagi para penyandang disabilitas," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Senin (23/5).

Nantinya, menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, 250 unit bus tersebut akan dioperasikan di jalur kiri, bukan di jalur khusus Transjakarta (busway).

"Selain itu, rencananya, bus-bus lower deck tersebut akan kami gratiskan. Jadi, penumpang tidak perlu bayar untuk menaikinya. Makanya, kami operasikan di jalur kiri, bukan di busway," ujar Basuki.

Dengan demikian, dia mengharapkan akan semakin banyak warga yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengungkapkan pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp750 miliar untuk pembelian bus lower deck.

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk proses pembelian, saat ini pihaknya masih menunggu proses di Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP).

"Pembelian akan dilakukan melalui katalog elektronik atau e-katalog LKPP. Kami menargetkan pada akhir 2016 atau awal 2017, bus-bus lower deck itu sudah bisa dioperasikan," ungkap Budi. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar