Kamis, 20 Juli 2017

Tujuan #5: Kesetaraan Jender

Yuuk ikutan kompetisi kartun kesetaraan jender Planet 50-50

Selasa, 27 September 2016 17:18

Poster kompetisi kartun Planet 50-50 (sumber: UN Women) Poster kompetisi kartun Planet 50-50 (sumber: UN Women)
Ayo berbagi!

United Nations Women bersama delegasi Uni Eropa untuk Indonesia serta Kedutaan Besar Negara-negara Anggota Uni Eropa sebelumnya telah meluncurkan Kompetisi Komik dan Kartun dengan tema Kesetaraan Jender. Kompetisi ini adalah bagian dari kampanye UN Women Planet 50-50 by 2030: Step it Up for Gender Equality di awal Agustus. Atas dasar antusiasme meningkat, maka batas akhir kompetisi diperpanjang hingga 21 Oktober 2016.

Seperti diterima oleh redaksi Elshinta.com melalui siaran pers dari United Nations Information Centre, masyarakat diundang untuk mengikuti kompetisi dengan menggambar komik atau kartun. Untuk dapat mengikuti kompetisi ini, partisipan harus Warga Negara Indonesia, berdomisili di Indonesia dan berusia setidaknya 18 tahun. Gambar yang diikutkan ke dalam kompetisi harus mampu menggambarkan situasi kesetaraan jender, hak perempuan dan pemberdayaan perempuan saat ini dan perubahan apa yang mereka ingin lihat.

“Seni merupakan sarana yang kuat untuk mempromosikan kesetaraan gender. Oleh karena itu, melalui kompetisi ini, kami ingin merangkul masyarakat untuk mengilustrasikan tujuan dari Planet 50-50 pada tahun 2030. Kompetisi ini juga dilaksanakan untuk memicu diskusi di masyarakat mengenai isu kesetaraan gender melalui cara yang berbeda. Kami berharap kompetisi ini dapat lebih memperdalam pemahaman masyarakat akan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), khususnya tujuan nomor 5, kesetaraan jender, serta mampu menangkap isu yang dialami perempuan di Indonesia sampai saat ini,”sebagaimana disampaikan Lily Puspasari dari UN Women Indonesia.

“Uni Eropa berkomitmen untuk mendukung tercapainya Agenda Persatuan Bangsa-Bangsa 2030 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. termasuk diantaranya komitmen kuat untuk mempercepat tercapainya kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia,” ungkap Vincent Guérend, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Menurutnya, saat ini belum ada negara manapun di dunia yang telah mencapai kesetaraan jender. Masih diperlukan kerjasama guna mencapai tujuan ini dan memberdayakan perempuan di seluruh dunia.

"Melalui kompetisi komik dan kartun ini, kami merangkul masyarakat Indonesia untuk menggambarkan visi mereka akan kemajuan mencapai kesetaraan jender," tambah Guérend.

Rencananya, dari sepuluh gambar terbaik, tiga pemenang akan diumumkan pada Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang jatuh pada tanggal 25 November 2016. Hasil karya akan dipamerkan selama tanggal 25 November - 10 Desember 2016 di Jakarta. Informasi lebih lengkap tentang kompetisi tersebut dapat ditemui disini

Masih ada lagi informasi The Global Goals (SDGs) menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar