Selasa, 26 September 2017

Apa Itu USG 2, 3, dan 4D dan Berapa Biayanya? Yuk, Cari Tahu Di Sini Moms

Senin, 14 November 2016 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/apa-itu-usg-2-3-dan-4d-dan-berapa-biayanya-yuk-cari-tahu-di-sini-moms courtesy https://www.cermati.com/artikel/apa-itu-usg-2-3-dan-4d-dan-berapa-biayanya-yuk-cari-tahu-di-sini-moms
Ayo berbagi!

Ketika mengandung dan akan segera memiliki momongan, seorang ibu tentu akan melakukan banyak sekali persiapan, termasuk mempersiapkan tindakan medis dalam menjaga dan merawat kesehatannya dan janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat berbagai kemungkinan dan juga gangguan di dalam kandungan bisa saja terjadi selama masa kehamilan berlangsung. Bagi seorang ibu, mengikuti berbagai perkembangan janin di dalam kandungannya adalah hal yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan agar kesehatan dan juga kebutuhan janin tersebut bisa terjaga dengan baik dan maksimal.

Saat ini kemajuan teknologi di dunia medis telah memungkinkan untuk dilakukannya berbagai upaya dalam menjaga dan memantau kesehatan kandungan. Salah satunya dengan menggunakan Ultrasound Sonography (USG) pada masa kehamilan. Para ibu tentu tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Mengingat selama belasan tahun ini penggunaan USG bukanlah hal yang baru dan asing. Berbagai rumah sakit dan klinik telah memiliki teknologi ini sebagai bagian dari layanannya. Para ibu yang mengandung dan mereka yang membutuhkan dapat mengaksesnya dengan lebih mudah.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran

USG 2, 3 dan 4 Dimensi

USG Rumah Sakit

Pemeriksaan Kandungan dengan USG via phctorrance.org

 

Sesuai dengan perkembangannya, teknologi ini juga memiliki tiga generasi yang berbeda, yakni 2D, 3D, dan 4D. Saat ini penggunaan USG 3D dan 4D menjadi yang paling banyak digunakan karena hasilnya yang dianggap lebih maksimal. Jika dalam USG 2D ibu hanya bisa melihat gambar dan posisi janin di dalam kandungannya, hal yang berbeda dapat diberikan USG 3D dan 4D. Sebab gerakan bayi dapat dilihat secara nyata melalui gambar di layar komputer USG 3D dan 4D. Hal ini akan membuat Ibu memiliki kesempatan untuk melihat gerakan dan mengetahui perkembangan janin tersebut di dalam kandungannya.

Di dalam perkembangannya, USG 4G menjadi pilihan yang paling akurat. Sebab teknologi ini dapat merekam gerak janin di dalam kandungan, bahkan menunjukkan kemungkinan terjadinya kelainan pada kehamilan tersebut. Dengan begitu, kesehatan ibu dan perkembangan janin dapat dipantau dengan lebih jelas dan akurat. Namun, pergerakan janin tersebut akan terdeteksi jika janin berada pada posisi yang tepat. Inilah salah satu kelemahan dari sistem USG 4D yang harganya bahkan masih terbilang cukup mahal. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi ibu agar selalu memeriksakan dan menggunakan layanan ini dengan bantuan seorang dokter yang tersertifikasi. Dengan begitu, nantinya dapat lebih akurat untuk memprediksi posisi janin dan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan USG 4D ini.

Biaya Pemeriksaan USG 2D, 3D, dan 4D

Biaya Rumah Sakit

Biaya Pemeriksaan via associationsnow.com

 

Berbagai informasi perkembangan janin selama di dalam kandungan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi USG tentu akan menjadi hal yang sangat berguna dan membuat hati ibu menjadi lebih tenang, terutama jika ternyata janin berada dalam kondisi yang sangat sehat dan normal. Hal ini tak jarang menjadi alasan bagi banyak pasangan untuk melakukan pemeriksaan tersebut secara berulang-ulang. Tentu bukanlah suatu masalah kalau keuangan mencukupi untuk menggunakan USG. Perlu diketahui biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan ini terbilang cukup besar.

Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk melakukan satu kali USG akan sangat tergantung pada rumah sakit atau klinik yang dipilih ibu. Pada umumnya, rumah sakit atau klinik yang berada di daerah akan menerapkan sejumlah biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan rumah sakit/klinik yang berada di perkotaan. Hal ini sangat wajar karena di wilayah perkotaan orang akan memiliki sejumlah pilihan rumah sakit yang cukup banyak. Selain itu, tenaga ahli yang diperlukan tersedia lebih dari yang dibutuhkan di perkotaan. Sementara di beberapa daerah jumlah rumah sakit yang memiliki layanan USG mungkin saja sangat terbatas. Begitu pula dengan tenaga ahli yang tersedia di sana. Inilah yang kemudian memicu tingginya harga pemeriksaan dengan USG di daerah.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan ini sangat bervariasi, bahkan di wilayah yang sama sekalipun. Sebagai bahan perbandingan, berikut ini adalah biaya yang diterapkan sejumlah rumah sakit di Jakarta untuk sekali pemeriksaan USG.

1. Kemang Medical Centre

Rumah sakit yang beralamat di Jl. Ampera Raya No. 34, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memasang biaya yang cukup besar untuk layanan USG. Biaya tersebut termasuk biaya pemeriksaan dokter, yakni:

  • Rp475.000 untuk USG dengan teknologi 2D.
  • Rp786.000 untuk USG dengan teknologi 3D dan 4D.

2.  Rumah Sakit Ibu dan Anak Evasari

Rumah sakit Ibu dan Anak Evasari yang terletak di Jl. Rawamangun No. 47, Pramuka, Jakarta Pusat memberikan harga yang lebih bersahabat dengan adanya diskon atau promo untuk pemeriksaan dengan menggunakan USG 4G. Berikut ini biaya USG di Rumah Sakit Ibu dan Anak Evasari.

  • Rp335.000 atau Rp445.000 untuk pemeriksaan USG 2D.
  • Rp295.000 untuk pemeriksaan dengan teknologi 4D (program promo khusus).

3. RSHB Harapan Kita

Rumah sakit yang terletak di JL. Letjen. S. Parman No. Kav. 87, Jakarta Barat ini memberikan harga yang lebih terjangkau untuk layanan USG. Berikut ini biayanya.

  • Rp80.000-Rp100.000 untuk pemeriksaan dengan USG 2D.
  • Rp500.000 untuk pemeriksaan dengan menggunakan USG 3D dan 4D.

4. Rumah Sakit Hermina Jatinegara

Rumah sakit Hermina yang terletak di Jl. Jatinegara Barat No. 126, Jatinegara, Jakarta Timur ini memberikan sejumlah harga yang cukup tinggi untuk layanan pemeriksaan USG. Berikut ini biaya USG yang dikenakan, termasuk biaya pemeriksaan dokter.

  • Rp700.000 untuk pemeriksaan dengan USG 2D.
  • Rp1.000.000 untuk pemeriksaan dengan menggunakan USG 3D dan 4D.

5. Rumah Sakit Bersalin Duren Tiga

Rumah Sakit Bersalin Duren Tiga juga bisa dijadikan sebagai pilihan tempat untuk melakukan pemeriksaan USG. Rumah sakit yang terletak di Jl. PLN No. 5, Duren Tiga, Jakarta Selatan ini memasang biaya USG, termasuk biaya pemeriksaan dokter, sebesar:

  • Rp450.000 untuk pemeriksaan USG 2D.
  • Rp800.000 untuk pemeriksaan USG 3D dan juga 4D.

6. RS Mitra Keluarga Kelapa Gading

Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading terletak di Jl. Bukit Gading Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rumah sakit ini memberikan layanan pemeriksaan USG dengan rincian biaya seperti di bawah ini.

  • Rp120.000 untuk pemeriksaan USG 2D.
  • Rp800.000 untuk pemeriksaan USG 3D dan juga 4D.

7. Brawijaya Women & Children Hospital

Rumah sakit yang terletak di Jl. Taman Brawijaya II No.1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini memiliki layanan yang cukup lengkap dan patut dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan pemeriksaan USG. Berikut adalah biaya yang dikenakan, termasuk biaya pemeriksaan dokter.

  • Rp500.000 untuk pemeriksaan USG 2D.
  • Rp800.000 untuk pemeriksaan USG 4D.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mendapat Penghasilan Pasif

Lakukan Pada Saat yang Tepat

Pemeriksaan kandungan dengan menggunakan teknologi USG mungkin menjadi hal yang perlu dan ingin dilakukan semua ibu hamil. Namun, sangat penting untuk memilih waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan dengan teknologi USG. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini masih terbilang cukup tinggi. Pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan ini pada waktu-waktu yang direkomendasikan dokter kandungan sehingga pergerakan bayi dan yang lainnya dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tabungan Untuk Anak

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar