Kamis, 20 Juli 2017

Jangan Keliru! Kartu Kredit Juga Bisa Membuat Keuangan Anda Sehat

Senin, 09 Januari 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/jangan-keliru-kartu-kredit-juga-bisa-membuat-keuangan-anda-sehat courtesy https://www.cermati.com/artikel/jangan-keliru-kartu-kredit-juga-bisa-membuat-keuangan-anda-sehat
Ayo berbagi!

Awal mula produk kartu kredit diterbitkan adalah untuk mempermudah transaksi tanpa peru uang tunai. Selain praktis dan efisien, keberadaan kartu kredit juga diharapkan bisa memicu pertumbuhan transaksi bisnis di pusat perbelanjaan.

Banyak kelebihan yang ditawarkan, misalnya saja saat diskon pada beberapa tempat jika Anda menggunakan kartu kredit baik di supermarket atau tempat makan, program rewards kartu kredit, fasilitas tersendiri yang hanya dapat dipakai dengan kartu kredit saat Anda ingin pergi berlibur ke luar negeri dan tentu saja masih banyak lagi yang lainnya.

Seiring dengan perkembangan bisnis dan transaksi kartu kredit, kemudahan dalam berbelanja telah melahirkan varian produk yang semakin banyak dan telah menggeser fungsi kartu kredit menjadi alat hutang yang paling mudah dan praktis. Kartu kredit masih sering dicap sebagai biang kerok utang yang numpuk, padahal yang memutuskan menggunakan adalah manusianya.

Bagaimanakah seluk beluk memanfaatkan kartu kredit yang benar? Berikut ini ulasan manfaat kartu kredit agar bisa membuat kondisi uangmu sehat:

Kartu Kredit untuk Mengelola Keuangan

kartu kredit

Kartu Kredit via mediakonsumen.com

 

Selama Anda tidak terjebak gaya hidup berutang tanpa kontrol, kehadiran kartu kredit sebenarnya sangat membantu. Semua fasilitas yang diberikan sebenarnya bisa membuat sehat kondisi finansial, asalkan cermat dan jeli membandingkan produk dan fasilitas yang ditawarkan.  

Berikut ini faktanya:

1. Kartu Kredit Memudahkan Anda Mencari Pinjaman

Mencari pinjaman kepada lembaga pemberi kredit butuh proses dan persyaratan yang relatif rumit. Melampirkan kartu kredit dengan riwayat aktif dalam pemakaian dan lancar dalam pembayaran bisa mempermudah untuk mendapatkan pinjaman di bank.

Setidaknya kartu kredit, adalah syarat utama memperoleh kredit tanpa agunan (KTA). Dengan melampirkan kartu kredit, bank akan menilik riwayat pembayaran tagihan kartu itu untuk menilai kelayakan Anda sebagai penerima KTA.

2. Banyak Program yang Ditawarkan Membuat Kartu Kredit menjadi Media Berhemat yang Praktis

Hampir semua penerbit kartu kredit saat ini seolah berlomba bekerja sama dengan merchant, tempat makan atau tempat lainnya dalam menawarkan berbagai program diskon. Makin banyak kartu kredit yang Anda miliki maka akan semakin banyak pilihan diskon yang bisa Anda manfaatkan. Tujuannya satu, untuk berhemat.

3. Bagi yang Jeli, Kartu Kredit bisa jadi Modal untuk Buka Usaha

Kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk melengkapi kebutuhan usaha dengan cara membeli ke toko dan membayarnya secara angsuran. Ini beda dengan skema menarik tunai di mesin ATM. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit. Fitur  tarik tunai melalui ATM dikenakan biaya dan kebijakan bunga yang ketat, sehingga membeli barang langsung ke toko dengan kartu kredit merupakan pilihan yang tepat.

4. Rutin Transaksi Melalui Kartu Kredit memudahkan Anda Membuat dan mengontrol Anggaran

Membuat dan mengontrol anggaran merupakan hal mendasar dalam perencanaan keuangan. Melalui penggunaan kartu kredit, sebenarnya akan mudah memantau pengeluaran bulanan. Sebab, semuanya tercatat pada tagihan. Tagihan pada bulan ini bisa jadi patokan untuk membuat anggaran bulan berikutnya atau bisa juga dibuat tahunan.

Membuat laporan anggaran dengan rincian yang ada di kartu kredit juga berfungsi mengontrol pemasukan dan pengeluaran agar bisa terus seimbang.

Baca Juga : Kartu Debit vs Kartu Kredit, Mana Pilihan Anda?

Pengetahuan yang Kurang, Membuat Terjebak Hutang Kartu Kredit

hutang kartu kredit

Hutang Kartu Kredit via ninjacredit.com

 

Ulasan tentang keuntungan memiliki kartu kredit diatas bisa membuat Anda lebih bijak dalam memanfaatkan kartu kredit untuk kesehatan finansial. Hal ini sebenarnya tidaklah cukup, Anda juga harus punya pengetahuan yang cukup mengenai cara kerja kartu kredit khususnya terkait kebijakan bunga.

Banyak kasus pemakaian kartu kredit yang keliru akibat salah paham, misalnya saja adanya fasilitas bayar tagihan minimum dalam kartu kredit. Banyak orang mengira, dengan bayar minimum, kartu kredit tetap bisa digunakan tanpa masalah. Padahal, secara tidak sadar kita sedang menimbun utang dengan cara seperti itu. Anda bisa terjebak dengan kondisi bunga berbunga (bunga majemuk) jika menggunakan cara pemakaian kartu kredit seperti ini.

Prinsipnya, tagihan adalah kewajiban. Jika belum bisa melunasi saat jatuh tempo, dan harus melakukan pembayaran minimum, berarti kewajiban yang ditunaikan baru sebagian. Anda akan dikenakan bunga kartu kredit, sehingga berpotensi utang Anda akan semakin tertumpuk sedikit demi sedikit tanpa disadari.

4 Manfaat Tersembunyi dari Kartu Kredit

manfaat kartu kredit

Manfaat Kartu Kredit via intelligenthq.com

 

Terlalu takut menggunakan kartu kredit tidaklah baik. Sebenarnya, ada banyak sisi positif dari kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan. Setidaknya 4 Manfaat tersembunyi dari kartu kredit ini bisa membuka wawasan Anda betapa kartu kredit itu sebenarnya menguntungkan:

Baca Juga : Membayar Tagihan Kartu Kredit, Apa Saja yang Mesti Diperhatikan?

1. Manajemen Anggaran Jauh Lebih Mudah dengan Sistem Kartu Kredit

Kartu kredit bisa membantu Anda mengatur laporan pengeluaran secara rapi dan tercatat. Lebih nyaman lagi jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, kamu bisa pisahkan penggunaannya. Ada kartu yang khusus untuk belanja kebutuhan sehari-hari, elektronik, gadget dan seterusnya sehingga membuat pencatatan lebih tertib.

2. Pisahkan Pemakaian Kartu Kredit sesuai dengan Tipenya

Kartu kredit sebenarnya sudah tersegmentasi sesuai dengan tujuan pemiliknya. Oleh karena itu ada penerbit kartu yang mengincar nasabah yang hobi travelling dengan menawarkan kartu yang banyak diskonnya. Begitupun juga kartu yang mengincar nasabah yang hobi belanja maupun kuliner.

Memiliki banyak kartu kredit dan menggunakan sesuai dengan kemudahan yang diberikan merupakan hal yang bijak dan menguntungkan.

Contohnya begini:

  • Banyak penerbit kartu kredit yang selalu menawarkan hadiah dalam periode tertentu. Jika Anda memiliki satu kartu, berarti ada satu hadiah. Kalau lima kartu tentu banyak hadiah yang bisa didapatkan.
  • Manfaatkan juga kartu yang memiliki banyak keuntungan untuk digunakan di pusat perbelanjaan. Salah satu manfaatnya adalah untuk meraup point reward sebanyak-banyaknya. Dengan cara seperti itu, Anda akan banyak diuntungkan. Poin reward banyak ditawarkan untuk pembelian gadget atau produk elektronik lainnya.
  • Pelajari juga kebijakan mengenai poin reward karena point rewards yang ditawarkan masing-masing kartu itu berbeda. Contohnya saja adalah kartu kredit Bank Mega dapat diskon di Coffee Bean, kartu kredit Bank Mandiri dapat diskon di Trattoria sehingga kalau Anda mau dinner, ya pakai yang Mandiri di Trattoria. Setelah itu baru dilanjutkan dengan konkow minum kopi di Coffee Bean pakai kartu Mega.

Dengan cara seperti diatas, maka Anda akan  mendapatkan manfaat ganda sebagai berikut:

  • Anda akan memiliki banyak point reward di setiap akun kartu kredit
  • Point reward ini bisa ditukar dengan hadiah menarik ke penerbit kartu  yang bisa Anda ambil karena penggunaan yang maksimal berdasarkan keuntungan yang ditawarkan.
  • Biasanya setiap kartu kredit kita bisa dapat reward berbeda-beda, contohnya adalah semester ini ada reward berupa kamera Canon dari kartu kredit BII dengan total poin 2.500. Biar hasilnya maksimal maka kalau kita mengincarnya, maka sebaiknya fokus menggunakan kartu untuk transaksi sampai terkumpul 2.500 poin. Untuk semester selanjutnya, Anda harus cermat melihat hadiah reward yang ditawarkan.

3. Jika Ada Resiko Kartu Hilang, Masih ada Cadangan Kartu yang lainnya

Risiko paling menyedihkan adalah jika sampai kartu kredit kita hilang. Jika ini terjadi maka segera blokir dan mengamankan dulu kartu yang hilang tersebut. Jadi, jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, maka kartu kredit yang lain tersebut bisa digunakan sebagai cadangan untuk transaksi berikutnya sampai kartu yang hilang dapat gantinya.

4. Kartu Kredit sangat Efektif untuk Meningkatkan Skor Kredit

Salah satu cara untuk meningkatkan reputasi Anda di mata bank saat mau ajukan kredit adalah dengan melampirkan kartu kredit. Bank bisa cek riwayat kredit dan menentukan reputasi melalui cara sebagai berikut:

  • Tagihan semua kartu kredit dibayar dengan lancar, akan memudahkan Anda dalam proses pemberian kredit berikutnya.
  • Tidak ada utang lain yang menumpuk, baik di bank maupun lembaga keuangan non-bank juga akan memudahkan Anda dalam proses pengajuan kredit nantinya.

Bijak dalam Menggunakannya

Perlu diingat bahwa riwayat kredit merupakan hal paling mendasar dalam memutuskan pemberian kredit kepada nasabah bank, misalnya saja Anda masih punya tunggakan tagihan kartu kredit tapi mau ambil KPR, sudah pasti akan ditolak. Dengan memahami manfaat yang bisa didapatkan dari kepemilikan kartu kredit, maka bijaklah dalam menyikapi penggunaan kartu kredit tersebut.

Baca Juga : 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar