Minggu, 19 Februari 2017

Memo dari Kedoya

Kilas balik berita terpopuler dan relevan tahun 2016

Jumat, 30 Desember 2016 14:25

Ilustrasi Kaleidoscope (sumber: Deviantart) Ilustrasi Kaleidoscope (sumber: Deviantart)
Ayo berbagi!

Melihat kembali tahun 2016 dunia menyaksikan beragam untaian peristiwa baik di tingkat nasional maupun internasional. Kami merangkum beberapa peristiwa yang menjadi perhatian pembaca kami selain juga berita lainnya yang cukup menarik perhatian pembaca.

JANUARI

Berita paling populer adalah kisah dua fotografer pemberani yang menangkap sosok para pelaku teror di Thamrin pada pertengahan Januari. Adapun penuturan dari Veri dan Aditia itu beserta berita terkait lainnya cukup mendominasi perhatian pembaca di awal tahun. 

Meninggalnya Mirna Salihin di awal Januari juga menghiasi sejumlah media, termasuk Elshinta.com. Spekulasi penyebab meninggalnya Mirna merupakan salah satu berita populer lainnya di permulaan 2016 ini. 

Dunia mengucapkan selamat tinggal kepada seniman Inggris David Bowie yang berpulang pada 10 Januari 2016, dan keesokan harinya Indonesia meratapi kepulangan komedian yang lebih dikenal dengan nama Budi Anduk. 

Di pentas internasional kesepakatan nuklir AS-Iran merupakan salah satu tonggak bersejarah pada bulan Januari. 

FEBRUARI

Kebiasaan Presiden Joko Widodo melakukan sejumlah kunjungan kerja di daerah mendapatkan perhatian tinggi para pembaca di bulan Februari, dengan menempati posisi teratas dalam salah satu kunjungannya ke daerah Temanggung

Keprihatinan atas sejumlah rencana PHK di dalam maupun luar negeri juga menjadi fokus dari banyak pembaca di mana aksi unjuk rasa Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia pada 6 Februari menjadi berita lainnya yang dicari. Selain itu, dari berita mitra kami BBC, adanya rencana PHK besar-besaran bank Jerman, Deutsche Bank juga menarik perhatian pembaca. 

Tidak lupa, di bulan Februari, tepatnya tanggal 14 Elshinta News and Talk memperingati hari jadinya yang ke 16. Sejumlah kegiatan dilakukan bersama-sama oleh para direksi dan karyawan dari PT Radio Elshinta serta keluarga besar Elshinta Media Group lainnya. 

Sedangkan dunia kembali berduka untuk sosok mantan Sekretaris Jendral PBB, Boutros Boutros Ghali, yang berpulang pada usia 93 tahun tanggal 17 Februari. 

MARET

Di bulan Maret, persoalan hortikultura nampaknya menjadi fokus perhatian pembaca setia Elshinta.com. dimana sejumlah kontainer berisi buah impor dari Tiongkok diketahui tidak dilengkapi surat-surat karantina yang memadai. Persoalan diplomatis dengan pihak Tiongkok juga mencuat di bulan yang sama, ketika Indonesia melancarkan protes keras atas kehadiran kapal-kapal Tiongkok di sekitar kepulauan Natuna milik Indonesia, khususnya ulah penjaga pantai Tiongkok yang menghalangi pihak berwajib Indonesia mengamankan sejumlah kapal nelayan yang melakukan penangkapan ilegal di sana. 

Pembunuhan sadis kembali mewarnai pemberitaan nasional dengan tewasnya seorang siswa SMK secara keji di Bandar Lampung, bernama Dwiki Sofyan dengan 108 luka tusukan. 

Dunia seni kembali kehilangan sosok musisi berpengaruh dalam sosok Ireng Maulana yang wafat pada tanggal 6 Maret. Sementara dunia bola berduka atas kepulangan legenda Belanda dan Barcelona, Johann Cruyff pada tanggal 24 di bulan yang sama. 


APRIL

Sebuah berita tragis namun sedikit "menyesatkan" naik ke posisi teratas bulan April, yaitu dengan berita tewasnya seorang Bambang Pamungkas dalam kecelakaan lalu-lintas. Bambang ini bukanlah sosok pesepakbola nasional yang terkenal itu, melainkan warga Semarang. Namun selain itu, berita menarik lainnya adalah dibukanya wisata ikan hiu dan ikan paus di provinsi Gorontalo. 

Persoalan keimigrasian sejumlah WNA asal Tiongkok yang dicokok di Lanud Halim Perdanakusumah namun kemudian dilepaskan pihak imigrasi warnai pemberitaan April dengan antusiasme pembaca yang tinggi. 

Tidak lupa, di bulan April, seolah mencemooh para hartawan, dimuat dokumen-dokumen sensitif yang dikenal dengan Panama Papers. PPATK diketahui menindaklanjuti bocoran tersebut dimana sejumlah orang kaya asal Indonesia juga disebut namanya dalam dokumen tersebut. 

Aktivis PDIP dan mantan Menaker, Jacob Nuwa Wea berpulang pada 9 April dan Presiden berkesempatan melayat kepergiannya; sementara sosok legendaris dunia musik Prince diketahui menghembuskan nafas terakhir pada 21 April. 

MEI 

Dalam pemberitaan populer bulan Mei, sosok Polri yang mendapatkan perhatian besar para pembaca dengan adanya pengumuman tindakan lebih tegas bagi oknum polisi yang memeras pemohon pembuatan SIM. Nampaknya pihak Polri turut gemas mendapatkan laporan masyarakat tentang penyalahgunaan wewenang yang masih saja terjadi oleh oknum-oknum. 

Sementara terjadi lagi pembunuhan sadis, kali ini di Tangerang. Eno Fariha, seorang gadis belia berusia 18 tahun harus mati mengenaskan setelah dianiaya di tempat kostnya. Akhirnya polisi berhasil mengungkap kasus ini dengan cepat serta menyatakan tiga orang yang mengenal Eno sebagai tersangka. 

Di dunia internasional, sebuah penerbangan maskapai EgyptAir dari Paris ke Kairo jatuh di Laut Tengah dan mengklaim 66 korban.

Lagi-lagi musik Indonesia harus kehilangan salah satu sosok terbaiknya; pencipta lagu sekaligus musis Deddy Dores berpulang ke Rakhmatullah pada tanggal 17 Mei di usia 66 tahun. 

JUNI

Jelang memasuki bulan suci Ramadhan sejumlah ormas meningkatkan inisiatif pengawasannya atas tempat-tempat hiburan guna memastikan pengoperasian yang menghormati ibadah puasa umat Muslim, dan hal ini menjadi berita yang sangat populer di bulan ini. 

Sementara di Amerika Serikat, masyarakat berduka setelah mengalami kejadian penembakan massal terparah di Amerika Serikat dengan 49 korban tewas (awalnya diberitakan 50 orang) di sebuah klub malam kaum LGBT di Orlando Florida. Penembak adalah seorang WN Amerika Serikat keturunan Afghanistan. 

Di sisi lain lautan Atlantik, rakyat Inggris secara mengejutkan memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa, yang digabungnya sejak tahun 70an. Kejadian ini lebih dikenal sebagai "Brexit". Sementara serangan teror di Istanbul sebabkan lebih dari 40 orang akhirnya meninggal dunia. 

Dunia olahraga dan khususnya tinju berduka yang mendalam, setelah salah satu kampiun paling terkenal, Muhammad Ali berpulang di usia 74 tahun pada tanggal 3 Juni. Ali yang aslinya bernama Cassius Clay sebelum memeluk Islam dan merubah namanya itu menderita penyakit degeneratif Parkinson yang diakibatkan oleh pilihan kariernya bertinju. 

JULI

Sikap Panglima TNI yang tegas terhadap segala bentuk terorisme menjadi berita paling dicari oleh pembaca setia Elshinta.com di bulan Juli. Pandangan Jendral Gatot Nurmantyo akan penanganan kejahatan terorisme menjadi topik yang dicari. 

Sementara dalam dunia perpolitikan dan pemerintahan isu-isu reshuffle kabinet yang santer terdengar akhirnya teralisasi juga. Sejumlah Menteri berpindah. Sejumlah menteri baru masuk kabinet menggantikan peran pendahulunya; lainnya lagi ada yang dirotasi. Yang paling menghebohkan mungkin adanya kasus kewarganegaraan Menteri ESDM waktu itu, Archandra Tahar, yang kemudian memiliki kewarganegaraan AS. 

D luar negeri, terjadi sejumlah peristiwa seperti kudeta militer di Turki yang gagal; serta vonis penjara enam tahun bagi mantan atlit Afsel, Oscar Pistorius karena membunuh pacarnya. 

Lagi-lagi, blantika musik Indonesia harus kehilangan bakat besar; Mike Mohede yang merupakan musisi keturunan Maluku berpulang di usia belia. Sejumlah tokoh nasional, termasuk Presiden Indonesia ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono berkesempatan melayat. 

AGUSTUS

Pada bulan dimana bangsa Indonesia memperingati Proklamasi Kemerdekaan muncul polemik akan siapa yang berhak untuk turut serta menjadi anggota Paskibraka pada upacara negara. Kasus gadis blasteran Sunda-Prancis Gloria Natapradja Hamel sempat menjadi perhatian besar pembaca; namun kisah ini berujung bahagia, karena Gloria akhirnya bukan saja diizinkan bergabung dengan rekannya dalam resepsi di Istana, namun akhirnya turut serta sebagai Paskibraka pada upacara penuruan bendera

Olimpiade musim panas di Brazil berlangsung dengan meriah; Indonesia mengirimkan 25 atlit dan 35 official mewakili bangsa. Salah satu prestasi yang ditoreh wakil bangsa adalah memenangkan emas pada cabang bulutangkis ganda campuran

Mantan Menteri Koperasi Indonesia Adi Sasono, penyanyi lawas Eddy Silitonga serta komedian AS, Gene Wilder adalah di antara sejumlah tokoh nasional dan internasional yang berpulang di bulan Agustus. 

SEPTEMBER

Ibarat kisah di sinetron, perseteruan pribadi antara sosok motivator Mario Teguh dan orang yang mengaku sebagai putranya, Ario Kiswinar menjadi publik dan turut menyeret figur host televisi Dedy Corbuzier yang disomasi oleh Mario Teguh karena menghadirkan sosok Kiswinar pada acaranya. Informasi ini memang menjadi konsumsi publik, termasuk para pembaca Elshinta.com.

Sosok selebritis bukan hanya dari kalangan televisi atau motivator yang menjadi perhatian pembaca; seniman dan Ketua Parfi Gatot Brajamusti beserta istrinya kedapatan bersama narkoba jenis shabu, berujung pada penahannya. 

Sosok humanitarian yang dikenal sebagai Bunda Teresa dari Kalkuta diresmikan oleh Gereja Katolik Roma sebagai orang kudus. Perempuan keturunan Albania yang meninggal pada tahun 1997 itu telah berkarya di India dan menjadi idola kemanusiaan dari berbagai latar belakang. 

Sementara dunia pers kehilangan tokoh besar yaitu Herawati Diah yang berpulang pada penghujung September di usia 99 tahun. Beliau juga merupakan penterjemah teks proklamasi. 

OKTOBER

Skandal oknum PNS di bulan Oktober di mana sejumlah aparatur sipil negara di kabupaten Pekalongan diketahui melakukan tindakan asusila serta pelanggaran lainnya yang sebagian berujung pada pemecatan tidak hormat. 

Di bulan yang sama ini, petahana sekaligus calon Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkena tudingan kasus dugaan penistaan agama atas sebuah pidatonya yang diberikan di Kepulauan Seribu.

Thailand berduka atas wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej yang sangat populer pada usia 88 tahun setelah berkuasa lebih dari 70 tahun di takhta. Sementara dunia pendidikan Indonesia kehilangan sosok psikolog Dr. Sarlito Wirawan serta politikus Sutan Bhatoegana berpulang di bulan ini. Sementara Dr. Sarlito sempat menjadi saksi ahli dalam sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin; Soetan Bhatoegana merupakan terpidana kasus penerimaan suap yang menderita penyakit kanker hati. 

NOVEMBER

Kabar kemungkinan kembalinya Prabowo Subianto ke ajang Pilpres pada tahun 2019 mencuat sebagai berita terpopuler di bulan November bagi pembaca Elshinta.com yang setia. Nampaknya, sang Jendral masih harus diperhitungkan, setidaknya berdasarkan pengakuan petinggi Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad. 

Aksi damai jelang penghujung tahun yakni Aksi Bela Islam 411 menjadi sorotan di tengah adanya kekhawatiran di sebagian masyarakat akan potensi kekerasan, yang pada akhirnya tidak terbukti selama unjuk rasa berlangsung. Adalah ketua FPI sendiri yang jamin tertib dan damainya aksi tersebut. 

Sementara dalam berita internasional, calon presiden yang tidak diunggulkan dalam Pilpres AS oleh sebagian besar pengamat politik maupun media, yaitu milyarder Donald Trump secara mengejutkan memenangkan pemilu pada tanggal 8 November. Trump menjanjikan pendekatan yang di luar dari kebiasaan, meski mengusung agenda anti-imigrasi dan khususnya tidak bersahabat pada kaum Muslim. 

Seteru AS, Kuba berduka pada bulan yang sama, atas meninggalnya Fidel Castro yang memimpin salah satu negara komunis terakhir di dunia itu sejak era Eisenhower hingga Barack Obama, dalam kurun waktu hampir lima puluh tahun. 

DESEMBER

Memasuki bulan terakhir tahun 2016, pembaca Elshinta.com tertarik mendengar penuturan seorang polisi yang menyamar sebagai tukang gorengan guna menggulung sindikat calo SIM. 

Sementara kelanjutan dari Aksi Bela Islam pada bulan ini berujung konsentrasi besar sejumlah peserta dari berbagai macam belahan Indonesia di sekitar Monumen Nasional dan titik-titik strategis lainnya. Aksi tersebut bubar dengan tertib sehingga Presiden Jokowi pun terpanggil untuk mengucapkan terima kasih atas kerjasama pada kesempatan bertatap muka dengan para peserta. 

Dalam final Piala AFF, setelah berhasil mengalahkan Thailand di kandang sendiri dengan skor 2-1 namun Timnas Indonesia harus menderita kekalahan 2-0 saat bertandang di leg kedua. Meskipun demikian usaha luar biasa tim di bawah asuhan Alfred Riedl tetap membuat masyarakat Indonesia bangga. Alhasil, bonus pun tetap mengalir bagi tim sebagai bentuk apresasi dari Pemerintah. 

Kesigapan personil Polri patut diacungi jempol, kala berhasil meringkus sebagian dari komplotan perampok rumah pengusaha di Pulomas, Jakarta Timur. Kejahatan ini menjadi lebih tragis taktala penghuni rumah yang disekap dalam kamar mandi kecil sebagian kehilangan nyawanya.

Jelang akhir tahun, dalam berita internasional terjadi pembunuhan Dubes Rusia untuk Turki yang ditembak oleh seorang polisi Turki di Ankara pada 19 Desember. Kedua negara mengutuk tindakan tersebut sebagai sebuah "aksi provokasi" yang berupaya merusak pencapaian damai di Suriah, di mana baik Turki maupun Rusia terlibat secara aktif bersama dengan negara-negara Barat dalam mendukung pihak berbeda yang berseteru di sana. 

Sementara bersamaan pada hari Natal 2016, dunia kembali kehilangan sosok seniman. Penyanyi pop George Michael meninggal pada usia 53 tahun di rumahnya. Secara mengejutkan, hanya selang dua hari kemudian, tokoh ikonik dalam franchise film Star Wars, Carrie Fisher tutup usia pada tanggal 27 Desember 2016. Fisher meninggal pada umur 60 tahun setelah mengalami serangan jantung dalam penerbangan dari London ke Los Angeles pada tanggal 22 Desember. Dalam sebuah perkembangan menyedihkan, ibunda dari Carrie Fisher, yang juga merupakan aktris era 1950an, Debbie Reynolds menyusul putrinya berpulang satu hari setelah anaknya. 

Tahun 2016 benar-benar merupakan tahun penuh kejutan dan dinamika. Kita menunggu bagaimana 2017 kelak. Selamat Tahun Baru! 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-Ma

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar