Jumat, 20 Januari 2017

Kantor pusat Samsung digeledah jaksa

Rabu, 23 November 2016 13:45

Ayo berbagi!

Para jaksa Korea Selatan hari ini menggeledah kantor pusat Samsung Group menyangkut dugaan kaitannya dengan Choi Soon-sil, tangan kanan Presiden Park Geun-hye yang dituduh dalam skandal penyalahgunaan pengaruh kekuasaan.

Para jaksa juga menggeledah dana pensiun terbesar di Korea Selatan, Badan Pensiun Nasional (NPS).  Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa para penyelidik tengah menyelidiki keputusan badan ini menerima merger senilai 8 miliar dolar AS antara Samsung C&T Corp dan Cheil Industries tahun silam.

Juru bicara Samsung Group membenarkan bahwa jaksa telah mendatangi kantor pusat mereka, namun enggan memberikan rincian, sedangkan juru bicara NPS mengungkapkan bahwa penggeledahan berlangsung di kota Jeonju di mana kantor pusat badan ini berada.

Park dan Choi tengah diselidiki atas dugaan menekan para konglomerat besar, termasuk Samsung Group yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan, demi menggalang dana untuk yayasan-yayasan yang mendukung kebijakan mempromosikan kebudayaan dan olah raga Korea dari pemerintahan Park.

Choi dan bekas tangan kanan presiden An Chong-bum dituduh telah menyalahgunakan kekuasaan sehingga menjadi pukulan terhebat bagi kelangsungan kekuasaan sang presiden.

NPS memiliki saham pada kedua perusahaan dan dianggap sebagai penentu dalam merger itu, padahal dikritik karena langkah itu menguntungkan keluarga pemilik Samsung Group dalam mengendalikan secara penuh perusahaan hasil merger dengan mengorbankan kepentingan pemilik saham, demikian Reuters. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar