Kamis, 27 April 2017

Donald Trump presiden terpilih Amerika Serikat

Rabu, 09 November 2016 14:59

Foto presiden terpilih AS, Donald Trump (sumber: ABC) Foto presiden terpilih AS, Donald Trump (sumber: ABC)
Ayo berbagi!

Berdasarkan exit poll sebagaimana diberitakan oleh Sky News, kandidat dari Partai Republik, Donald Trump diproyeksikan menjadi Presiden Amerika Serikat ke 45. Trump merupakan seorang pengusaha dan baru memasuki arena perpolitikan ketika mengumumkan pencalonannya dalam pilpres 2016 ini pada 16 Juni 2015. Dikabarkan juga oleh sejumlah televisi Amerika Serikat bahwa Hillary Clinton, kandidat dari Partai Demokrat telah menghubungi Donald Trump untuk mengakui kekalahannya serta mengucapkan selamat.

Dalam pidatonya di hadapan pendukungnya di New York, Donald Trump berjanji untuk mempersatukan negaranya. Trump berhasil memperoleh kemenanganan dengan mengantongi 288 suara elektoral dibanding 215 yang diperoleh Clinton, pada saat beberapa negara bagian masih belum mengumumkan hasil pemilihan. Dibutuhkan 270 suara elektoral untuk menjadi pemenang. 

"Yang kita lakukan bukanlah sekedar sebuah kampanye, akan tetapi sebuah gerakan besar yang terdiri dari jutaan pria dan wanita yang ingin masa depan yang lebih cerah untuk keluarganya," kata Trump.

Sebelumnya, Clinton berkampanye dengan melanjutkan warisan politik presiden kulit hitam AS pertama, Barack Hussein Obama dan dengan pengalamannya yang panjang di dunia politik selama lebih dari 30 tahun.  Sempat terganggu oleh skandal penggunaan server pribadi untuk e-mailnya dan investigasi FBI, Clinton juga terganggu oleh berbagai pemberitaan dari WikiLeaks yang mengungkap dugaan bocoran pertanyaan debat kepresidenan melawan saingannya  untuk memenangkan nominasi Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders.

Donald John Trump lahir pada 14 Juni 1946 di New York City, New York dari pasangan Fred Trump dan Mary Anne MacLeod. Trump adalah keturunan Jerman dan Skotlandia; sebelumnya nama keluarga mereka adalah Drumpf namun diganti oleh kakek Trump yang sendiri merupakan seorang imigran dari Kallstadt, sebuah kota kecil di negara bagian Rhineland-Palatinate, Jerman.

Trump mengikuti jejak ayahnya menjadi pengusaha properti di New York dan juga menjadi terkenal di seluruh dunia karena perannya dalam sebuah reality-TV show  The Apprentice serta bukunya The Art of The Deal.

Menurut estimasi Forbes, Trump memiliki kekayaan senilai 3.7 milyar dolar AS (sekitar 49 trilyun rupiah), dan membuatnya sebagai politikus terkaya dalam sejarah Amerika Serikat.

Trump merupakan alumnus University of Pennsylvania. Menikah sebanyak tiga kali, dua dari tiga istrinya merupakan imigran asal Eropa. Istrinya sekarang, Melania Trump merupakan seorang mantan peragawati dari Slovenia. Trump dikaruniai dua putra dan satu putri dari pernikahan pertamanya dengan Ivana Zelnickova serta seorang putri dari Marla Maples dan seorang putra dari Melania Knauss, yang terakhir dinikahi pada tahun 2005.

Ketika mengumumkan pencalonannya, Trump berkampanye dengan mengusung dirinya yang belum pernah terjun di dunia politik, serta platform anti-imigrasi dan xenofobia – khususnya terhadap kaum Muslim. Sejumlah kontroversi  dugaan perilakunya yang melecehkan perempuan sempat mencemari kampanye pencalonannya, namun hal itu tidak berhasil menggoyahkan dukungan dari basis fanatiknya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar