Kamis, 14 Desember 2017

Pengamat: Jokowi tunjuk Sri Mulyani dinilai tepat

Jumat, 29 Juli 2016 17:05

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Ayo berbagi!

 Pengamat ekonomi dari Lebak Encep Khaerudin menilai penunjukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang PS Brodjonegoro sangat tepat, karena dapat membawa pertumbuhan ekonomi makro secara signifikan.

"Figur Sri Mulyani yang menjabat Menteri Keuangan menggantikan Bambang PS Brodjonegoro tidak diragukan lagi kompetensi dan kemampuannya," kata Pengamat Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Wasilatul Fallah Rangkasbitung Encep Khaerudin saat dihubungi di Lebak, Jumat (29/7).

Saat ini, pertumbuhan ekonomi makro di Indonesia belum cukup menggembirakan, meskipun Jokowi sudah mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi I sampai XIII.

Namun, pihaknya optimistis pertumbuhan ekonomi nasional akan bangkit dengan bergabungnya Sri Mulyani.

Kehadiran Sri Mulyani tentu membawa dampak positif terhadap pasar dan kemungkinan nilai kurs dolar terhadap rupiah bisa menguat pada level Rp10.000.

Sebab, sosok Sri Mulyani sebagai pakar bidang moneter kelas dunia, bahkan kedudukan beliau pada World Bank masuk jajaran orang penting.

"Kami yakin Sri Mulyani akan mengeluarkan kebijakan-kebijakan moneter ataupun fiskal untuk memulihkan kembali ekonomi kita," katanya.

Menurut dia, Presiden Jokowi tidak salah pada perombakan atau reshuffle yang dilakukan belum lama ini dengan menunjuk Srikandi Indonesia masuk Kabinet Kerja jilid II.

Apalagi, saat ini kita menghadapi era globalisasi dengan diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara (MEA).

Untuk itu, Indonesia harus bangkit membangun pertumbuhan ekonomi makro, sehingga bisa bersaing dengan negara-negara tetangga itu.

Sri Mulyani akan bekerja keras juga secara profesional untuk membenahi ekonomi nasional asalkan tidak ada tekanan politik darimanapun.

Keberhasilan kerja Sri Mulyani tersebut sudah dibuktikan pada Kabinet era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kami berharap berikan kepercayaan terhadap beliau dan jangan sampai adanya tekanan politik yang bisa mempengaruhi kinerja mereka," katanya.

Ia mengatakan, kemungkinan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara bertahap akan menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Apalagi, Sri Mulyani diduetkan dengan pasangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Kedua pasangan tersebut, tentu sangat tepat untuk mengatasi masalah ekonomi saat ini.

Sebab, kedua sosok tersebut yang sama-sama pakar moneter juga memiliki kapasitas dan kompetensinya untuk membangun pertumbuhan ekonomi makro yang lebih baik.

"Kami menilai pasangan Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dan Menko Ekonomi dijabat Darmin Nasution bisa mengembalikan ekonomi Indonesia menjadi stabil," katanya menjelaskan. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar