Selasa, 26 September 2017

Polres Langkat musnahkan barang bukti 20 kg ganja

Jumat, 26 Agustus 2016 14:40

Ilustrasi Ilustrasi
Ayo berbagi!

Polres Langkat Polda Sumatera Utara, melakukan pemusnahan dengan membakar sebanyak 20 kilogram daun ganja kering sitaan dari dua tersangka, di halaman Jananuraga Mapolres Langkat, Rabu (24/8).

Pemusnahan tersebut dilakukan Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim Solichin bersama perwakilan dari Kejaksaan Stabat, Pengadilan Negeri Stabat dan BNNK Langkat.

Pemusnahan sendiri dilakukan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sesuai dengan undang-undang peraturan mahkamah agung. Jika barang bukti dimusnahkan sesaat akan diserahkan ke pihak kejaksaan.

Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim Solichin, menjelaskan bahwa pemusnahan ini berdasarkan UU no 22 Tahun 1997 tentang Psikotropika bahwa penyidik dapat melakukan pemusnahan barang bukti setelah mendapat ijin penetapan status sitaan terhadap barang bukti Narkotika dari Kejari.

” Pemusnahan yang di lakukan ini berdasarkan UU no 22 Tahun 1997 tentang Psikotrofika, bahwa penyidik dapat melakukan pemusnahan barang bukti setelah mendapat ijin penetapan status sitaan terhadap barang bukti Narkotika dari Kejari,” tegas Kapolres, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M. Salim.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini hanya semata-mata untuk pengamanan saja, karena wilayah Polres  Langkat sendiri banyak mendapatkan barang bukti dari hasil razia,sebab karena keterbatasan tempat dan kerawanan-kerawanan yang timbul dari penyimpanan maka dilakukanlah pengamanan dengan cara pemusnahan

Barang bukti dimusnahkan disita dari dua tersangka warga Aceh dengan Inisial A dan A. Dimana keduanya diamankan dalam bus saat akan mengantar pesanan ganja ke Medan, jelas Kapolres.

Kapolres mengaku, akan terus meningkatkan penjagaan guna mencegah narkotika melintas dan masuk ke wilayah hukup Polres Langkat. Sebab, daerah atau wilayah hukum Langkat, memang kerap dijadikan perlintasan.

" Intinya, kita berusaha semaksimal mungkin dalam memberantas peredaran. Narkoba merupakan musuh utama dan musuh negara ini. Mari sama-sama kita berantas dan jika ada informasi tentang peredaran narkoba. Kami harapkan masyarakat langsung hubungi pihak berwajib," ujarnya.

Untuk itu sambung Kapolres, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam menekan peredaran barang haram narkoba dan saat ini pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya, pihaknya juga melakukan penyuluhan langsung kepada masyarakat luas, dengan harapan masyarakat dapat lebih mengenal dan mengetahui bahaya dari narkoba, dan kita harus saling bekerja sama karena dengan adanya pran serta masyarakat tentunya hal ini akan lebih mudah terwujud.

Penulis : Andi Juandi.

Editor : Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar