Minggu, 23 Juli 2017

Dipimpin Suhardi, BNPT diharapkan perkuat hubungan regional

Rabu, 20 Juli 2016 12:11

Konjem Pol Suhardi Alius dan Penny Kusumastuti Lukito dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT dan Kepala BPOM, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/7) pagi. Foto: Setkab Konjem Pol Suhardi Alius dan Penny Kusumastuti Lukito dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPT dan Kepala BPOM, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/7) pagi. Foto: Setkab
Ayo berbagi!

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengharapkan Kepala Badan Nasional Penanggulanan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius untuk memperkuat hubungan dengan negara tetangga dan kawasan regional Asia Tenggara.

"Kami harapkan beliau bangun hubungan regional. Ada jaringan di Malaysia, Filipina ada Abu Sayyaf. Thailand diserang. Saya yakin beliau bisa kerja sama di kawasan regional," kata Tito usai menghadiri pelantikan Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/7).

Ia mengatakan jaringan terorisme yang telah menjadi global berubah dari sebelumnya sebagai pendukung Al Qaeda menjadi pendukung jaringan ISIS.

Menurut dia, Suhardi akan sering bersafari ke luar negeri untuk berhubungan dengan mitra dari negara lain terkait pemberantasan dan penanggulangan terorisme.

"Saya yakin dengan kemampuan beliau. Beliau sudah banyak berkecimpung dengan mitra di negara asing saat jadi Kabareskrim dan saat sekolah di luar negeri. Ini akan memudahkan beliau menangani terorisme di BNPT," katanya.

Tito menjamin pengangkatan Suhardi sebagai Kepala BNPT kendati Suhardi belum pernah bertugas di Detasemen Khusus 88 Ant Teror dan BNPT.

Suhardi, kata Kapolri, adalah sosok jenderal cerdas karena selalu masuk tiga besar terbaik saat pendidikan Akademi Kepolisian, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Sekolah Staf dan Kepemimpinan dan pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

"Beliau di Lemhannas tahun 2011 bersama saya. Dari 80 orang, Beliau nomor dua. Beliau bahas terorisme," katanya.

Dia mengatakan Suhardi pernah menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal yang punya hubungan bawahan langsung dengan Densus 88 Anti Teror bahkan memberi komando ke Densus juga.

Saat menjadi Koordinator Staf Ahli Kapolri, Suhardi juga banyak memfasilitasi kegiatan penanggulangan terorisme, kata Tito. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar