Sabtu, 20 Januari 2018

BNN gagalkan penyelundupan narkoba dari Malaysia menuju Medan

Jumat, 28 Oktober 2016 11:01

Ilustrasi. Foto : Elshinta.com Ilustrasi. Foto : Elshinta.com
Ayo berbagi!

Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu, ekstasi, dan H5 yang dibawa dari Malaysia menuju Medan, Sumatera Utara. Sindikat ini merupakan jaringan internasional Aceh-Malaysia. 

Kepada wartawan termasuk Reporter Elshinta, Rama Pamungkas, Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas) mengatakan, dari hasil operasi ini petugas menyita 39 kg sabu, 98.690 butir ekstasi, dan 50.000 butir H5.

Dijelaskan, kronologi pengungkapan sindikat narkoba tersebut, yakni barang haram ini dimasukkan ke empat buah tas dan siap kirim. Kemudian, penangkapan dilakukan di Kompleks Perumahan lmperium, Sunggal, Medan.

Jaringan ini, lanjut Buwas, mengirim narkoba melalui jalur laut, tepatnya menggunakan speed boat. 

"Dari pengungkapan kasus ini, petugas mengamankan dua pria asal Aceh Tamiang berinisial M (33) dan AM (54) yang diduga sebagai kurir dan penyimpan narkotika tersebut," paparnya. 

Tak hanya dua orang yang diamankan, jenderal bintang tiga itu memberitahukan bahwa salah satu pengendali, bandar, dan otak dari sindikat ini harus ditembak mati oleh para petugas saat penangkapan. 

Sementara itu, akibat perbuatannya, para tersangka terancam dijerat Pasal 114 Ayat 2, 112 Ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1, UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.


Penulis: M Iqbal Fauzan

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar