Selasa, 17 Januari 2017

Gempa 7,3 SR guncang Sangihe, tidak berpotensi tsunami

Selasa, 10 Januari 2017 14:13

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Gempa bumi dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter mengguncang Sulawesi Utara tepatnya di 322 kilometer Barat Laut Kepulauan Sangihe, namun tidak berpotensi tsunami.

Informasi dari Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Harry T Djatmiko Di Jakarta, Selasa, menyebutkan bahwa gempa tersebut berada pada kedalaman 618 km tepatnya di Laut Celebes.

Gempa yang terjadi pada Selasa (10/1), pukul 13.13 WIB, berada pada 4.44 Lintang Utara (LU) dan 122.70 Bujur Timur (BT).

Dari laman BMKG disebutkan bahwa ciri-ciri gempa pembangkit tsunami antara lain lokasi episenter terletak di laut dengan kedalaman pusat gempa relatif dangkal, kurang dari 70 km. Selain itu gempa yang dapat memicu tsunami memiliki magnitudo besar lebih dari 7,0 SR. Mekanisme pensesarannya adalah sesar naik (thrusting fault) dan sesar turun (normal fault).

Meski gempa yang mengguncang Kepulauan Sangihe cukup kuat namun karena kedalamannya mencapai 618 km maka gempa tidak berpotensi tsunami.

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap tsunami, terutama kepulauan yang berhadapan langsung dengan pertemuan lempeng Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik.

Wilayah yang rawan antara lain Bagian Barat Pulau Sumatera, Selatan Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Bagian Utara Papua, Sulawesi dan Maluku, serta bagian timur Pulau Kalimantan. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar