Selasa, 21 Februari 2017

Tips Cermat Memilih tempat Kerja untuk Fresh Graduate

Jumat, 06 Januari 2017 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-cermat-memilih-tempat-kerja-untuk-fresh-graduate courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-cermat-memilih-tempat-kerja-untuk-fresh-graduate
Ayo berbagi!

Baru lulus dan akan segera mulai bekerja, hal ini tentu akan membuat Anda begitu bersemangat dalam mencari dan menemukan sebuah pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan bidang yang Anda pelajari selama ini. Anda tentu sudah memiliki segudang rencana dalam berburu pekerjaan, termasuk beragam strategi untuk bisa cepat-cepat memiliki penghasilan, bukan?

Menemukan sebuah pekerjaan yang tepat memang bukan sebuah perkara yang mudah, mengingat di negara kita ini ada ribuan sarjana yang diwisuda setiap tahunnya, dan sayangnya hal tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia.

Jadi bisa dibayangkan, ribuan orang akan berburu pekerjaan yang mungkin saja jumlahnya tidak sampai ratusan di luar sana. Anda tentu harus siap dalam menghadapi kenyataan yang demikian, sebab semua orang juga akan mengalami dan menjalani fase yang sama di dalam perkembangan karir mereka.

Jangan buang-buang waktumu untuk bekerja di sebuah perusahaan yang tidak tepat, hal tersebut akan membuat Anda kehilangan kesempatan dalam membangun karir dan juga masa depan. Pastikan perusahaan yang akan Anda masuki nanti memiliki beberapa kriteria di bawah ini:

1. Teliti dengan Baik

teliti dengan baik

Teliti dengan Baik via stefanik.house.gov

 

Setelah mencari-cari dan berkali-kali melakukan wawancara dan berbagai tes lainnya, maka pada akhirnya Anda menemukan sebuah pekerjaan yang selama ini diidam-idamkan. Diterima kerja untuk pertama kali memang akan membuat Anda begitu senang dan semakin bersemangat menghadapi masa depan. Segudang rencana mulai dipikirkan, termasuk dalam bidang keuangan, sebab Anda akan memiliki sejumlah penghasilan sejak sekarang. Ini tentu sangat wajar, apalagi bagi yang telah menghabiskan banyak waktu untuk mencari-cari pekerjaan.

Jangan sampai Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik dan juga tidak layak bagi perkembangan karir dan masa depan. Di luar sana ada banyak sekali perusahaan yang tidak layak dan cukup baik untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawannya, jadi penting bagi Anda untuk memastikan bahwa tempat bekerja nanti adalah sebuah perusahaan yang tepat dan bisa menjadi sarana yang baik dalam perkembangan karir di masa depan.

2. Gaji yang Sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR)

Sebuah perusahaan yang bagus, akan memberikan hak karyawannya sebagaimana mestinya dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu komponen yang wajib dipenuhi oleh perusahaan adalah sistem pembayaran gaji yang layak dan sesuai dengan UMR yang berlaku di kota tersebut.

Pemerintah secara khusus telah menyusun kebijakan terkait dengan UMR, di mana besarannya telah disesuaikan dengan kebutuhan hidup di daerah yang bersangkutan. Pastikan perusahaan yang akan Anda masuki tersebut telah menjalankan peraturan terkait dengan pembayaran gaji tersebut dengan baik dan benar, jangan sampai menjadi salah satu karyawan yang digaji di bawah UMR dan tidak sesuai dengan kemampuan kerja yang Anda miliki.

3. Sistem Rekruitmen yang Jelas

sistem rekruitmen

Sistem Rekruitmen via barcelonaconnect.com

 

Ketahui dengan jelas bagaimana cara perusahaan tersebut mencari dan melakukan perekrutan terhadap tenaga kerja mereka. Sebuah perusahaan yang bagus tentu akan memiliki standar perekrutan yang baik dan tersistem, di mana hal tersebut akan berlaku pada setiap karyawan yang melamar ke perusahaan tersebut. Anda juga akan menerima kejelasan mengenai tahapan seleksi dan juga berbagai tes lainnya yang akan dilalui selama masa perekrutan tersebut.

4. Jenjang Karir

Jangan bekerja pada sebuah perusahaan yang tidak memiliki jenjang karir yang jelas bagi karyawannya, khususnya yang berprestasi. Jika Anda tidak mendapatkan informasi yang jelas mengenai hal tersebut, maka bisa jadi Anda akan menjadi seorang karyawan yang tidak memiliki kejelasan karir di perusahaan tersebut nantinya. Hal ini tentu sangat merugikan, sebab siapapun akan berharap untuk bisa memiliki karir yang semakin baik ke masa-masa yang akan datang.

Baca Juga : Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

5. Pelatihan Peningkatan Mutu

pelatihan peningkatan mutu

Pelatihan Peningkatan Mutu via insights.dice.com

 

Sebuah perusahaan yang bagus, akan memikirkan untuk selalu menambah pengetahuan dan juga kemampuan kerja karyawannya. Mereka ingin memiliki sejumlah tenaga kerja yang bisa berkembang dan semakin baik setiap harinya, sehingga mereka tak segan-segan untuk mengirimkan karyawannya ke sebuah pelatihan yang bisa menambah mutu dan juga kemampuan kerja mereka.

6. Budaya Kerja yang Sehat dan Terbuka

Ini juga patut menjadi sebuah pertimbangan, sebab semakin nyaman Anda berada di dalam sebuah lingkungan kerja, maka akan semakin baik Anda bekerja maka akan semakin berkembang. Ketahui dengan jelas mengenai budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut, agar Anda bisa memiliki gambaran mengenai lingkungan dan juga kondisi kerja di sana.

Baca Juga : Tips Sukses Mendapat Pekerjaan Melalui Job Fair

7. Jaminan Kesehatan yang Memadai

jaminan kesehatan

Jaminan Kesehatan via lifeplans.co.nz

 

Sangat penting untuk bekerja pada sebuah perusahaan yang memang memiliki jaminan kesehatan bagi karyawannya, sebab Anda tidak akan pernah tahu kapan kita akan jatuh sakit, bukan? Pastikan perusahaan tersebut memiliki jaminan kesehatan BPJS atau yang lainnya, ketahui juga dengan jelas sistem apa yang mereka terapkan dalam penggunaan kartu jaminan kesehatan tersebut (asuransi).

8. Fasilitas Kerja yang Proporsional

Di dalam bekerja Anda mungkin akan membutuhkan berbagai macam fasilitas pendukung dari perusahaan, hal ini bahkan seringkali menjadi bahan pertimbangan khusus bagi seseorang dalam memilih sebuah perusahaan tempatnya bekerja. Pilih perusahaan yang memiliki dan memberikan fasilitas penunjang yang memadai, sehingga tidak perlu repot-repot menyediakan fasilitas tersebut sendiri.

9. Aturan Kerja yang Sesuai dengan Undang-Undang

aturan kerja

Aturan Kerja via amsj.com.au

 

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang beroperasi sesuai dengan ketentuan dan juga Undang-Undang yang berlaku. Perusahaan seperti ini akan berjalan dengan memperhatikan berbagai hak dan juga kewajibannya dengan baik dan sesuai dengan ketentuan pemerintah, sehingga kesejahteraan karyawannya juga terjamin dan terlindungi dengan sangat baik.

Cari dan Temukan yang Terbaik

Mencari sebuah pekerjaan tentu bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang baru saja lulus. Namun meski demikian, jangan sampai Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang kredibilitasnya diragukan.

Cari dan pilih sebuah perusahaan yang terbaik sebagai tempat Anda bekerja dan berkarir, pastikan perusahaan tersebut memang layak dan dijalankan sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga hak Anda sebagai karyawan akan lebih terjamin.

Baca Juga : 11 Pekerjaan Menarik Buat Anda Para Lulusan SMA

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar