Kamis, 30 Maret 2017

Rusia Ragu DK PBB Bersedia Adopsi Resolusi Tes Larangan Nuklir

Jumat, 23 September 2016 23:00

Ayo berbagi!

Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Vitaly Churkin ragu Dewan Keamanan PBB akan mengadopsi resolusi yang mendukung Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (CTBT), demikian dilaporkan TASS.

"Resolusi tersebut menjadi tidak pasti. Ada beberapa anggota dewan yang menolak," kata Churkin. "Tidak ada kepastian bahwa resolusi tersebut akan diadopsi."

Menurut Churkin, resolusi semacam ini seharusnya diadopsi secara konsensus. "Jika dua anggota dewan yang merasa keberatan, maka akan terasa aneh untuk memberikan suara," terang Churkin. 

Negara-negara lain akan meratifikasi pengadopsian resolusi CTBC minggu ini. Perjanjian tersebut, diadopsi pada 1996, telah ditandatangani oleh 183 negara dan diratifikasi 164 negata yang merupakan anggota PBB, termasuk Rusia. 

Namun perjanjian ini belum memberikan dampak karena delapan negara yang memiliki senjata nuklir dan kemampuan untuk menciptakan nuklir, yakni Mesir, Israel, India, Iran, Tiongkok, Korea Utara, Pakistan, dan AS belum ikut menyetujui resolusi

Pada 6 September, Gedung Putih menyatakan dukungannya bagi resolusi CTBT dan siap mengambil langkah yang mengarah pada ratifikasi CTBT.

Pertama kali dipublikasikan oleh TASS.

Keamanan Nuklir Diperkuat, Mungkinkah Dunia Kini Lebih Aman? Keamanan Nuklir Diperkuat, Mungkinkah Dunia Kini Lebih Aman?  
Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar