Rabu, 28 Juni 2017

Pac-Man Versi Baru Kejar Mikroba

Senin, 14 November 2016 06:21

(Courtesy: VOA Indonesia) Anak-anak bermain Pac-Man dengan Mikroba (Courtesy: VOA Indonesia) Anak-anak bermain Pac-Man dengan Mikroba
Ayo berbagi!

"Pac-Man" jenis baru ini belum pernah kita lihat atau mainkan sebelumnya. Dengan menggunakan mikroskop interaktif yang baru dikembangkan, pengguna "Pac-Man" bisa mengendalikan arah sebuah mikroba.

Sejumlah ilmuwan di Universitas Stanford merancang piranti yang disebut "LudusScope" ini. Kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan piranti komputer dan mesin cetak tiga dimensi.

Pakar teknik rekayasa-biologi Universitas Stanford Ingmar Riedel-Kruse mengatakan, "Ada telepon seluler yang ditempelkan ke permainan ini, dan kita bisa melakukan banyak hal dengan telefon seluler perantara. Lainnya, yang saya kira merupakan bagian yang paling penting, yaitu memiliki nomor tambahan LED yang bisa dikendalikan lewat sebuah alat, sehingga kita bisa benar-benar mengendalikan perilaku sel yang kita lihat."

Organisme itu bergerak dalam sebuah piring mikroskop yang dikelilingi oleh cahaya LED dan memberi tanggapan atas cahaya itu. Setiap sel bisa dimanipulasi dengan alat pengatur yang juga mengendalikan cahaya itu. Sebuah cahaya kecil menarik mikroba, sementara cahaya yang terlalu terang akan menolak/mengusir mikroba tersebut.

Dalam “Pac-Man” versi ini para pemain harus mengejar mikroba lewat sebuah labirin atau mengendalikan mikroba melewati sejumlah pos untuk memberikan hasil. Selain menyenangkan, permainan ini juga mendidik.

Menurut pakar teknik rekayasa-biologi Universitas Stanford Ingmar Riedel-Kruse, "Kita bisa memilih sebuah sel, melacaknya dan mengumpulkan data tentang sel itu, supaya kemudian bisa dianalisa dan dibahas. Kita bisa benar-benar melakukan penelitian sederhana yang mendidik."

Ilmuwan-ilmuwan ini berencana untuk bermitra dengan perusahaan permainan yang mendidik itu untuk mengembangkan mikroskop itu menjadi perangkat ilmiah yang bisa membuat anak segala umur mengenal mikrobiologi. [em/jm]

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar